83 Kabupaten/Kota yang Dapat Sembako dari BLT BPNT Awal Bulan Mei: Daftar Wilayah Penyalur Bansos via PT Pos Indonesia untuk Masyarakat yang Membutuhkan

 

83 Kabupaten/Kota yang Dapat Sembako dari BLT BPNT
83 Kabupaten/Kota yang Dapat Sembako dari BLT BPNT

Spesialnews.com - Bantuan Langsung Tunai (BLT) Sembako menjadi salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam menghadapi kondisi ekonomi yang sulit akibat pandemi covid-19. Bantuan ini berupa uang tunai sebesar Rp400.000 dan sembako yang diberikan setiap bulannya. Pada minggu terakhir bulan April, bansos BPNT Sembako telah cair ke beberapa rekening penerima yang tersebar ke 431 daerah melalui ATM/KKS Himbara.

Meski belum menyebar ke seluruh daerah di Indonesia, namun Pemerintah berusaha memastikan bahwa penyaluran bansos ini akan terus dilakukan secara bertahap. Adapun jumlah bantuan yang dicairkan melalui ATM/KK Himbara adalah alokasi 2 bulan terhitung dari Maret dan April dengan nominal Rp400.000 per bulan. Namun, tidak semua wilayah dapat menikmati bantuan ini melalui ATM/KK Himbara karena sebagian besar masih menggunakan PT Pos Indonesia sebagai lembaga penyalur bansos ini.

Saat ini ada sekitar 83 kabupaten/kota yang penyaluran bansosnya dilakukan melalui kantor pos. Hal ini dilakukan terhadap daerah yang termasuk wilayah 3T atau memiliki akses yang sulit dijangkau dan jauh dari jangkauan bank. Jika pun ada jarak tempuhnya memakan waktu yang lama. Maka dari itu, PT Pos Indonesia menjadi lembaga yang dipilih untuk menyalurkan bansos ini sehingga distribusi bansos dapat berjalan lebih merata ke seluruh pelosok Indonesia.

Dalam triwulan ke-2, yaitu bulan April, Mei dan Juni, jumlah bantuan yang diterima mencapai Rp600.000. Penyaluran bansos ini direncanakan akan dilakukan pada awal Mei hingga akhir Juni 2023. Mekanisme penyalurannya masih sama seperti sebelumnya, yaitu penerima bansos akan diberikan undangan berisikan barcode ketika mengambil. Kemudian diharuskan untuk membawa KTP asli, fotokopi KK, dan KTP.

Pada tahun 2023 ini, terdapat perubahan dalam penyaluran bansos BPNT Sembako. Awalnya, bentuk penyaluran bansos adalah e-wallet dan paketan sembako. Namun, sekarang bantuan akan diberikan dalam bentuk tunai yang diterima langsung tanpa ada potongan apapun. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi praktek korupsi yang terjadi sehingga tidak terjadi lagi kerugian negara seperti yang sudah-sudah.

Berikut adalah daftar 83 kabupaten/kota yang penyaluran bansosnya lewat PT Pos Indonesia:

