Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

115 Manfaat Buah Nanas dan Efek Sampingnya Lengkap


115 Manfaat dan Efek Samping Buah Nanas Lengkap - Selamat datang warga negara indonesia yang berbahagia, terima kasih telah mau berkunjung kesini, Yap. anda sudah tau manfaat dan efek samping buah nanas ini, jika belum ini adalah artikel lengkap dari apa yang kita bahas sekarang langsung saja dibaca yuk.

Pertama kita akan bahas sedikit tentang buah nanas. Buah nanas itu adalah buah yang memiliki rasa yang sangat enak, Selain itu, manfaat buah nanas juga banyak. Nanas memiliki bentuk yang unik dimana dagingnya diselimuti oleh duri-duri serta diatasnya terdapat mahkota yang juga berupa duri. Walaupun banyak durinya, nanas memiliki warna kuning cerah yang cukup memikat. Buah yang satu ini memang memiliki rasa yang segar. Dibalik rasanya yang segar dan warnanya yang memikat, nanas memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Nanas memiliki manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Bahkan setelah dibuat jus, manfaat jus nanas juga sangat banyak.

Masyarakat Indonesia pasti sudah akrab dengan buah yang satu ini. Buah dengan citra rasa asam manis berdaging kuning, sering kali diolah menjadi rujak, selai, hingga dicampur dengan bahan masakan. Buah tropis yang banyak diminati lantaran rasa dan kandungannya bermanfaat bagi tubuh, dapat dengan mudah ditemukan dipasaran karena banyak tumbuh di Indonesia.

Buah bersisik duri ini sebenarnya berasal dari Brazil, Bolivia dan Paraguay. Namun karena Indonesia sendiri beriklim tropis, maka buah nanas tumbuh dengan subur didataran Indonesia. Buah nanas mengandung banyak vitamin dan zat-zat yang dapat membantu menjaga kesehatan organ tubuh, diantaranya :
  1. Vitamin C,
  2. Vitamin A,
  3. Kalsium,
  4. Fosfor,
  5. Magnesium,
  6. Besi,
  7. Natrium,
  8. Kalium,
  9. Dekstrosa,
  10. Zat asam amino,
  11. Sukrosa, dan
  12. Enzim Bromelain
Berikut ini ada 71 manfaat dari buah nanas yang dapat Anda simak. Ungkap rahasia menarik dibalik kesegaran buah nanas dengan membaca artikel berikut ini.

Manfaat Buah Nanas 

1. Melancarkan Pencernaan
Seperti banyak buah-buahan dan sayuran lainnya, nanas mengandung serat makanan yang sangat penting dalam menjaga Anda teratur dan dalam menjaga kesehatan usus. Tapi tidak seperti banyak buah-buahan dan sayuran lainnya, nanas mengandung sejumlah besar bromelain, enzim yang memecah protein, mungkin membantu pencernaan, menurut American Cancer Society.

2. Mengatasi demam dan flu
Selain itu, nanas juga bermanfaat untuk mengatasi flu dan juga demam. Manfaat nanas muda ataupun nanas tua sangat banyak untuk kesehatan Anda.

3. Menjaga kesehatan gigi
Manfaat yang ketiga yaitu nanas dapat menjaga kesehatan gigi Anda. Seperti yang Anda tahu, nanas memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C. Dengan kandungan ini nanas dapat membantu mencegah plak gigi ataupun mencegah timbulnya rasa nyeri.

4. Obat peradang kulit
Manfaat yang keempat buah nanas yaitu nanas dapat dimanfaatkan sebagai obat peradangan kulit. Jika Anda memiliki masalah kulit seperti kulit mengelupas ataupun bersisik, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan parutan nanas. Setelah berbentuk jus, gunakan untuk ditempelkan pada kulit Anda yang bermasalah. Manfaat jus nanas ini sangat baik mengobati masalah kulit bersisik ataupun mengelupas tersebut.

5. Menghaluskan kulit
Manfaat yang kelima yaitu nanas dapat menghaluskan kulit, ini karena kandungan air yang ada didalam buah nanas.

6. Mengatasi perut kembung
Manfaat yang keenam yaitu nanas dapat mengatasi perut kembung, buah nanas dipercaya dapat meredakan kembung pada perut.

7. Mengatasi asam urat
Manfaat yang ketujuh yaitu buah nanas dapat digunakan sebagai obat asam urat. Untuk mengatasi asam urat, gunakan nanas muda. Manfaat nanas muda ini telah banyak dibuktikan untuk mengatasi masalah penyakit asam urat.

