Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Honorer Diangkat PPPK Tanpa Tes Apa Saja

 

8 Honorer Diangkat PPPK Tanpa Tes Apa Saja

8 Honorer diangkat PPPK tanpa tes apa saja - Kabar gembira bagi tenaga honorer yang memenuhi persyaratan tertentu karena bisa langsung diangkat menjadi ASN PPPK 2022 dan tanpa tes.

Calon peserta seleksi PPPK 2022 saat ini sedang menyusun berbagai berkas untuk persiapan ujian seleksi yang akan dibuka akhir September ini.

Seleksi ASN PPPK 2022 mencakup sejumlah tugas, salah satunya mencari tenaga pendidik, guru honorer, dan guru swasta yang ingin menjadi ASN.

Naskah PPPK 2022 diterima Panselnas yang diwakili Alex Denni, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Kementerian PANRB. Suharti, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kemudian menerima teks tersebut.

Menurut naskah tersebut, 8 orang tenaga honorer khusus Jabatan Fungsional Guru akan langsung diangkat menjadi PPKK tanpa ujian saat seleksi PPPK 2022 dilaksanakan.

Sekedar mengingatkan, ada dua kelompok kategori dalam seleksi PPPK 2022. Pertama, calon yang diberikan ASN PPPK tanpa harus mengikuti tes. Kedua, calon yang harus mengikuti tes PPPK dengan CAT UNBK tahun 2022.

Terkait pelaksanaan PPPK 2022, Permen PANRB Nomor 20 Tahun 2022 menjabarkan dasar pemikiran pelaksanaan PPPK untuk JF Guru 2022. Permen yang sekarang ini, Nomor 28 Tahun 2021, menggantikan yang sebelumnya.

Adapun kategori guru honorer yang langsung diangkat menjadi ASN PPPK 2022 dan yang tidak mengikuti ujian adalah sebagai berikut.

1. Guru honorer K2 yang mencapai nilai passing grade yang dipersyaratkan pada PPPK tahun 2021.

2. Guru yang dipekerjakan oleh sekolah negeri yang mencapai nilai passing grade PPPK yang dipersyaratkan pada tahun 2021.

3. Alumni PPG yang mencapai nilai passing grade yang dipersyaratkan pada PPPK 2021.

4. Guru Sekolah swasta yang mencapai nilai passing grade yang dipersyaratkan pada PPPK 2021.

5. Pada PPPK tahun 2021, guru honorer K2 yang gagal mencapai passing grade.

6. Pendaftar baru honorer K2

7. Guru sekolah negeri yang telah bekerja selama lebih dari tiga tahun tidak memenuhi standar kelulusan passing grade.

8. Pelamar baru serta guru sekolah negeri yang telah bekerja lebih dari tiga tahun.

Perlu diketahui, proses seleksi PPPK 2022 merupakan mekanisme penempatan, verifikasi, observasi, dan ujian CAT UNBK bagi guru honorer yang akan mengikuti proses tersebut.

Berdasarkan jenis dan jabatan yang ada di masing-masing pemerintah daerah, penempatan formasi dilakukan sesuai dengan kebutuhan pemerintah daerah.

Dimana guru honorer yang lolos passing grade PPPK 2021 akan mengisi formasi itu terlebih dahulu.

Namun, jika ada posisi yang belum terisi, pelamar P2 akan mengisinya terlebih dahulu. Jika masih ada posisi yang belum terisi setelah itu, pelamar P3 akan mengisinya.

Selain itu, jika ada lowongan yang tersisa, pelamar umum akan dipilih dengan mengikuti ujian CAT UNBK.

Data pelamar sudah terintegrasi langsung dengan data Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada seleksi PPPK 2022, yang menjadi informasi penting bagi pelamar JF Guru.

Untuk membuat kategori guru honorer yang nantinya diangkat menjadi PPPK 2022 tanpa mengikuti tes, atau gratis, akan langsung mendapatkan penempatan sebagaimana mestinya.

Itulah tadi informasi mengenai 8 Honorer diangkat PPPK tanpa tes apa saja Mudah mudahan semuanya bisa terwujud untuk kesejahtraan honorer guru kedepannya.

Baca Juga: Cara Terbaru Membuat Kartu Honorer Sesuai Juknis

Baca Juga: Penerimaan Polri Lulusan SMA

Posting Komentar untuk "8 Honorer Diangkat PPPK Tanpa Tes Apa Saja"