Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Duta Digital Kemendesa PDTT 2023: Lowongan Kerja Menjadi Penggerak Program Smart Village dan Desa Cerdas

 

Duta Digital Kemendesa PDTT 2023: Lowongan Kerja Menjadi Penggerak Program Smart Village dan Desa Cerdas

Desa Cerdas atau Smart Village adalah salah satu program yang dicanangkan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa dengan memanfaatkan teknologi dalam berbagai aspek pembangunan. Program Peningkatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Menjadikan salah satu tonggak penting dalam pengembangan Desa Cerdas.

Dalam rangka mendukung program tersebut, Kementerian Kemendesa PDTT menginisiasi pembentukan tim Duta Digital sebagai pelaksana di 4 - 6 Desa Cerdas. Tim ini memiliki tugas utama dalam melakukan koordinasi, sosialisasi, advokasi dan juga pendampingan penyusunan rencana kerja dan implementasi pelaksanaan pembangunan desa cerdas bersama Kader Digital di lokasi program.

Untuk menjadi Duta Digital, ada beberapa kualifikasi yang harus dipenuhi oleh calon pelamar. Selain latar belakang pendidikan minimal D3 dari segala jurusan, diutamakan keilmuan Manajemen, Ekonomi, Sosial, Administrasi, Ilmu Komunikasi, Studi Pembangunan, dan Teknik Informatika dan Komputer, pelamar juga harus memiliki pengalaman minimal 2 tahun pada bidang pemberdayaan masyarakat dan diutamakan pernah membidangi pemberdayaan teknologi berbasis digital. 

Selain itu, Duta Digital juga harus memiliki kemampuan berorganisasi, kewirausahaan, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Duta Digital juga dapat diharapkan memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap pemanfaatan teknologi dan pemberdayaan masyarakat berbasis digital. 

Bagi Anda yang ingin melamar sebagai Duta Digital, Anda harus menyiapkan beberapa dokumen penting seperti surat lamaran, curriculum vitae, serta sertifikat, piagam, dan surat rekomendasi yang mendukung posisi yang dilamar. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan foto KTP, surat keterangan domisili (jika diperlukan), dan pas foto. 

Tahapan seleksi untuk menjadi Duta Digital meliputi registrasi/pendaftaran, seleksi administrasi oleh tim seleksi, tes online, tes wawancara, penetapan hasil seleksi. Jika Anda berhasil melewati seluruh tahapan tersebut, Anda akan diangkat menjadi Duta Digital dan ditugaskan di salah satu lokasi program Desa Cerdas.

Dalam mengikuti program ini, Diharapkan Duta Digital dapat membantu masyarakat desa dalam meningkatkan literasi digital dan program pemberdayaan digital melalui ruang komunitas digital desa. 

Duta Digital juga diharapkan dapat menjalin kemitraan dan inovasi desa sesuai dengan kebutuhan lokal desa. 

Semoga program Desa Cerdas dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat desa dan meningkatkan pembangunan desa secara keseluruhan.

Untuk Pendaftaran Fase 3 Bisa Melalui Link dibawah ini : 

Pendaftaran : bit.ly/RekrutmenDDFase3
Link Berkas Pendaftaran : bit.ly/BerkasDDFase3
Periode 27 Maret Hingga 7 April 2023


Posting Komentar untuk "Duta Digital Kemendesa PDTT 2023: Lowongan Kerja Menjadi Penggerak Program Smart Village dan Desa Cerdas"