8. Menyuburkan rambut
Manfaat yang kedelapan yaitu nanas bermanfaat untuk menyuburkan rambut. Ini karena nanas memiliki kandungan senyawa cysteine yang dapat menyuburkan rambut serta menunda penuaan dini.

9. Meredakan radang tenggorokan
Manfaat buah nanas yang kesembilan yaitu buah nanas dapat meredakan masalah radang tenggorokan. Kandungan vitamin C yang ada dalam buah ini dipercaya dapat mengatasi atau meredakan masalah radang tenggorokan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuat jus dari buah nanas. Cukup dengan meminum jus buah nanas maka radang tenggorokan Anda dapat teratasi. Manfaat jus nanas ternyata tidak hanya dapat menghilangkan dahaga saja tetapi juga dapat mengatasi radang tenggorokan.

10. Meningkatkan kekebalan tubuh
Manfaat yang kesepuluh yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ini karena nanas juga memiliki kandungan asam amino yang tinggi.

11. Menurunkan tekanan darah
Manfaat yang kesebelas yaitu nanas dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium dalam nanas dapat bermanfaat bagi penderita darah tinggi.

12. Menurunkan berat badan
Manfaat yang keduabelas yaitu Anda dapat membantu menurunkan berat badan. Nanas memiliki kandungan enzim yang baik dimanfaatkan dalam program diet. Banyak sekali manfaat nanas muda dan manfaat nanas tua yang dapat Anda manfaatkan.

13. Pencegahan Degenerasi Makula
Degenerasi makula adalah suatu kondisi orang dewasa yang mengalami kehilangan penglihatan. Gangguan ini menyebabkan kesulitan untuk membaca dan mengenali sesuatu dengan benar. Zat beta karoten yang terdapat pada manfaat wortel, juga ada dalam nanas yang memberdayakan penglihatan dan harus dikonsumsi secara teratur untuk kesehatan mata.

13. Meningkatkan Imunitas
Vitamin C dalam nanas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena efek antioksidan yang kuat. Selain itu, nanas mengandung  zat asam amino yang kaya. Zat asam amino membantu peningkatan sistem kekebalan tubuh dan menjaga ketersediaan energi pada tubuh agar tidak kelelahan.

14. Mencegah Hipertensi
Seseorang yang cenderung memiliki tekanan darah tinggi, tentunya akan berusaha untuk membuat tekanan darah kembali stabil. Pilihan makanan yang tepat menjadi salah satunya, yaitu dengan mempertimbangkan diet nanas untuk hipertensi. Jumlah kandungan kalium yang tinggi seperti yang dijumpai pada manfaat pisang. namun mengandung kandungan sodium yang rendah, akan membantu menjaga tingkat tekanan darah yang normal.

15. Meredakan Mual
Jus nanas yang segar dapat meredakan rasa mual, misalnya untuk mengatasi morning sickness. Hal ini cukup berguna untuk ibu hamil yang biasanya mengalami mual. Hal ini juga membantu orang-orang yang sedang melakukan perjalanan denga kendaraan, yang sering  menyebabkan mabuk.

16. Menguatkan Tulang
Tidak hanya manfaat susu yang mengandung kalsium untuk kesehatan tulang. Namun zat mangan hadir dalam jumlah yang melimpah di dalam nanas dan membantu memperkuat tulang dan jaringan ikat. Secangkir jus nanas akan memberikan sekitar 73% dari mangan yang diperlukan untuk hari. Sebuah studi menunjukkan hasil bahwa mangan bersama dengan mineral lainnya, dapat membantu dalam mencegah osteoporosis pada wanita asca menopause.

17. Menjaga Keelastisan Kulit
Manfaat yang kelima nanas memberikan dukungan terhadap sintesis kolagen dalam tubuh. Semakin tinggi sintesis kolagen akan membuat kulit menjadi lebih elastis. Selain itu, nutrisi lain yang ada di dalamnya seperti asam amino dan vitamin C akan mempengaruhi sel-sel dan jaringan yang rusak agar diperbaiki dengan cepat. Gunakan jus nanas yang baru  pada wajah kemudian cuci menggunakan air hangat setelah 10 menit.

18. Memperbaiki Kulit Kaki
Buah nanas dapat menjadi scrub alami untuk kaki yang membantu dalam peluruhan kaki bersisik, kulit kapalan pada kaki dan mengembalikan kulit kaki menjadi halus dan lembut. Nanas juga dapat menangkan peradangan dan pembengkakan pada kulit kaki yang dipicu kulit kaki yang pecah-pecah.