1. Kabupaten Langkat

2. Kabupaten Karo

3. Kabupaten Simalungun

4. Kabupaten Mandailing Natal

5. Kabupaten Pakpak Bharat

6. Kabupaten Labuhanbatu Selatan

7. Kota Medan

8. Kabupaten Padang Pariaman

9. Kabupaten Lima Puluh Kota

10. Kota Padang 

11. Kota Bukit Tinggi 

12. Kota Pariaman 

13. Kabupaten Sarolangun 

14. Kabupaten Batanghari

15. Kabupaten Muaro Jambi 

16. Kabupaten Bungo 

17. Kabupaten Bangka 

18. Kabupaten Bangka Selatan 

19. Kabupaten Bangka Tengah 

20. Kabupaten Bangka Barat 

21. Kabupaten Belitung Timur 

22. Kota Kupang 

23. Kabupaten Rote Ndao 

24. Kabupaten Sumba Tengah 

25. Kabupaten Sumba Barat Daya 

26. Kabupaten Sabu Raijua 

27. Kabupaten Malaka 

28. Kabupaten Mempawah 

29. Kabupaten Sanggau 

30. Kabupaten Kayong Utara 

31. Kabupaten Kapuas 

32. Kabupaten Barito Selatan 

33. Kabupaten Lamandau 

34. Kabupaten Kotabaru 

35. Kabupaten Tapin 

36. Kabupaten Berau 

37. Kabupaten Luwu Timur 

38. Kabupaten Seram Bagian Timur 

39. Kabupaten Seram Bagian Barat 

40. Kabupaten Halmahera Timur 

41. Kabupaten Pulau Taliabu 

42. Kota Jayapura 

43. Kabupaten Kepulauan Yapen 

44. Kabupaten Mamberamo Raya 

45. Kota Jayapura 

46. Kabupaten Sorong 

47. Kabupaten Manokwari 

48. Kabupaten Fak Fak 

49. Kabupaten Sorong Selatan 

50. Kabupaten Raja Ampat 

51. Kabupaten Teluk Bintuni 

52. Kabupaten Teluk Wondama 

53. Kabupaten Kaimana 

54. Kabupaten Tambrauw 

55. Kabupaten Maybrat 

56. Kabupaten Manokwari Selatan 

57. Kabupaten Pegunungan Arfak 

58. Kota Sorong 

59. Kabupaten Merauke 

60. Kabupaten Boven Digoel 

61. Kabupaten Mappi 

62. Kabupaten Asmat 

63. Kabupaten Nabire 

64. Kabupaten Puncak Jaya 

65. Kabupaten Paniai 

66. Kabupaten Mimika 

67. Kabupaten Puncak 

68. Kabupaten Dogiyai 

69. Kabupaten Intan Jaya 

70. Kabupaten Deiyai 

71. Kabupaten Jayawijaya 

72. Kabupaten Pegunungan Bintang 

73. Kabupaten Yakuhimo 

74. Kabupaten Tolikara 

75. Kabupaten Mamberamo Tengah 

76. Kabupaten Yalimo 

77. Kabupaten Lanny Jaya 

78. Kabupaten Nduga 

79. Kabupaten Sumba Barat 

80. Kabupaten Sumba Timur 

81. Kabupaten Nagekeo 

82. Kabupaten Ngada 

83. Kabupaten Ende

Daftar kabupaten/kota tersebut merupakan daerah yang membutuhkan bantuan karena keterbatasan akses ke lembaga keuangan seperti bank. Oleh karena itu, distribusi bantuan BPNT Sembako dilakukan melalui PT Pos Indonesia untuk memastikan bahwa bantuan dapat tersalurkan secara merata ke seluruh wilayah Indonesia yang membutuhkan.

Dalam penyaluran bansos BPNT Sembako, penerima harus membawa beberapa dokumen seperti KTP asli, fotokopi KK, dan KTP sebagai syarat pengambilan. Selain itu, penerima bansos akan diberikan undangan berisikan barcode ketika mengambil bantuan tersebut. Mekanisme penyalurannya masih sama dengan sebelumnya agar proses pendistribusian bantuan dapat berjalan dengan baik dan efektif.

Perubahan dalam penyaluran bansos BPNT Sembako menjadi bentuk tunai dilakukan pada tahun 2023 untuk mengurangi praktek korupsi yang terjadi. Dengan bentuk tunai, diharapkan dapat mengurangi kemungkinan terjadinya manipulasi atau pemotongan dana oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, sehingga bantuan dapat sampai kepada masyarakat yang membutuhkan sesuai dengan jumlah yang seharusnya diterima.

Diharapkan dengan adanya program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Sembako ini dapat membantu masyarakat dalam menghadapi kondisi ekonomi sulit akibat pandemi covid-19. Pemerintah terus berusaha memperluas jangkauan penyaluran bantuan agar dapat tersalurkan secara merata dan tepat sasaran ke seluruh pelosok Indonesia yang membutuhkan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak