Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

78 Manfaat Buah Naga dan Efek Sampingnya Lengkap


Selamat datang sahabat MDES semua, kali ini admin mau berbagi ilmu tentang manfaat  buah naga nih, yang admin rangkum selengkap-lengkapnya buat teman-teman semua.

Alangkah baiknya teman-teman mengenal terlebih dahulu asal usul buah naga dan berbagai macam jenis buah naga itu sendiri.

Pada Tahun 1870 orang Perancis membawa tanaman Buah Naga ini dari Guyana ke Vietnam. Mereka Bermaksud untuk menjadikannya sebagai tanaman hias. Namun oleh orang Vietnam dan orang Cina mempercayai bahwa bagi mereka buah naga ini dianggap dapat membawa berkah. Karna itu mereka selalu meletakkan buah naga yang berwarna merah diantara naga-naga yang berwarna hijau. Akibat dari kebiasaan inilah kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh oleh budaya Cina dikenal dengan thang loy (buah naga). Istilah inilah yang diambil dan diterjemahkan ke dalam bahasa Eropa dan Negara yang berbahasa Inggris lainnya dengan sebutan dragon fruit atau diartikan ke dalam bahasa indonesia buah naga.

Buah Naga termaksud dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Yang berasal dari Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Meksiko dan sekarang buah ini sudah dibudidayakan di Indonesia teman-teman, bukan hanya ada di Indonesia saja namun juga di budidayakan di Negara Asia lainnya seperti Negara Malaysia, Vietnam, Taiwan, dan Filipina dan teman-teman juga dapat temui di Negara Okinawa, Israel, Australia Utara dan Tiongkok Selatan. Tapi teman-teman perlu ketahui, bunga buah naga mulai bersemi sejak sore hingga malam hari dan layu ketika terkena sinar matahari. Karena keindahan bunganya, sering kali bunga buah naga mendapat julukan Moonflower atau Queen of the night. Berikut sedikit sejarah singkat buah naga diindonesia.

Sejarah Tanaman Buah Naga di Indonesia


Teman-teman MDES yang baik hati, Buah Naga (Inggris: pitaya) diperkenalkan di indonesia sejak sekitar pertengahan tahun 2000 itupun bukan dari hasil budidaya sendiri tetapi hasil impor dari Thailand. Buah Naga mulai dikembangkan di indonesia sejak tahun 2001. padahal iklim di indonesia yang gersang sangat mendukung pengembangannya. 

Daerah indonesia yang kini sudah mengembangkan diantaranya Pasuruan, Jombang, Mojokerto dan jember. Yang diketahui pertama kali menanam tanaman buah naga ini adalah Pasuruan ke arah Tosari, daerah desa poh gading kecamatan Pasrepan. tidak jelas siap yang pertama kali membawanya dan menanamnya di indonesia. Namun umumnya tanaman ini ditanam pertama kali oleh hobiis tanaman yang bereksperimen dan mengembangkannya. (Sebagian dikutip dari Sumber : Kristanto, D 2008)

Nah, teman-teman sudah tau tidak kenapa buah ini dikatakan Buah Naga? karena kulitnya mirip seperti sirip naga teman teman. warnanya yang hijau muda dan kemerahan menunjukkan bahwa buah ini penuh dengan nutrisi, sementara daging putih krem yang terlihat dengan biji kecil berwarna hitam memberi banyak kekayaan dan sifat alami teman teman. Berikut berbagai macam jenis buah naga. 

Jenis Jenis Buah Naga Yang Ada Didunia


Pada umumnya orang mengklasifikasikan buah naga menjadi empat.  Tapi disini Admin rangkum menjadi 6 karena buah naga yang admin akan bahas ini memang berbeda. Ini merujuk pada buah-buah yang dapat dimakan dari tumbuhan jenis:

1. Buah Naga Merah
Nah. Buah dengan warna kulit merah dan ujung sisik kulitnya hijau muda, Dagingnya merah, jenis ini mempunyai nama ilmiah Hylocereus polyrhizus.

Bila dilihat dari kulitnya hampir mirip dengan buah naga putih. Tapi,warna kulit buah naga jauh lebih merah pekat. Dagingnya berwarna merah marun. Tekstur daging buahnya lebih berair dari pada buah naga putih. 

Buah ini Kadar gulanya 13-15% briks sehingga rasanya lebih manis dari pada buah naga putih. Harganya bisa sampai dua kali lipat. Saking manisnya, Banyak orang menjadikannya sebagai olahan jus buah.

2. Buah Naga Sangat Merah
Hampir mirip dengan buah naga merah teman-teman, tapi buah naga yang satu ini lebih super merah seperti judulnya. Nama ilmiahnya Hylocereus costaricensis. Bahasa ilmiahnya berbeda, karena warnanya jauh lebih merah.

Dilihat dari sisi batangnya berwarna loreng saat tua, tingkat kemanisan 12-18 briks. Buah naga ini sedang banyak digemari petani karena sangat laku dijual. Karna rasanya yang manis itulah kenapa buah ini sangat digemari.

3. Buah Naga Putih
Kulit Buah naga putih ini juga merah hampir sama dengan buah naga merah, dikatakan buah naga putih karena isinya yang berwarna putih. Nama ilmiahnya Hylocereus undatus sudah lazim lagi di masyarakat. Kenapa? Karena buah naga yang satu ini mudah dibudidayakan baik itu ditanah luas maupun di pot. Buat teman-teman dirumah bisa dicoba ya.

Namun pada berat buah naga putih ini ketika masak berkisar antara 450-600 gram. Kurang besar bila dibandingkan dengan buah naga merah.

Dan soal kemanisannya tidak terlalu manis bila dibandingkan dengan buah naga lain, kandungan gulanya hanya 10-13% briks.

4. Buah Naga Kuning
Yang satu ini kita sudah dapat membedakan dari kulitnya saja teman-teman, warna kulit dari buah naga ini memang kuning asli dan dagingnya berwarna putih

Buah ini dijuluki yellow pittaya, Dalam bahasa ilmiahnya disebut Selenicereus Megalanthus berukuran lebih kecil dibandingkan buah naga lainnya. Buah ini harganya cukup mahal karna tergolong cukup langka.

