Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengen Jadi PNS Di Kantor BPS! Berikut Cara Daftar Mahasiswa Baru di Politeknik Statistika STIS 2023

 

Pengen Jadi PNS Di Kantor BPS! Berikut Cara Daftar Mahasiswa Baru di Politeknik Statistika STIS 2023

Pada bulan April 2023, pendaftaran seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk sekolah kedinasan akan dibuka. Salah satu institusi yang membuka pendaftaran adalah Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), yang merupakan bagian dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Surat Persetujuan Prinsip dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/624/M.SM.01.00/2023 menunjukkan bahwa Politeknik Statistika STIS akan menerima 500 orang mahasiswa baru pada tahun akademik 2023/2024. Mahasiswa baru ini akan diikat dengan program dinas.

Untuk mengetahui formasi penempatan CPNS berdasarkan provinsi dan program studi, informasi dapat ditemukan di website institusi. Sedangkan, persyaratan, dokumen yang dibutuhkan dan cara mendaftar dapat ditemukan pada jadwal seleksi yang telah dirilis dibawah ini :

1. Jadwal seleksi dilaksanakan sejak dari pendaftaran online dan unggah dokumen pada 1-30 April 2023.

2. Seleksi administrasi pada 1-30 April 2023

3. Seleksi kompetensi dasar (CAT) pada 1-20 Juni 2023

4. Pengumuman hasil seleksi kompetensi dasar pada 23 Juni 2023

5. Seleksi matematika dan psikotes pada 29 Juni-2 Juli 2023

6. Pengumuman hasil seleksi matematika dan psikotes pada 17 Juli 2023

7. Seleksi kesehatan dan kebugaran pada 19-20 Juli 2023

8. Pengumuman hasil seleksi kesehatan dan kebugaran pada 31 Juli 2023

9. Pendaftaran ulang online pada 31 Juli-Agustus 2023. 

Akan tetapi seleksi pada poin 3-9 masih bersifat tentatif dan dapat berubah menyesuaikan jadwal dari Badan Kepegawaian Negara.

Cara Daftar Politeknik Statistika STIS

1. Ketik di google portal DIKDIN SSCASN atau klik link ini https://dikdin.bkn.go.id dan buat akun dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

2. Login kembali ke Website/Portal DIKDIN SSCASN dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.

3. Pilih Sekolah Kedinasan Politeknik Statistika STIS dan lengkapi data atau dokumen yang menjadi persyaratan yang diminta.

4. Menyelesaikan pendaftaran dengan mengecek resume dan mencetak bukti pendaftaran.

5. Buka portal SPMB Politeknik Statistika STIS di https://spmb.stis.ac.id dan login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan pada portal SSCASN.

6. Verifikasi email dan lengkapi data atau dokumen yang dibutuhkan.

7. Tunggu hasil seleksi administrasi.

8. Jika dinyatakan lulus seleksi administrasi, pendaftar akan mendapatkan kode billing pembayaran.

9. membayar biaya seleksi dengan menggunakan kode billing dan ikuti panduan pembayaran sebelum batas waktu pembayaran yang ditetapkan.

10. Login kembali ke website/portal SPMB Politeknik Statistika STIS untuk mengunggah bukti pembayaran.

11. Cetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM) setelah anda melakukan pembayaran dan terverifikasi.

12. Mengikuti seleksi sesuai dengan jadwal dan lokasi yang akan diumumkan melalui portal SPMB Politeknik Statistika STIS.

A. Persyaratan Pendaftaran Mahasiswa Baru di STIS

Proses seleksi penerimaan mahasiswa baru di Politeknik Statistika STIS memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa. Syarat-syarat tersebut dibagi menjadi dua kategori, yaitu persyaratan umum dan persyaratan khusus untuk program afirmasi.

Persyaratan Umum

Calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan umum dibawah ini:

1. Sehat jasmani dan rohani serta bebas narkoba. Calon mahasiswa harus dapat bekerja dan beraktivitas dengan baik di dalam ruangan maupun di lapangan.

2. Tidak buta warna (baik total maupun parsial). Untuk pengguna kaca mata/lensa kontak minus (rabun jauh) atau plus (rabun dekat), toleransi dapat diberikan di bawah ukuran 6 dioptri.

3. Lulusan maupun siswa kelas 12 SMA/MA atau SMK/MAK Bidang Keahlian Teknologi Informasi.

4. Memiliki nilai Matematika (Kelompok A/Umum) dan Bahasa Inggris minimal 80,00 (skala 1-100) atau 3,20 (skala 1,00-4,00) pada Ijazah atau nilai rapor semester gasal kelas 12.

5. Usia minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal 22 tahun, per 1 September 2023.

6. Tidak menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS.

7. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi apapun.

8. Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS.

9. Bersedia untuk menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS.

10. Setelah siswa lulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan sesuai pilihan formasi penempatan pada saat pendaftaran.

11. Bersedia untuk tidak mengajukan pindah lokasi penempatan dengan alasan apapun sekurang-kurangnya 7 (tujuh) tahun sejak diangkat sebagai PNS, kecuali terdapat kebutuhan organisasi.

B. Kriteria Khusus untuk Program Afirmasi

Program afirmasi dirancang khusus untuk warga asli Papua yang merupakan anggota dari kelompok etnis Melanesia, terdiri dari suku-suku asli Papua dan orang yang diakui oleh komunitas adat Papua sebagai warga asli.

Untuk memenuhi syarat, pelamar harus menyertakan Surat Keterangan Orang Asli Papua yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah atau Majelis Rakyat Papua setempat.

Dokumen yang Diperlukan

Bagi calon mahasiswa diharapkan untuk bisa membaca dengan cermat pengumuman penerimaan mahasiswa baru di Politeknik Statistika STIS dan menyiapkan dokumen seperti berikut:

1. Pasfoto

2. Kartu Tanda Penduduk atau Kartu Identitas Anak (KTP/KIA)

3. Kartu Keluarga (KK)

4. Akta Kelahiran

5. Ijazah, transkrip nilai/rapor kelas 12 semester ganjil bagi siswa kelas 12.

6. Surat Keterangan Orang Asli Papua dari pemerintah daerah setempat bagi pelamar yang ingin mendaftar pada program afirmasi.

Setelah melengkapi persyaratan dokumen yang diperlukan, berikut adalah panduan untuk mendaftar di Politeknik Statistika STIS.

Demikian informasi ini kami sajikan untuk anda apabila ada pertanyaan terkait PMB hanya akan dilayani melalui portal helpdesk dengan alamat https://helpdesk.stis.ac.id/. 

Baca Juga : Lowongan Kerja Duta Digital Kemendesa 
Baca Juga : Lowongan Kerja Kementrian PPN/Bappenas 2023

Posting Komentar untuk "Pengen Jadi PNS Di Kantor BPS! Berikut Cara Daftar Mahasiswa Baru di Politeknik Statistika STIS 2023"