Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peringatan! Peneliti Mengungkapkan Ada Potensi Tsunami 34 Meter di Pulau Sumatra dan Jawa

 

Peneliti Mengungkapkan Ada Potensi Tsunami 34 Meter di Pulau Sumatra dan Jawa
Peneliti Mengungkapkan Ada Potensi Tsunami 34 Meter di Pulau Sumatra dan Jawa

Spesialnews.com - Dilansir dari MetroTV beberapa peneliti mengungkapkan, Indonesia bisa mengalami tsunami dengan ketinggian hingga 34 meter. Ketinggian tsunami ini diprediksi lebih besar dari tsunami yang melanda Banda Aceh dan sekitarnya.

Potensi ini terkait dengan aktivitas gempa yang tinggi di dalam dan sekitar Jawa Barat dan Sumatera, yang merupakan hasil pertemuan lempeng Indo-Australia dan subduksi di bawah lempeng Sunda, menurut peneliti utama Pepen Supendi di BMKG.

Beberapa pakar kegempaan dalam negeri, antara lain Dwikora Karna Wati, Tatok Yatimantoro, dan Daryono dari BMKG, ikut serta dalam penelitian ini. Penelitian ini tidak main-main dan tidak sembarangan karena berasal dari BRIN termasuk Universitas Cambridge dan BNPB.

Untuk melakukan hiposenter gempa, tim peneliti menggunakan katalog data seismik yang dikumpulkan dari BMKG dan pusat penelitian seismik internasional periode April 2009 hingga Juli 2020. Dari definisinya, terlihat bahwa megathrust ini merupakan kondisi pecahnya batas lempeng yang terjadi di mana dua lempeng tektonik bertemu di zona subduksi.

Penjelasan : seismik yaitu gelombang elastis yang dihasilkan oleh gempa bumi dan merambat di permukaan bumi yang bisa di ukur dengan Seismograf. Gempa bumi tahun 2006 di Yogyakarta adalah salah satu contoh yang paling nyata.

Bila Bermanfaat Mohon Bantu Website ini dengan cara ikuti kami di [Google News

Baca Juga: Jadwal dan Formasi Penerimaan PPPK di Kementerian PUPR

Baca Juga: Jadwal dan Formasi Penerimaan PPPK di Kementerian Perhubungan

Baca Juga: Pelamar yang menerima Notifikasi Seperti Ini Dipastikan Lulus PPPK Tanpa Tes


Posting Komentar untuk "Peringatan! Peneliti Mengungkapkan Ada Potensi Tsunami 34 Meter di Pulau Sumatra dan Jawa"