Rasanya juga lebih manis dibandingkan buah naga yang lain. Dalam Kandungan gulanya terdapat 15-18% briks. Karna mempunyai kandungan sakrosa dan fruktosa yang sangat tinggi. Saat teman-teman mengonsumsi buah ini, maka sensasi segar akan teman-teman rasakan.

Ukuran dari buah ini bisa dibilang kecil dari buah naga yang lain, hanya segenggaman tangan orang dewasa, sekitar 80-100 gram.

Akan tetapi bila teman-teman hendak membudidayakan buah ini di Indonesia agak tergolong susah mendapatkan bibitnya selain Harga yang mahal dan ukuran yang kecil membuat buah ini kurang populer di indonesia. 

5. Buah Naga Orange
Bila teman-teman baru mengenal buah naga yang satu ini, disinilah admin memberitahukan kepada teman-teman semua, Katanya buah ini masih satu keluarga dengan buah naga kuning. Bedanya cuma warna isi buahnya. Bila dilihat warna buah Naga Orange berwarna merah sedangkan warna Buah Naga Kuning itu berwarna putih.

Buah Naga ini cukup langkah di negara Indonesia yang kita cintai ini maupun itu diluar negeri, kebanyakan bibit yang dijual bukan stek tapi masih biji-bijian, Nah.. buat teman-teman harus extra usaha ya untuk mendapatkannya.

6. Buah Naga Hitam
Buah naga hitam ini pertama kali dikembangkan di Indonesia yang dirintis oleh tokoh bernama Prof. Dr. Ir. AP Kusumaningrat. Kediri merupakan kota yang menjadi tempat budidaya buah naga hitam saat pertama kali masuk ke Indonesia.

Meskipun tergolong pendatang baru di dunia pertanian Indonesia. buah naga hitam ini merupakan hasil persilangan dari buah naga super red yang dipelihara dengan pemberian pupuk Black Natural atau pupuk hitam.

Pupuk ini terdiri dari komposisi, kotoran sapi, cengkeh limbah pabrik rokok, ampas jamu dan abu sekam. Karena adanya campuran ini membuat buah naga hitam mengandung banyak betakaroten sehingga warna daging buah nampak lebih pekat atau hitam.

Bila kita melihat dari fisik buah ini, bentuknya sama dengan buah naga lainnya. Kulitnya tetap berwarna merah. Ciri yang menonjol terletak pada sisiknya yang besar. Sedangkan pohon buah ini sama dengan buah naga yang sering teman-teman lihat. 

Teman-teman juga bisa bedakan dari isi buah naga hitam tersebut, yang lebih ke warna merah sangat pekat sekali sehingga nampak mendekati hitam. 

Bila membudidayakannya pun sama dengan cara membudidayakan buah naga pada umumnya. Poin utamanya, terletak pada pupuk hitam yang tadi seperti Admin jelaskan diatas. Karna pupuk itu menjadikan buah naga ini menjadi hitam.

Perlu teman-teman ketahui, buah naga ini mengandung sekitar 60 kalori dan kaya akan vitamin C, B1, B2 dan B3, dan mineral seperti zat besi, kalsium, dan fosfor. Dan juga beraneka ragam. Mulai dari protein, fiber, captin, dan antioksidan.

Kandungan gizi buah naga dalam 100 gram dengan melihat keterangan dibawah ini.

Buah Mengandung Air 87 gram
Buah Mengandung Thiamine atau vitamin B1 sebesar 0,04 miligram
Buah Mengandung Riboflavin atau vitamin B12 sebesar 0,05 miligram
Buah Mengandung Niasin atau vitamin B3 sebesar 0,16 gram
Buah Mengandung Asam askorbat atau vitamin C sebesar 9,4 miligram
Buah Mengandung Protein sebesar  1,1 gram
Buah Mengandung Serat sebesar 0,71 gram
Buah Mengandung Kalsium sebesar 134,5 miligram
Buah Mengandung Karbohidrat sebesar 87 miligram
Buah Mengandung Fosfor sebesar 87 miligram
Buah Mengandung Zat besi sebesar 0,65 gram

Manfaat Buah Naga


Untuk mendapatkan hasil yang optimal konsumsilah buah naga secara rutin dan teratur, Bila perlu konsultasi langsung kepada dokter yang bersangkutan.

1. Menyembuhkan Kanker Pada Manusia
Didalam buah naga mengandung kaya dengan enzim atau yang disebut dengan lycopene. Lycopene ini, yang bertanggung jawab sebagai penyedia warna merah pada buah naga, telah terbukti dapat merendahkan risiko terkena kanker prostat.
Selain itu buah naga juga kaya akan antioksidan hytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker.
Kandungan vitamin kompleksnya, sudah direkomendasikan oleh dokter sebagai buah terapi penyembuhan kanker.

2. Menjaga kesehatan kulit
Buah Naga ini memiliki antioksidan yang sangat tinggi kandungan zat gizi yang bekerja baik menangkal radikal bebas,mengencangkan  kulit kendur dan kusam. 

Untuk mendapatkan kulit yang indah tersebut. Cukup memperhatikan apa yang kita konsumsi dan melakukan olahraga dengan rutin. Mulai saat ini, cobalah memasukkan buah naga ke dalam menu makanan yang akan dikonsumsi, sebab yang satu ini bisa menjadi agen penjaga kesehatan tubuh. Contohnya dengan mengawali hari dengan meminum segelas jus buah naga yang manis walaupun tanpa gula dan madu, salah satu manfaat buah naga ini adalah membantu kita untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh kita juga akan membuat kulit kita tampak lebih cerah dari pada sebelumnya teman-teman. Dicoba yuk.

3. Sebagai bahan lulur.
Didalam Buah naga merah mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga mampu membantu menjaga kesehatan tubuh terutama pada kulit. Buah naga merah juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar perawatan tubuh yakni dengan mengolahnya menjadi krim lulur dan lain sebagainya. 

4. Menyembuhkan Penyakit Diabetes Pada Manusia
Didalam buah naga mengandung sifat antioksidannya ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya diabetes melitus karena dapat membunuh sel jahat yang biasanya dihasilkan oleh pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Dan jumlah serat yang tinggi pada buah naga dapat melawan diabetes, karena dapat menstabilkan kadar gula darah dengan menekan lonjakan glukosa setalah makan. Akan tetapi teman-teman selalu konsultasikan dengan dokter untuk memastikan ini adalah makanan yang baik buat teman-teman. 

5. Menjaga Kesehatan dan Stamina Pada Manusia
Didalam buah naga mempunyai kandungan Antioksidan serta vitamin yang terdapat dalam buah naga merah dapat memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan serta stamina tubuh. Hal ini penting guna meminimalisir efek radikal bebas serta lebih kebal terhadap penyakit.

6. Sumber Antioksidan Aktif
Bila dari teman-teman disini ingin membersihkan tubuh dari radikal bebas dan zat penyebab kanker, Teman-teman bisa mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Sumber antioksidan terbaik adalah buah-buahan dan sayur, dan buah naga memiliki antioksidan cukup tinggi. Sangat istimewahkan buah ini.

7. Mencegah Penyakit Osteoporosis atau pengeroposan pada tulang
Nutrisi di dalam buah naga terdapat mineral alami berupa kalsium, zat besi dan fosfor. Manfaat nutrisi tersebut, sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.
Untuk itu mengkonsumsi buah naga merah sangat baik untuk mencegah penyakit pengeroposan pada tulang atau yang biasa dikenal dengan sebutan istilah osteoporosis. Hal tersebut dikarenakan di dalam buah tersebut terdapat kandungan kalsium organik yang sangat baik untuk tulang manusia.

8. Menurunkan kadar kolesterol
Didalam buah naga merah mempunyai kandungan vitamin B3 dan sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sangat disarankan bagi yang memiliki kadar kolesterol tinggi untuk mengonsumsi buah ini. Seperti kita ketahui bahwa kolesterol sangat berbahaya apabila dibiarkan tinggi, penyakit-penyakit serius yang timbulkannya antara lain penyakit jantung koroner dan stroke. Untuk itu teman-teman tetap waspada terhadap penyakit yang satu ini ya.

9. Menyembuhkan penyakit batuk
Didalam buah naga merah selanjutnya yaitu dapat membantu meredakan penyakit batuk. Lagi-lagi khasiat ini diperantarai oleh kandungan vitamin B3 di dalamnya. Mantap.

10. Menyembuhkan asma 
Bagi teman-teman yang menderita penyakit asma sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah naga merah. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin B3 di dalamnya yang mampu membantu meredakan penyakit asma.

11. Menjaga kesehatan jantung
Didalam buah naga ini memiliki kemampuan menurunkan kadar kolesterol jahat dan menambah kadar kolesterol yang baik. Buah naga merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal dan dapat membantu jantung tetap dalam kondisi prima karna kandungan Lycopene didalamnya.

12. Mengobati tekanan darah tinggi
Kandungan Lycopene, selain berfungsi sebagai pencegah penyakit jantung dan kanker juga berfungsi sebagai penurun tekanan darah tinggi karena biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan kardiovaskular didalam tubuh kita.

Seperti buah naga merah, dengan kandungan vitamin B3-nya sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita darah tinggi. Dokter pun menganjurkan untuk banyak mengonsumsi buah ini bagi penderita penyakit tersebut. Selamat mencoba.

13. Merawat kesehatan mata, karena beta-Karoten
Didalam buah naga ini mengandung beta-karoten dan pigmen . Elemen-elemen ini dapat melindungi bola mata dari efek berbahaya  radikal bebas.

Bagi mereka yang mengeluh karena penglihatannya kabur dan rasa sakit di belakang mata, Buah ini merupakan yang terbaik untuk matamu, Karena beta-karoten dan pigmen dapat melindungi bola mata yang begitu berharga dari serangan radikal bebas, buah ini akan mencegah penyakit mata seperti katarak dan degenerasi macula, maka dari itu jangan disia-siain ya teman-teman.

14. Membantu Sembelit
Didalam buah naga mengandung fiber dan serat yang tinggi dapat membantu pencernaan dan mengobati konstipasi atau sembelit. Dengan memakan dagingnya yang juga mengandung protein baik, dapat membuat badan teman-teman sehat bugar.

15. Melancarkan sistem Pencernaan Orang Dewasa
Buah naga juga dapat membersihkan pencernaan. Buah ini memiliki kandungan serat tinggi, komponen yang dibutuhkan pencernaan. Mengonsumsi daging dan biji-bijinya, yang mengandung protein, menjadikan badan tetap sehat.

16. Menurunkan kandungan  gula darah
Didalam buah naga terdapat sumber gizi yang kaya polifenol, karotenoid, thiols, tokoferol, dan glucosinolates, sangat berguna membantu menurunkan gula darah dan menormalkan kembali gula darah. Bagi teman-teman yang ingin menurunkan kandungan gula atau menormalkan gula darah konsumsi buah ini ya.

17. Mencegah Tanda Penuaan
Didalam buah naga mengandung antioksidan yang kaya bisa menjaga kulit tetap kencang dan muda. Anda bahkan bisa membuat masker wajah dengan menggunakan buah yang dikombinasikan dengan madu sebagai alternatif alami untuk masker anti penuaan.
Hal ini dikarenakan antioksidan yang akan membuat kulit tetap kencang dan beregenerasi dengan baik. Semoga makin cantik ya.

18. Membantu mengobati anemia (kurang darah)
Bila teman-teman mengkonsumsi buah naga ini, Maka buah ini dapat mencegah anemia, sebab buah naga kaya akan zat besi sebagai penyusun utama sel darah merah. Hal ini karena Buah naga kaya akan kandungan gizi zat besi,  sekitar 8% dari kebutuhan zat besi harian tubuh. Selain itu, buah naga mempunyai banyak vitamin C, zat yang meningkatkan kemampuan tubuh kita untuk menyerap zat besi lebih banyak. Selamat mencoba.