19. Melembabkan Kulit
nanas mengatasi kekurangan cairan pada tubuh dan kulit. Kulit yang kering terlihat kusam dan tidak menarik. Manfaat nanas akan memberikan efek hidrasi pada kulit. Campur sekitar 3 sendok makan nanas segar yang dihaluskan. Kemudian tambahkan kuning telur dan sedikit susu. Oleskan pada daerah kulit yang kering dan biarkan selama beberapa menit, lalu cuci bersih dengan air hangat.

20. Mengembalikan Kesehatan Bibir
Buah nanas yang digunakan bersamaan dengan manfaat minyak kelapa, dapat membantu mengatasi bibir pecah-pecah. Nanas serta minyak kelapa memberikan bersifat bergizi, yang menyembuhkan bibir pecah-pecah dan melunakkan bibr. Selain itu, campuran minyak kelapa dan nanas ini memberikan kilau alami pada bibir.

22. Melembutkan dan Memperkuat Kuku
Kurangnya asupan vitamin A, bisa membuka peluang terjadinya kuku yang dan rapuh. Namun bisa menjadi lebih buruk, jika mengalami kekurangan vitamin B yang menyebabkan kuku retak dan terbelah. Tidak perlu menggunakan multivitamin untuk mencegah kondisi tersebut, hanya dengan mengkonsumsi nanas. Penerapan eksternal serta konsumsi internal yang benar-benar teratur bisa mengurangi kondisi tersebut, meringankan infeksi dan memperkuat dan melembutkan kuku.

23. Memperkuat sistem kekebalan (imun) tubuh
Sistem imun tubuh yang baik, mencegah timbulnya penyakit seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, hingga yang sangat parah seperti penyakit bronkitis. Selain itu kandungan bromelain di dalam buah nanas dikenal sebagai zat anti kanker

Nanas mencegah kanker dan melindungi tubuh dari radikal bebas

Nanas kaya akan kandungan bromelain. Pada penelitian yang dilakukan Queensland Institute of Medical Research menunjukkan hasil bahwa terdapat dua molekul penting yang ada pada kandungan bromelain, yakni CCS dan CCZ.

CCS berfungsi untuk menahan protein Ras yang ditemukan pada 30 % penyakit kanker.

Adapun CCZ berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, guna mengenali dan menghancurkan sel kanker.

Keduanya molekul tersebut diyakini berkhasiat dalam mencegah perkembangan sel-sel tumor pada payudara, paru-paru, usus besar, ovarium, dan melanoma.

Selain itu, kandungan bromelain dipercaya berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit dan dampak negatif setelah menjalani kemoterapi.

Kemudian, Nanas memiliki kandungan mangan yang sangat baik. Dimana mangan memiliki fungsi untuk menghambat radikal bebas.

Nanas kaya akan vitamin C, yang merupakan salah satu antioksidan alami yang berkhasiat untuk menurunkan resiko kanker.

24. Kaya akan kandungan vitamin C
Buah nanas memiliki kandungan bromelain dan vitamin C yang tinggi, dengan kaya antioksidan, yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang menyerang tubuh.

Vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah penumpukan plak pada arteri atherosclerosis yang dapat menimbulkan penyakit jantung.

25. Kaya akan kandungan serat. 
Pada buah Nanas juga memiliki kandungan serat yang penting untuk menyehatkan dan mengoptimalkan kerja usus, yang juga dapat mengobati cacingan dan menghilangkan (membuang) penumpukan racun yang ada di ginjal dan hati.

26. Mengatasi rasa nyeri. 
Hal cukup unik bahwasannya jus nanas segar merupakan minuman yang sangat penting untuk para binaragawan, hal itu disebabkan dari kandungan bromelain yang didalamnya, yang bermanfaat untuk mengatasi sakit pada otot tubuh. 

Sehingga buah nanas ini dapat dimanfaatkan untuk nyeri sendi, selain itu berperan dalam meminimalisir terjadinya pembekuan darah.

27. Kesehatan pencernaan dalam arti luas
Jus nanas dapat Kamu manfaatkan untuk mengobati penyakit konstipasi, sembelit, dan juga rasa mual. Kemudian, mengkonsumsi nanas (dalam jumlah yang tidak berlebihan) memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Selain itu, nanas mengandung serat, salah satu nutrisi sangat direkomendasikan untuk menjaga keteraturan usus.

Enzim alami yang terkandung dalam jus nanas juga memainkan peran penting dalam peningkatan fungsi usus. Selain itu, kaya akan vitamin C membantu tubuh menjadi lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit.

Jus nanas bertindak sebagai pencahar alami sehingga merupakan alternatif yang baik untuk stimulan aksatif yang dapat untuk mengatasi sembelit dan buah nanas adalah resep obat pencahar alami.

Untuk anak-anak yang menderita sembelit ringan, sebaiknya minum setengah cangkir jus nanas setiap pagi.

Untuk orang dewasa dengan sembelit ringan, yang disarankan biasanya minum segelas jus nanas yang beberapa saat kemudian (5-15 menit) diikuti dengan minum segelas air.

Enzim bromelain berperan dalam memecah protein dalam makanan, tujuannya agar makanan bisa dicerna dengan baik di dalam usus. Sehingga, tidak jarang nanas digunakan untuk melunakkan daging.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di Clinical Immunology 2008 lalu, bahwa kandungan bromelain memiliki sifat anti inflamasi, yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan dan penyakit pada usus besar, seperti salah satunya cacingan.

28. Meredakan peradangan
Kandungan mromelain bisa berperan sebagai zat anti peradangan, anti pengentalan darah, dan anti kanker.

Pada penelitian yang dilakukan para ahli, memberikan hasil bahwa mengkonsumsi nanas secara teratur dapat membantu melawan arthritis dan juga masalah pencernaan.

Kandungan bromelain sering dimanfaatkan dalam mengatasi masalah peradangan pada kulit.

Seperti untuk mengobati memar di tubuh, kesleo, mengurangi bengkak, serta dapat mengurangi rasa sakit yang diderita.

29. Penyembuhan cepat
Terdapat kandungan di dalam nanas yang bersifat sebagai anti-inflamasi, yang bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi dan luka dengan lebih cepat.

Agar luka menjadi cepat sembuh, untuk obat luarnya, bisa mengoleskan jus nanas pada tempat yang sakit.

Rasanya memang akan MENYAKITKAN alias perih, tetapi jus nanas ini dapat membantu membersihkan luka dan membuat proses penyembuhan lebih cepat.

30. Kesehatan jantung
Jangan takut terserang penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi buah nanas dengan cara rutin Bisa membantu menjaga kesehatan jantung kalian. Kandungan antioksidan didalamnya mampu menangkal radikal bebas yang berpotensi masuk ke tubuh dan membahayakan organ tubuh termasuk jantung.

Sejumlah penelitian, seperti di Finlandia dan China, masing-masing penelitian menunjukan hasil bahwa asupan vitamin C yang mencukupi untuk tubuh bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner. 

31. Menyegarkan tubuh
Buah nanas ini sangat menyegarkan tubuh, terutama di siang hari, sembari menghilangkan lelah dan jenuh setelah bekerja seharian.

32. Menjaga kesehatan gusi
Kandungan vitamin C yang tinggi berfungsi untuk menurunkan resiko peradangan gusi, dan juga penyakit lainnya yang berhubungan dengan gusi.

33. Pencegahan Katarak
Vitamin C memainkan peran yang penting dalam masalah kesehatan mata. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan tinggi vitamin C berkhasiat untuk mengurangi risiko katarak. Para ahli bahkan tidak sedikit menyarankan untuk mengkonsumsi kandungan vitamin C ini sebagai pencegahan utama dari bahaya resiko katarak.

Vitamin C secara umum bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata serta mencegah degenerasi manula.

34. Mencegah Asma
Nanas merupakan sumber yang baik dari beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A aktif selama proses pencernaan di dalam tubuh.

Sejumlah studi menunjukkan bahwa kandungan beta karoten bermanfaat untuk mengurangi risiko asma akibat olahraga. Tetapi penelitian ini masih dalam tahap awal.

35. Untuk kesuburan pria dan wanita
Jus nanas memiliki kandungan penting beberapa vitamin dan mineral, seperti vitamin C, beta karoten, tembaga, seng, dan folat. Yang kandungan tersebut memiliki manfaat dalam membantu meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita.

Walaupun terdapat bukti hanya berupa “anekdot” bahwa jus nanas memiliki manfaat dalam seksualitas, akan tetapi belum ada bukti ilmiah untuk mendukung teori ini.

