Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Pisang Apa Kandungannya

 

Buah Pisang

Banyak vitamin dan manfaat yang terkandung didalam buah pisang, Buah pisang juga merupakan salah satu buah yang kaya akan mineral kalium dan serat pektin. Bila di lihat data dari US Department of Agriculture (USDA), dalam 1 buah pisang yang panjangnya 18 s/d 20 cm (± 118 gram) Mengandung:


88,4 gram (g) air

105 kalori

1,29 g protein

27 g karbohidrat

3,07 g serat

14,4 g gula total

6,35 g pati

5,9 miligram (mg) kalsium

31,9 mg magnesium

26 mg fosfor

422 mg kalium

1,18 mikrogram (mcg) selenium

10,3 mg vitamin C

23,6 mcg folat atau vitamin B9

30,7 mcg beta karoten

Termasuk buah yang rendah lemak (0,389 g) dan memiliki indeks glikemik rendah, pisang juga diperkaya oleh:

Zat besi

Zinc

Tembaga

Mangan

Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6

Kolin

Omega 3 dan 6


DAFTAR MANFAAT BUAH PISANG


1. Dapat Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Potasium atau Kandungan kalium di dalam buah dalam pisang dapat membantu fungsi pembuluh darah dalam mengangkut oksigen ke otak, menjaga kestabilan detak jantung, dan menurunkan tekanan darah. dan di ketahui juga buah pisang dapat mengurangi resiko stroke. 


2. Dapat Menjaga kesehatan saluran cerna

Kandungan Buah Pisang merupakan sumber prebiotik, sehingga dapat menjaga kesehatan usus dan saluran cerna. Di samping menyehatkan saluran pencernaan, pisang mengandung serat dan Buah Pisang juga dapat mencegah sembelit dan kanker usus besar.


3. Dapat Mengembalikan energi yang terkuras

Buah Pisang terbukti bisa mengisi ulang energi dan elektrolit setelah aktivitas fisik berat.  Melihat hasil studi yang melibatkan atlet, buah ini disebut lebih efektif mengembalikan energi yang hilang setelah olahraga daripada minuman berenergi yang siap saji.  Menurut para ahli, serotonin dan dopamin dalam buah pisang meningkatkan kapasitas antioksidan, mengatasi stres oksidatif, dan juga dapat meningkatkan kinerja fisik.


4. Dapat mengatasi depresi

Buah Pisang mengandung Zat triptofan yang dapat diubah tubuh menjadi serotonin.  Zat ini sangat penting untuk memperbaiki suasana hati. Triptofan juga dikenal mengatasi susah tidur.  Seperti diketahui, susah tidur dapat memperburuk depresi. Selain itu, vitamin B6 dalam pisang dapat membantu tidur lebih nyenyak, dan magnesium membantu mengendurkan ketegangan otot anda.  

 

5. Dapat Menguatkan tulang

Buah pisang yang mengandung Kandungan kalsium dapat membantu menjaga tulang tetap kuat. Menurut studi yang dirilis di Journal of Physiology and Biokimia, pisang mengandung banyak fructooligosaccharides.  Zat ini adalah karbohidrat nondigestif yang mendorong probiotik dan meningkatkan kemampuan untuk menyerap kalsium di dalam tubuh.


6. Dapat Mencegah kanker ginjal

Survey telah membuktikan rutin makan buahpisang dapat mencegah kanker ginjal. Penelitian dari Swedia pada 2005 menemukan, wanita yang makan empat hingga enam pisang seminggu dapat menurunkan terkena kanker ginjal. Buah Pisang dapat mencegah kanker ginjal karena tingginya kadar senyawa fenolik antioksidan. 


7. Dapat Meningkatkan Kekebalan tubuh

Buah Pisang mengandung vitamin A, C, dan B6 pisang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh melawan infeksi. Tubuh tak cepat lelah dan terasa segar.


8. Dapat Menunda Penuaan Dini

Ciri ciri penuaan dini seperti garis halus pada wajah ini sangat mengganggu penampilan sehari hari. Tentu Anda tidak ingin saat usia baru memasuki kepala 4 tapi kulit wajah, seperti pada area mata, dahi atau leher Anda sudah mulai keriput. Hal ini akan membuat kepercayaan diri Anda menurun. Terutama jika masih harus bersosialisasi dengan orang orang yang masih muda.Maka dari itu anda hanya perlu menggunakan buah pisang sebagai masker perawatan wajah anda agar tampil cantik.


9. Dapat Mendukung Kesehatan Otak

Vitamin C dari Buah Pisang dapat Membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan jaringan Membantu penyerapan zat besi Mendukung kesehatan otak pada janin Selain itu, pisang hanya memiliki sekitar 105 kalori dan terdiri dari air dan karbohidrat.


10. Dapat Menjaga kadar gula darah

Di lansir dari Healthline, pisang kaya akan pektin, sejenis serat yang dagingnya mirip spon.  Pisang mentah juga mengandung pati resisten, yang bertindak seperti serat larut dan baik untuk pencernaan dan mengontrol gula darah. Pektin dan juga pati resisten dapat mencegah gula darah melonjak setelah makan. Pisang juga bisa mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan lambung.  Selain itu, pisang juga memiliki kadar indeks glikemik rendah. Ini berarti pisang tidak menyebabkan gula darah orang sehat.  Namun, hati-hati dengan penderita diabetes tipe 2. Kadar gula pisang matang cukup tinggi maka jangan berlebih lebihan.


Selain mudah didapatkan, buah pisang juga murah, maka tidak ada salahnya apabila kita bisa rutin mengkonsumsi buah pisang dengan segudang manfaat ini.

Semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat. Terima kasih

Posting Komentar untuk "Manfaat Buah Pisang Apa Kandungannya"