19. Bagus untuk diet dan Mengelola berat badan
Yang menakjubkan bila teman-teman makan makanan kaya akan serat serta rendah kalori yakni buah naga ini akan membuat perut teman-teman terus merasa kenyang tanpa perlu takut akan bertambahnya berat badan. 

Selain rasanya menyegarkan dan lezat, buah ini juga sangat rendah kalori (60 kalori dalam setiap 100 gram), yang membuatnya sempurna sebagai penunjang diet teman-teman.

20. Bagus untuk imunitas 
Karena mengandung vitamin C yang tinggi Buah naga ini mampu meningkatkan Imunitas.
Buah ini juga membantu merangsang aktivitas antioksidan lainnya, buah naga juga memiliki kandungan vitamin dan mineral penting seperti niasin, vitamin B1, pytoalbumin, kalsium, fosfor, besi. Keseluruhannya akan melawan virus maupun bakteri ditubuh kita.

21. Bagus untuk kekebalan tubuh
Vitamin C yang terdapat dalam buah naga lebih tinggi dari pada Vitamin C yang terdapat pada wortel teman-teman. Kemudian buah ini juga mengandung antioksidan yang bisa membantu menyingkirkan radikal bebas dari tubuh.

Selain itu buah naga ini juga memang mengandung sejumlah penting vitamin dan juga nutrisi luar biasa seperti vitamin B1, B2, B3, ada juga fosfor dan kalsium, ditambah dengan protein, zat besi, juga niacin serta serat tinggi yang akan bekerjasama untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita tetap dalam kondisi fit atau prima. Cukup bermanfaat bukan.

22. Menjaga Rambut yang diwarnai
Ada beberapa artis di TV yang mencat rambutnya padahal ini tidak dibolehkan didalam agama. Admin bukan menyuruh teman-teman buat mewarnai rambut ya, tapi ini Cuma sebagai ilmu buat kita semua. Ternyata jus buah naga bisa kita manfaatkan untuk merawat rambut diwarnai. Usapkan jus buah naga di kulit kepala beberapa kali dalam seminggu. Selain melindungi warna rambut, zat-zat dalam buah naga juga membuat folikel rambut tetap terbuka sehingga rambut bisa bernapas. Dam juga akan terasa lembut.

23. Mengobati Arthritis atau Radang Sendi
Arthritis seringkali menyebabkan rasa sakit, iritasi dan imobilitas serius secara langsung mempengaruhi sendi dan menyebabkan nyeri dan kesulitan bergerak. Buah naga juga memiliki zat anti-inflamasi yang bisa mengurangi keparahan nyeri arthritis. 
Jadi Mulailah menambahkan buah naga ini menjadi makanan harian teman-teman, untuk mengobati nyeri artritis dalam waktu singkat selamat mencoba.

24. Mencegah penyakit ginjal 
Berhubungan dengan gagal ginjal dimana tulang mulai menjadi lemah dan rapuh. Hal ini karena ginjal yang sakit tidak dapat mengaktifkan vitamin D untuk menyerap kalsium, yang paling penting untuk mempertahankan kekuatan tulang ditubuh.

Maka buah naga adalah cara yang baik untuk mencegah penyakit  seperti   tulang dan ginjal karena kaya akan dalam kalsium . Setiap 100 gram buah ini mengandung 8.8 gram kalsium, yang merupakan jumlah yang baik untuk mengalahkan penyakit tulang dan ginjal tersebut.

25. Membantu memerangi virus bakteri 
Didalam buah naga mengandung Vitamin C yang tinggi membantu memerangi virus bakteri penyebab berbagai  macam penyakit.

Bukan hanya itu saja buah naga juga memiliki kandungan vitamin dan mineral penting seperti niasin, vitamin B1, pytoalbumin, kalsium, fosfor, besi yang kata juga dapat melawan virus di dalam tubuh.

26. Memperbaiki Sel-sel tubuh yang rusak 
Didalam buah naga mengandung protein dan enzim yang dapat membantu tubuh kita dalam meregenerasi dan memperbaiki sel-sel tubuh kita yang rusak. Maka dari bila perlu rutinlah makan buah naga.

27. Bagus untuk meningkatkan selera makan
Didalam buah naga mengandung Vitamin B1 dan B2 yang membuat nafsu makan menjadi meningkat jika rutin mengkonsumsi buah naga terutama bagi anak-anak kita yang biasanya susah makan. Selamat mencoba.

28. Meningkatkan fungsi otak
Didalam buah naga mampu untuk meningkatkan produksi sel darah merah, mengandung berbagai vitamin dan mineral penting yang dapat melindungi otak dari kerusakan. 
Dan juga nutrisi pada buah naga akan mendorong fungsi syaraf dan kemudian meningkatkan fungsi otak di kepala.

29. Baik untuk membersihkan usus dan Menjaga Usus Tetap Sehat
Sebagian orang kadang banyak mengkonsumsi makanan yang berlebihan yang mengakibatkan fungsi organ usus menjadi berat sehingga organ usus akan bekerja dengan keras. Teman-teman dapat meminimalisir masalah tersebut dengan buah naga karena kandungan seratnya yang lumayan tinggi berfungsi untuk meringankan kerja usus yang berat dan baik untuk kesehatan usus. Maka dari itu hindari makanan yang kurang baik buat usus kita seperti gorengan yang mengandung lemak dalam porsi yang banyak.

30. Mencegah infeksi
Saat kita mengkonsumsi buah naga betapa banyaknya manfaat untuk tubuh kita karena banyak zat seperti vitamin C,B1,B3, mineral yang berguna untuk kesehatan badan sehingga mengurangi infeksi peradangan didalam tubuh kita dan juga infeksi mikroba.

31. Mencegah kram
Bila kram datang mengganggu, kita bisa mengkonsumsi buah ini karena kandungan fosfor,vitamin,dan mineral pada buah naga dapat mecegah kram pada tubuh. 