36. Meminimalisir penyakit sinusitis
Salah satu gejala sinusitis yaitu hidung tersumbat oleh lendir yang tidak bisa dikeluarkan, yang hal itu mengakibatkan tubuh mengalami pilek yang terus menerus .

Sinusitis berbeda dengan influenza, dimana kondisi sinusitis yaitu lendir yang menyumbat hidung yang teperangkap di dalam sebuah rongga sehingga sulit dikeluarkan sehingga sangat sulit di keluarkan.

Pada beberapa kasus yang terjadi, penderita sinusitis perlu melakukan operasi untuk mengeluarkan lendir yang menyumbat jalanya pernafasan di jalur hidung.

Buah nanas bisa berperan dalam meminimalisir masalah sinusitis ini. karena buah nanas mengandung enzim yang berfungsi mencerna protein yaitu enzim bromelain, yang berkhasiat sebagai anti inflamasi. Enzim tersebut bermanfaat untuk mengurangi lendir dan peradangan sinus.

37. Mempercepat proses penyembuhan luka
Manfaat lain dari Enzim Bromelain yang terdapat pada buah nanas yaitu bisa mempercepat sistem penyembuhan pada luka dan mengurangi peradangan serta pembengkakan dalam tubuh.

38. Berperan sebagai pembersih
Fungsi nanas untuk pembersih ini dapat di peroleh dari terdapatnya enzim bromelain yang bisa membantu supaya kandungan asam dalam darah jadi seimbang. Nanas dapat juga kurangi kandungan air yang berlebihan dari dalam badan hingga bisa menolong mengobati penyakit Edema.

39. Mengatasi masalah ketombe
Nanas dapat dipakai untuk menangani persoalan ketombe. Caranya, siapkan seperempat bagian buah nanas yang telah masak. Kupas kulit, parut, peras lalu saring. Tambahkan air nanas itu dengan air perasan satu jeruk nipis lalu aduklah sampai merata. Gunakan campuran ini untuk menggosokan pada bagian kulit kepala yang terdapat ketombe.

Kerjakan kegiatan itu saat malam hari sebelum tidur. Besok harinya, bersihkan rambut dengan berkeramas. Kerjakan aktivitas itu selama pada 2 hingga 3 kali dalam 1 minggu.

40. Membantu melunakkan makanan
Nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang bisa bermanfaat untuk membantu melunakkan makanan didalam lambung. Enzim ini dapat berperan sebagai anti radang serta penghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

41. Memperlancar haid
Buah nanas yang masih muda bisa memperlancar haid oleh karenanya, nanas bisa dikonsumsi untuk memperlancar haid. Untuk wanita hamil, benar-benar dianjurkan agar tidak untuk konsumsi buah nanas utamanya buah nanas yang masih muda.

42. Menambah gula darah
Nanas mempunyai kandungan gula yang lumayan tinggi. Untuk pasien kadar gula rendah, nanas dapat dikonsumsi untuk menolong menambah kadar gula darah dalam tubuh.

43. Mengatasi sembelit
Sembelit bisa dikarenakan lantaran kurang mengomsumsi makanan memiliki serat. Makanan yang memiliki kandungan serat bisa berbentuk buah-buahan, satu diantaranya yaitu buah nanas. Caranya, minumlah juice buah nanas. Pilih buah nanas yg tidak terlampau masak. Pilih buah nanas yang masih asam.

44. Mengatasi peradangan kulit
Buah nanas bisa dipakai untuk menangani persoalan peradangan kulit. Caranya, ambillah 1/2 bagian buah nanas yang telah masak. Kupas kulitnya lalu parut. Gunakan hasil parutan nanas untuk menggosok bagian kulit yang terkelupas serta bersisik. Kerjakan aktivitas ini saat malam hari sebelum tidur. Besok harinya, barulah dibersikan.

45. Mencegah degenerasi makula (macular degeneration)
Degenerasi makula merupakan suatu kondisi dimana orang dewasa mulai mengalami kehilangan penglihatan. Tentunya gangguan seperti ini dapat menyebabkan seseorang kesulitan dalam membaca maupun mengenali sesuatu dengan benar. Untuk mencegah gangguan ini terjadi sebaiknya mengonsumsi buah nanas secara rutin karena buah ini mengandung zat beta karoten seperti halnya pada wortel.

46. Meningkatkan daya tahan tubuh
Adanya kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam buah nanas mampu meningkatkan daya tahan tubuh anda. Selain itu vitamin C juga dapat mencegah berbagai penyakit seperti sariawan.