32. Meningkatkan visi
Didalam buah naga yang kita konsumsi mengandung karoten, yang membantu menjaga kesehatan mata dan meningkatkan visi buah. Kabar baik bagi kita yang mungkin kurang menyukai wortel.

33. Mencegah kelumpuhan otot
Tubuh kita sangat membutuhkan protein untuk kerja otot. Bila kita kekurangan protein maka kerja otot akan berkurang dan bisa berakibat fatal dengan kelumpuhan pada otot. Maka dari itu konsumsilah buah ini karena didalam buah ini mengandung protein yang tinggi.

34. Dapat Membentukan Otot
Tubuh yang berotot mungkin dambaan bagi setiap kaum pria, ini sangat penting bagi yang suka berolahraga setiap hari, yaitu manfaat buah naga yang mampu membantu pembentukan otot tubuh. Dimana kandungan protein yang terkandung di dalam buah naga memiliki fungsi untuk membentuk otot tubuh dengan lebih optimal. Karena kandungan protein alami didalam buah naga lebih baik dan aman untuk pembentukan otot tubuh, kita bisa jus buah ini.

35. Menjaga Kesehatan Syaraf
Bagi yang ingin menyehatkan syaraf, Buah Naga adalah solusi terbaik untuk kita karena kandungan fosfor dan kalium pada buah ini dapat menyehatkan syaraf.

36. Baik Untuk Pasien Dalam Masa Penyembuhan
Bagi teman-teman yang sedang menjadi pasien atau sedang dalam masa pemulihan dari suatu penyakit, maka konsumsilah buah naga ini karna kandungan vitamin dan mineral yang ada didalam buah ini membantu mempercepat proses penyembuhan. Selain itu juga tekstur buah naga mudah untuk dicerna.

37. Melancarkan Sistem Peredaran Darah
Didalam buah naga mengandung zat besi serta fosfor akan membantu melancarkan peredaran darah dan membantu memperbaiki jaringan yang rusak pada tubuh kita.

38. Dapat Mengobati Sariawan
Dengan mengkonsumsi buah naga kita dapat mengobati sariawan karena kandungan vitamin C didalam buah tersebut. Selain manis juga aman bagi bibir kita.

39. Dapat Menyembuhkan Radang Tengorokan 
Saat kita mengkonsumsi buah ini dapat mengobati sakit pada tenggorokan karena di dalamnya memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Maka perbanyaklah konsumsi buah naga ini.

40. Dapat Mewarnai Makanan dengan Alami
Sudah diteliti bahwa, Kulit buah naga mengandung  zat  warna  alami  antosianin cukup  tinggi.  Antosianin  merupakan  zat warna  yang  berperan  memberikan  warna merah  berpotensi  menjadi pewarna  alami untuk  pangan  dan  dapat  dijadikan  alter-natif pengganti pewarna sintetis yang lebih aman  bagi  kesehatan  (Citramukti, 2008)

41. Menguatkan Gigi
Manfaat buah naga ternyata bisa menjadi pilihan tepat. Buah ini punya kandungan nutrisi sangat besar, jadi dengan mengonsumsi buah naga bisa membantu untuk regenerasi sel-sel tulang dan gigi. Hal tersebut dikarenakan tingginya fosfor, kalsium serta vitamin D yang terkandung pada buah tersebut. dicoba ya.

42. Memperpanjang Usia
Jadikan ilmu bukan untuk kepercayaan. menurut penelitian Buah Naga yang Kaya serat dapat memperpanjang usia dan dilakukan dengan rutin maka umur kita bisa panjang selama 9 tahun dari pada orang lain.

43. Mencegah Racun Didalam Tubuh
Kegunaan Antioksidan pada buah naga adalah untuk mengurangi radikal bebas yang ada di tubuh manusia, dengan konsumsi buah ini setidaknya akan membantu proses detoksifikasi (mengeluarkan racun dari tubuh melalui hati). Lalu bagaimana mendapatkan sumber antioksidan tersebut? Maka dengan cara mengkonsumsi buah naga ini.

44. Dapat Mencegah Stress
Buah naga bisa menurunkan tingkat stress yang tinggi oksidasi,yang merupakan salah satu faktor utama penyakit jantung. Untuk menikmati buah naga, selain dapat di konsumsi secara langsung , buah naga juga bisa di buat jus, dan bisa di campurkan dengan buah-buahan lain untuk menambah cita rasa yang kita inginkan.

45. Mencegah Penyumbatan Arteri
Dengan buah naga ini kekakuan arteri dapat di kurangi. Penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi) terjadi akibat adanya penyumbatan arteri di dalam tubuh. Makan buah naga membantu tubuh untuk melancarkan aliran darah, yang mampu menurunkan resiko terkena hipertensi. Dengan begitu, disarankan bagi penderita hipertensi agar mengonsumsi buah naga secara teratur. Mengingat bahwa buah naga pada dasarnya “membersihkan” bagian tubuh manusia maka ia juga dapat membantu menjaga kesehatan yang berhubungan dengan pembuluh darah lainnya.

46. Dapat Menghilangkan Jerawat
Bagi yang masih puber atau untuk yang berkelainan. buah naga memiliki kaya akan vitamin C, buah ini menjadi salep topikal yang hebat. Potonglah sebuah buah naga lalu oleskan ke daerah yang memerah pada wajah atau kulit Anda, lalu bilas dengan air. Jangan lupa lakukan dua kali sehari untuk hasil yang terbaik.

47. Menjaga kulit Dari Sinar Matahari
Dengan menjadikan Buah Naga sebagai lulur dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Kombinasi vitamin E dan C pada buah naga telah terbukti untuk melindungi kulit dari sinar UV. Maka dari itu tak perlu lagi membeli lulur yang berzat kimia.

48. Mengobati Kulit Terbakar Matahari
Bila kita mengkombinasikan buah naga dengan jus mentimun dan madu, dapat menenangkan kulit yang terbakar matahari. Vitamin B3 pada buah naga bisa melembabkan kulit yang terbakar matahari dan melepaskan panas dari daerah kulit yang terkena. 

49. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah (Hemoglobin)
Didalam buah naga mengandung vitamin B12 (riboflavin) yang sangat tinggi. Seperti yang kita ketahui dalam tubuh kita Sel darah merah (hemoglobin) sangatlah dibutuhkan. Dalam pembentukan sel darah merah dilakukan dengan bantuan dari vitamin B12 atau riboflavin. Bila ingin membentuk sel darah merah (hemoglobin) didalam tubuh maka konsumsilah buah ini.

50. Dapat Menjaga Ion atau Dehidrasi Tubuh
Bagi teman-teman yang suka olah raga atau melakukan aktifitas fisik lainnya, pastinya teman-teman kehilangan ion tubuh, Nah buah naga ini sangat cocok untuk pengganti ion tubuh teman-teman karna mengandung 87 gram Air didalamnya.

51. Dapat Mencegah Peradangan
Didalam buah naga mengandung vitamin, serat dan mineral yang dapat mencegah terjadinya peradangan yang terjadi di beberapa organ tubuh manusia, Maka dari itu konsumsilah buah naga ini untuk menghadapi peradangan.

52. Sangat Baik Untuk Darah
Sangat baik untuk kesehatan darah karna banyak sekali manfaat buah naga bila dikonsumsi secara rutin setiap hari karna mengandung nutrisi didalamnya.

53. Sanagat Baik Untuk Manula
Didalam buah naga mengandungan fosfor dan kalium yang sangat tinggi maka sangat berguna bagi manula atau kepanjangan dari manusia lanjut usia.

54. Mengobati Panas Dalam
Kandungan fosfor dan vitamin C pada buah naga sangat baik untuk mengobati panas dalam baik untuk anak kecil atau orang dewasa dan juga seimbangi dengan gizi yang lain juga ya teman-teman.

55. Menjaga Kulit Wajah Agar Tetap Kencang
Buah naga kaya antioksidan yang membantu melawan radikal bebas, dengan membuat masker buah naga merah untuk memutihkan wajah dan mengobati jerawat, caranya cukup mudah, Potong beberapa buah naga lalu haluskan dengan blender lalu alurkan pada kulit muka atau wajah secara merata . tunggu selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin sampai terlihat hasilnya.

56. Mengatasi Rambut Kering dan Rontok
Begitu juga dengan yang satu ini buah naga kaya dengan antioksidan yang bisa mengatasi rambut kering dan rontok cukup dengan menghaluskan buah naga dengan blender lalu alurkan pada kulit kepala tunggu 30 menit lalu bilas. Lakukan secara rutin sampai hasilnya terlihat.

57. Mencegah Glaukoma Kongenital
Glaukoma Kongenital adalah dimana tekanan bola mata meninggi yang dapat merusak mata dan memburuknya ketajaman penglihatan.
Dalam penelitian yang sudah dipublikasikan mereka menunjukan bahwa dengan makan buah naga ini akan membantu mencegah glaukoma kongenital.
Karna buah naga ini memiliki kekuatan untuk menghambat sitokrom P450 pada manusia, protein biasanya ditemukan di hati, dan dapat membantu fungsi paru-paru dan ginjal. protein juga terkait dengan kemungkinan glaukoma kongenital. Maka dari itu jaga mata dengan buah naga ya.

58. Cemilan Sehat Untuk Anak-Anak Dan Orang Dewasa
Kandungan didalam buah naga memiliki jumlah kolestrol yang sangat rendah maka tidak salah bila teman-teman menjadikannya cemilan manis. Mengkonsumsi buah naga secara teratur akan membuat perut terus merasa kenyang tanpa takut tubuh akan melar. Untuk die juga bisa loh.

59. Bagus Untuk Meningkatkat Energi Tubuh
Didalam buah naga mengandung vitamin B (thiamine) yang cukup banyak. Fungsinya berguna untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Bila teman-teman mengkonsumsinya secara rutin dan teratur, maka akan menghasilkan energi didalam tubuh.

60. Melenturkan Kapiler Darah
Kapiler darah adalah pembuluh darah yang paling kecil berdiameter 5-10 mikrometer. Kandungan manfaat vitamin C yang tinggi, anti oksidan, serta flavanoid yang terdapat dalam buah naga membantu melenturkan arteri darah didalam tubuh manusia

61. Meningkatkan Trombosit Pasien Demam Berdarah
Pada orang yang mengalami demam berdarah biasanya bisa mengalami penurunan trombosit yang sangat signifikan, yang katanya lagi bisa menyebabkan kematian apabila tidak diobati dengan cepat dan tepat. Karena pada normalnya, dalam setiap orang itu memiliki jumlah trombosit sekitar 150.000 hingga 450.000 untuk setiap mikroliter darahnya. Sementara bagi penderita demam berdarah bisa hanya memiliki 10.000 saja. Sangat kekurangan bukan
Akan tetapi dengan adanya buah naga ini akan meningkatkan kembali jumlah trombosit didalam tubuh karena kandungan antioksidannya yang sangat kuat.

62. Dapat Mendeteksi Boraks Dan Formalin
Maraknya beberapa kasus yang terjadi penggunaan boraks dan formalin dalam makanan akibatnya ini cukup bahaya bagi kita semua. Bila teman-teman ingin melakukan percobaan, misalnya, teman-teman dapat menggunakan kutipan dari buah naga dan air untuk merendam dari makanan mengandung formalin. Setelah dibungkam setidaknya 15 menit teman-teman dapat menempatkan kertas tisu di perendam, warna akan jaringan merah. Selamat mencoba.

63. Mencerahkan Bibir Dan Mengatasi Bibir Kering
Sering makan buah naga secara rutin permasalahan bibir kering dan pecah pecah dapat dicegah. Karena kandungan vitamin C di dalam buah naga tersebut.

64. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Didalam buah naga mengandung vitamin C yang berperan aktif membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Agar terhindar dari berbagai macam penyakit, sehingga kita akan lebih sehat dan segar.