47. Mengurangi tekanan darah tinggi
Selain mengandung vitamin C, buah nanas juga mengandung kalium yang cukup tinggi sehingga sangat cocok dikonsumsi apabila anda ingin menurunkan tekanan darah tinggi.

48. Membantu diet
Apabila anda sedang diet dan mencari buah yang tinggi protein dan vitamin C maka nanas merupakan pilihan yang tepat. Selain dapat dimakan secara langsung anda juga dapat menjadikannya jus yang segar.

49. Manurunkan Kolesterol
Untuk mengurangi atau menurunkan kadar kolesterol bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah-buahan, terutama nanas.

Buah tersebut telah terbukti secara efektif dapat menurunkan kadar kolesterol dengan cukup efesien, dan tentunya tanpa efek samping kecuali anda memiliki alergi terhadap buah bersisik tersebut.

Kandungan gizi dalam buah bersisik tersebut terdapat enzim yang memiliki nama Bromelain yang dapat memecah lemak.

50. Mengobati Cacingan
Cacingan merupakan penyakit yang sering menyerang anak – anak dan gejalanya biasanya adalah hilangnya nafsu makan dan berbadan kurus walaupun banyak makan. Buah nanas ternyata juga dapat mengobati cacingan pada anak – anak. Caranya,  siapkan buah nanas yang sudah dikupas, lalu dicuci hingga bersih. Kemudian, parut dan peras hingga keluar airnya. Saring kembali agar terpisah dari ampasnya, lalu minumkan air perasan nanas pada anak.

51. Mengobati Beri – Beri
Caranya, siapkan nanas 2 buah yang sudah dikupas dan cuci hingga bersih. Kemudian, haluskan buah nanas tersebut dengan cara diparut atau di blender seperti membuat jus. Saring dan ambil airnya, selanjutnya minum air perasan tersebut dua kali sehari setelah makan.

52. Mangan
Buah nanas merupakan buah yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Kandungan mangan pada buah nanas termasuk unggul, yaitu dari 100 gram mangan telah memenuhi 59 persen kebutuhan mangan sehari – hari. Mangan sangat di butuhkan tubuh untuk memecah glukosa menjadi energi dan pembentukan lemak dari asam lemak. Selain itu mangan sangat berperan penting dalam pembentukan superoksida dismutase ( SOD ), yaitu enzim di dalam tubuh yang berperan sebagai antioksidan alami.

53. Kalium 
Kandungan kalium pada buah nanas juga sangat baik. Kalium sangat di perlukan untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida di dalam darah. Kalium juga bermanfaat memicu kerja otot  dan simpul saraf. Dengan adanya kalium yang tinggi pada tubuh maka pengiriman oksigen ke otak akan berjalan dengan lancar.

54. Enzim Bromelin
Nanas segar kaya akan kandungan bromelin, bromelin termasuk ke dalam sulfur yang mengandung proteolitik. Enzim ini sangat berguna dalam pencernaan dan pereduksi peradangan. Enzim bromelin ini sangat efektif mengatasi sinusitis akut, artritis, dan asam urat.

Enzim bromelin ini sudah lama di gunakan untuk mengempukan daging. Selain terdapat pada daging buah nanas, bromelin juga terdapat pada batang buah nanas. Kandungan enzim bromelin meningkat dengan bertambah matangnya buah nanas. Bagian nanas yang lebih banyak kandungan bromelin terdapat pada bagian tengah buah nanas yang sedikit keras. Selain itu, bagian daun, kulit, tangkai juga terdapat kandungan bromelin dengan jumlah yang berbeda – beda.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa, pada buah nanas  terdapat CCS DAN CCZ didalam enzim bromelin. CCS sangat berperan penting untuk mereduksi 30 persen sel kanker, sedangkan CCZ  berperan penting dalam meningkatkan imunitas tubuh dan mengeliminasi sel kanker. Jadi dua komponen ini sangat berperan sebagai anti tumor.

55. Thiamin
Thiamin sangat berperan penting dalam metabolisme tubuh, khususnya dalam penguraian karbohidrat menjadi energi, serta bersama – sama dengan mangan sebagai ko-faktor dalam pembentukan antioksidan.

56. Luka bakar, gatal, bisul
Ambil beberapa helai daun nanas, cuci sampai bersih lalu tumbuk hingga halus. Balurkan pada bagian kulit yang sakit.

57. Keseleo atau memar
Sediakan 1 buah nanas matang, kupas, cuci bersih, potong-potong seperlunya. Jus potongan nanas tadi, dan minum airnya sekaligus.

58. Mencegah penyakit kanker
Selain melindungi jantung, buah nanas juga Bisa membantu mencegah datangnya penyakit kanker. Ya, kandungan didalamnya Bisa membantu menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Selain itu, buah nanas juga akan menangkal radikal bebas yang kemungkinan Bisa menyebabkan penyakit kanker.

59. Untuk kesehatan mata
Selain untuk menguatkan tulang, buah nanas juga Bisa kalian manfaatkan untuk menjaga supaya mata kalian tetap sehat. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A di buah nanas yang bagus untuk kesehatan mata. Rutinlah mengkonsumsi buah nanas supaya kesehatan mata tetap terjaga.

60. Aspartic acid 
yang berfungsi sebagai asam amino di dalam tubuh sehingga membantu proses metabolisme tubuh. Asam ini juga membantu membuang asam amonia di dalam tubuh, yang merupakan racun berbahaya bagi sistem saraf pusat. Kandungan serat pada buah nanas juga dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit. Penelitian bahkan menyebutkan nanas mempunyai asam amino esensial dan non esensial untuk membantu memperkuat sistem imun dalam tubuh, mengatasi kelelahan dan meningkatkan stamina dan energi

61. Melancarkan buang air besar
Kandungan vitamin C pada nanas mampu memperbaiki sistem pencernaan yang berfungsi mencegah sembelit. Jika anda rajin makan sepotong buah nanas setiap hari, maka setiap pagi akan buang air besar secara rutin dan teratur.

62. Melancarkan air kencing
Kandungan serat dan lemak tak jenuh tunggal pada nanas dapat membantu ginjal sebagai alat ekskresi untuk melancarkan ekskresinya terhadap zat zat sisa metabolisme yang mengandung urea menuju kandung kemih berupa cairan asam yang tidak digunakan lagi oleh tubuh yaitu menjadi urin.

63. Menghancukan penggumpalan trombosit (Agregasi platelet)
Ketika jumlah sel darah merah anda berkurang maka tubuh akan mengalami penurunan daya tahan tubuh dan mudah terserang infeksi karena  aktifitas Penggumpalan darah tidak bisa terjadi yang menyebabkan pendarahan. tetapi  jika penggumpalan trombosit terjadi terlalu berlebihan akan menyumbat aliran darah. Kandungan zat besi dan mangan yang ada pada nanas akan membantu menghancurkan penggumpalan trombosit dengan cepat.

64. Mengurangi asam lambung dan anti peradangan
Enzim Bromelain dan lemak tak jenuh ganda serta serat yang ada pada nanas mampu menurunkan kadar asam berlebih dalam lambung dan mencegah adanya peradangan di dinding lambung.

65. Mengobati keseleo dan memar
Ketika orang terdekat anda menderita memar maupun keseleo, buah nanas ini dapat mengobatinya dengan cara mengupas satu buah nanas yang sudah masak kemudian dicuci bersih dan dijadikan jus kemudian minum air jus buah nanas tersebut sekaligus. Lakukan hal tersebut beberapa kali sampai rasa sakit keseleo dan memar itu hilang. Karena, buah nanas muda memiliki manfaat untuk menguatkan tulang.

67. Mengurangi lemak perut
Nanas merupakan salah satu buah yang dapat Anda konsumsi sebagai menu diet Anda. Selain rasanya yang segar, nanas dipercaya dapat mengurangi lemak yang bersarang diperut. Buah bersisik ini mengandung enzim bromelanin yang mambantu pencernaan dalam usus untuk mencerna lemak pada makanan yang kita makan. Selain itu enzim bromelanin dapat mengontrol nafsu makan sehingga Anda tidak akan cepat merasa lapar serta meningkatkan ekskresi lemak. Ditambah lagi nanas termasuk dalam makanan yang katabolik, yang artinya tubuh akan mengeluarkan kalori lebih banyak untuk mencerna buah nanas daripada kandungan kalori yang tersimpan dalam buah nanas, sehingga sangat baik dikonsumsi dalam upaya mengurangi lemak tubuh

68. Kandungan vitamin B1 
Di dalam buah nanas berfungsi untuk mengubah gula darah menjadi energi.

69. Manfaat lainnya yaitu nanas dapat meningkatkan kualitas sper-ma bagi para pria.

70. Manfaat lain buah nanas yaitu dapat membantu dalam pertumbuhan tulang.

71. Manfaat Buah Nanas Penyakit Lainya
Selain itu, enzim tersebut juga memiliki manfaat yang lainnya, seperti mengurangi tekanan darah, anti radang, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas.