65. Mencegah Penuaan Dini
Akibat dampak serangan radikal bebas seperti polusi, kotoran dan debu setiap hari maka terjadilah kerusakan sel. Akibatnya dapat mempercepat penuaan pada usia dini. Masalah ini bisa dicegah dengan mencukupi kebutuhan antioksidan seperti yang terdapat pada buah naga ini. Dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin dan teratur maka dapat menghaluskan kulit dan memperlambat proses penuaan.

66. Mencegah Bayi Cacat Fisik Waktu Lahir Atau Prematur
Buah naga ini mengandung asam folat. Inilah salah satu nutrisi penting diperlukan saat masa kehamilan ibu. Bila dalam kehamilan kekurangan asam folat maka itu akan berdampak pada bayi yang akan terlahir cacat fisik atau prematur. buah merah ini juga mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, dan vitamin lainnya sangat bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan janin. Untuk teman-teman bila dimasa kehamilan perhatikan yang ini supaya terhindar dari yang tidak kita inginkan.

67. Buah Naga Bermanfaat Selama Kehamilan
Kenapa demikian?  Karena manfaat buah naga untuk ibu hamil yang juga amat penting adalah membantu perkembangan janin. Sehingga bayi dapat lahir dengan keadaan normal dan sehat. Serta Kandungan asam folat yang terdapat pada buah naga berfungsi untuk memperkuat janin, serta mencegah keguguran dan kelahiran prematur. Semoga diberikan yang terbaik.

68. Meningkatkan ASI Ibu Hamil
Bagi ibu yang menyusui buah naga dapat menambah jumlah asi didalam tubuh karena berbagai macam kandungan gizi yang sangat berguna bagi kesehatan ibu.

69. Melancarkan Sitem Pencernaan Bayi 
Bagi bayi berumur 1 tahun buah naga dapat dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan. Bisa dibuatnya dengan di jus buah naga, dan juga perhatian buat ibu dirumah.

70. Mencegah Penyakit Wasir Atau Ambeien
Bila kita terlalu sering lama duduk nonton TV dirumah dan juga jarang keluar rumah melakukan aktifitas. Maka lama kelamaan kita akan terkena wasir. Bagi mereka yang terkena penyakit ini konsumsilah buah naga karna kandungan vitamin, mineral dan zat lain dalam buah naga membantu tubuh mendapatkan asupan serat nutrisi yang dibutuhkan sehingga secara alami dapat mengobati wasir atau ambeien.

71. Menyempurnakan Indra Penglihatan Janin
Didalam buah naga merah yang kita konsumsi mengandung karoten yang sangat vital selama pertumbuhan dan indra janin, teraturlah mengkonsumsi buah ini untuk menghindari janin dari penyakit penglihatan.

72. Menguatkan Tulang Janin
Buah naga ini mengandung kalsium untuk tulang yang bisa menguatkan tulang janin, Selain itu fosfor yang terkandung didalamnya juga ikut berperan dalam membantu perkembangan janin.

73. Sumber Lemak
Lemak yang terkandung dalam buah naga ini tidak hanya memberikan daya energi tetapi juga membantu otak janin. Satu porsi didalam buah naga lemaknya setara 0.1 sampai dengan 0.6, lemak ini merupakan lemak tak jenuh.

74. Membantu Membentuk Sistem Tulang Belakang Janin
Ternyata folat yang terkandung didalam buah ini bisa membantu saraf tulang belakang janin. sistem tulang belakang ini sangat penting sekali bagi janin karena seluruh tubuh dikerahkan melalui sistem ini. Bila tidak berkembang dengan baik faktor utama bagi bayi sewaktu lahir adalah kelumpuhan. Semoga ini tidak terjadi ya.

75. Membantu Menyerap Protein
Karna tidak semua protein yang dicerna oleh ibu hamil kemudian deserap janinnya maka kita memerlukan buah naga karena kandungan vitamin B1 didalam buah ini cukup banyak. agar ibu dan janin mudah menyerap protein.

76. Menyeimbangkan Metabolisme Sel
Agar ibu hamil dan janinnya sehat ibu hamil bisa mengkonsumsi buah naga ini karena kandungan vitamin B1 yang dapat menyeimbangkan metabolisme sel didalam tubuh.

77. Menghindari Penyakit Beri Beri
Kandungan B1 yang terkandung didalam buah naga dapat mencegah penyakit beri-beri saat ibu hamil. karena penyakit ini bisa muncul kapan saja.

78. Bagus Untuk Meningkatkan Tenaga Bagi Ibu Hamil
Wajar saja, karena ibu hamil sangat membutuhkan tenaga untuk beraktivitas sehari-hari. karena ibu hamil harus berbagi nutrisi dengan janinnya maka buah naga ini sangat cocok. karena kandungan 100 gram didalam buah ini mengandung sekitar 9 - 14 gram karbohidrat yang akan memberikan suplemen energi dan alami kepada ibu hamil. dengan ini ibu hamil akan mendapatkan tambahan tenaga dan kekuatan untuk menjalani aktivitasnya sehari-hari.

Tips Mengkonsumsi Buah Naga


Cara ini juga dapat dipraktekkan bagi ibu hamil yang ada dirumah.

1. Pilihlah buah naga yang sudah matang
Buah naga yang berwarna merah atau merah muda yang cerah terasa nikmat. Bila perlu langsung dipetik dari pohonnya agar mendapatkan 100% kealamiannya. Hindari bagian kulit memar berwarna gelap dan noda-noda kering kecokelatan.

2. Cuci bagian luar buah naga dengan teliti
Mencuci kulit buahnya supaya aman dari kotoran yang tidak diketahui bila perlu cuci dengan sabun pencuci buah yang aman.

3. Belah buah naga
Gunakan pisau tajam sebelum membelah buah naga. Atau bisa potong sesuai dengan ukuran selera dan juga berhati-hati saat menggunakannya.

4. Keruklah dagingnya dengan sendok
Mulailah dari pinggir kulit dan mengitarinya setelah itu baru keruk bagian paling dalam untuk mengeluarkan dagingnya. Jangan mengkonsumsi kulit buah naga karna dapat membuat sakit perut.

5. Mengkonsumsi buah naga
Dagingnya terasa agak manis ketika dimakan buah ini juga mengandung kalori yang rendah. Biji kecil berwarna hitam ini memiliki rasa pedas serta kaya akan lipid. Oleh karna itu bijinya harus dikunyah karena sulit dicerna oleh tubuh. 

“Mengkonsumsinya sebaiknnya dibatasi, yang disarankan 2-3 porsi sehari,” kata Tirta.

Teman-teman juga bisa mengkonsumsinya dengan cara yang berbeda, seperti dalam bentuk sup, salad, keripik, agar-agar, jus buah, bubur mutiara, dipanggang dan sebagainya.

Efek Samping Buah Naga


1. Menyebabkan asam lambung
Hal ini juga akan menyebabkan kadar asam lambung anda menjadi naik, Karena tingginya kandungan asam pada buah naga, yang menyebabkan terjadinya gejala mual-mual diperut kita.

2. Menyebabkan perut kembung
Seperti kata syahrini. "itu kembung" hehehe. ini terjadi apa bila mengkonsumsi buah naga telah melampaui batas tidak sesuai dengan anjuran nabi dan dokter, kandungan mineral yang ada didalam buah ini sangat banyak manfaatnya untuk kita, namun saat mineral yang masuk ketubuh kita terlalu berlebihan hal ini akan menyebabkan perut kembung atau begah.

3. Dapat menyebabkan maag menjadi kambuh
Didalam buah naga terdapat kandungan asam, bila kita mengkonsumsinya berlebihan maka bisa menyebabkan maag, apa lagi garis keturunan kita memiliki riwayat sakit maag. Maka dari itu akibat tingginya kandungan asam dari buah naga makanlah sesuai dengan anjuran nabi dan dokter.

4. Menyebabkan diabetes apabila dikonsumsi secara tidak wajar
Didalam buah naga terdapat kandungan gula yang cukup tinggi, apa bila mengkonsumsi buah naga secara berlebihan dan tanpa memperhatikan kadar gula didalam darah, ini bisa sangat berbahaya. Apalagi kita mengkonsumsinya dengan campuran pemanis seperti gula, tanpa kontrol kadar gulanya. ini dapat mengakibatkan gula darah kita jadi naik.

Ini akan sangat berpotensi menyebabkan diabetes didalam tubuh kita, karena itu konsumsilah buah naga dengan sewarnya sesuai dengan takaran kemampuan tubuh dan bila perlu jangan dicampuri gula. 

5. Menyebabkan sakit perut
Selain itu juga akan berdampak pada perut kita yang sakit. Karena disebabkan perut menerima asupan makanan yang banyak akibatnya terjadi ketidak seimbangan kerja usus. Tetaplah perhatikan asupan makanan kita karena dapat membahayakan kesehatan kita.

6. Penyebab Kencing dan Kotoran Kemerahan
Ada beberapa orang mengatakan saat mereka mengkonsumsi buah naga merah ini tinja kotoran dan air kencing mereka kemerahan.

7. Buah Naga Bisa Menyebabkan Diare
Ada beberapa dari orang juga mengatakan makan buah naga bisa membuat BAB mengeras. dan ini dapat menyebabkan perut kita menjadi sembelit.

8. Bahaya untuk Usus
Seperti kita ketahui bahwa buah naga ini mempunyai rasa manis dan asam, oleh sebab itu rasa asam didalam buah ini tidak disarankan bagi kita yang memiliki gangguan pada usus.

9. Bahaya Mengkonsumsi Buah Naga Yang Sudah Lama
Bila ingin buah ini terlihat tetap segar lebih baik kita menyimpannya dikulkas supaya meminimalisir pembusukan dan bakteri didalam buah ini.

10. Secara Garis Besar Berbahaya bila dikonsumsi berlebihan
Makanan apapun itu bila kita mengkonsumsinya berlebihan akibatnya bisa berbahaya bagi tubuh karna agama dan ilmu kesehatanpun melarangnya. Didalam Biji Buah Naga ini kaya akan lemak tak jenuh ganda seperti asam lemak omega-6 dan omega-3. Asam ini berperan besar dalam meminimalkan risiko gangguan kardiovaskular trigliserida. Maka dari itu makan buah naga berlebihan berbahaya bagi kesehatan. Agar lebih baik dan terkendali Berkonsultasi dengan dokter ahli agar mendapatkan hasil yang baik pula.

Buah naga memang sudah diakui memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan, karena itu orang orang banyak yang membelinya, Namun kita juga harus memperhatikan aturan sebelum kita mengkonsumsinya, sebab dikehidupan itu harus berdasarkan aturan seperti aturan dalam agama kita yang sudah jelas mengatur segala prilaku manusia dari tingkat BAB saja kita sudah diatur apalagi tingkat makanan. Untuk itu baca aturan makannya seperti yang sudah admin jelaskan diatas.

Menurut informasi, tidak ada efek samping secara serius yang bisa ditimbulkan akibat mengonsumsi buah naga ini. Tetapi, beberapa orang yang mengonsumsi buah naga secara berlebihan menyebutkan bahwa mereka mengalami seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Itulah yang dapat Admin sampaikan kepada pembaca setia kami diseluruh indonesia, Apa bila terjadi ada hal-hal yang merugikan bagi teman-teman semua mohon tulis di komentar. dan apabila artikel ini bermanfaat mohon juga supaya dapat menuliskan komentar yang baik. Terima kasih banyak atas perhatiannya. Semoga pembaca dan berkomentar yang baik sehat selama-lamanya. Amin.

2 komentar untuk "78 Manfaat Buah Naga dan Efek Sampingnya Lengkap"

  1. terimakasih atas infonya, jangan lupa kunjungi balik webaite kami http://bit.ly/2KQ1J6n

    BalasHapus
  2. Winning303
    Memberikan Permainan Poker Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!

    Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
    Hanya di Winning303...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA:+6287785425244

    BalasHapus