Tidak hanya itu, enzim tersebut juga dapat menghilangkan cacing yang berada di dalam tubuh yang tentunya amat merugikan karena layaknya parasit. Parasit tersebut nantinya akan dibuang bersama denagn feces ketika buang air besar.

Selain itu juga, buah nanas ini juga mengandung mangan yang berfungsi sebagai pemecah asam amino dari protein. Dengan terurainya asam amino dari protein dan kandungan vitamin B dari buah bersisik tersebut maka energi yang dihasilkan akan semakin meningkatkan stamina tubuh.

mangan tersebut juga dapat berfungsi sebagai antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh kita, karena memiliki sifat karsiogenik atau dengan kata lain dapat menyebabkan kanker.

Buah nanas juga ternyata dapat menstabilkan kadar gula darah, sehingga buah ini sangat baik dikonsumsi bagi para penderita penyakit kencing manis.

Dengan mengkonsumsinya secara rutin, misalnya 1 hari 1 buah maka kemungkinan penurunan kadar kolesterol jahat dan gula darah akan turun secara signifikan.

Tetapi alangkah baiknya, bagi anda para penderita diabetes yang juga memiliki kadar kolesterol yang tinggi sebaiknya anda mengkonsultasikan apakah buah tersebut cocok atau tidak untuk anda konsumsi.

buah nanas juga dapat menguatkan tulang. Ini karena mangan yang terkandung di dalam buah tersebut.

Mineral tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk membuat tulang dan jaringan ikat. Hanya dengan mengkonsumsinya secangkir saja sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan mangan pada tubuh hingga mencapai 73% setiap harinya.

Untuk para remaja yang gemar memakan nanas maka dapat meningkatkan pembentukan dari sel tulang, sedangkan pada orang tua akan berfungsi untuk menguatkan tulang.

Itulah Manfaat Buah Nanas yang tidak hanya sebagai obat kolesterol saja, melainkan juga memiliki segudang manfaat yang lain yang juga tidak kalah penting dengan untuk menjaga kesehatan. Selain itu, buah bersisik tersebut juga sangat bagus untuk kesehatan gusi gigi anda.

Jika kesehatan gusi tidak terganggu maka kesehatan gigi pun juga demikian. Oleh karena itu, konsumsilah buah bersisik ini secara rutin karena memang memiliki manfaat yang tidak dapat dihitung banyaknya untuk menjaga kesehatan anda dan keluarga anda.

Berikut adalah manfaat kesehatan bromelain yang ada pada buah nanas

1. Bromelain efisien menjaga kesehatan jantung karena mengurangi pembentukan abnormal bekuan darah dan terjadinya plak di arteri.

2. Bromelain memiliki sifat anti-koagulan yang membantu mengurangi pembentukan gumpalan darah beku dalam pembuluh darah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Karena kemampuannya memecah protein, bromelain berguna memecah protein dalam jaringan yang bengkak sehingga mengurangi kejang otot.

4. Karena sifat analgesik dan anti-inflamasi, bromelain bermanfaat untuk pasien rematik. Enzim ini meningkatkan penyerapan sulfur dan glukosamin yang penting untuk memperbaiki sendi.

5. Dalam kasus ligamen robek, bromelain membantu mempercepat pemulihan sekaligus mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

6. Penyakit kulit yang berhubungan dengan peradangan kulit atau sensasi rasa gatal seperti pruritus dapat secara efektif disembuhkan dengan bromelain.

7. Bromelain juga digunakan dalam produk untuk menyembuhkan luka bakar pada kulit sekaligus menghilangkan sel-sel kulit mati.

8. Sifat anti-inflamasi bromelain membantu menyingkirkan akumulasi lendir pada saluran pernapasan bagian atas sehingga mengurangi risiko penyakit seperti sinusitis dan bronkitis.

9. Bromelain membantu menyembuhkan penyakit Peyroni dengan memecah kolagen yang bertanggung jawab pada pembentukan jaringan parut.

10. Dengan memecah protein dalam perut, bromelain membantu meringankan sakit perut dan juga menyembuhkan masalah pencernaan.

11. Studi menemukan bahwa bromelain mampu mengurangi aktivitas sel kanker. Pada beberapa hewan, bromelain efektif mengobati beberapa bakteri dan virus secara efektif.

12. Penelitian juga menunjukkan bromelain berguna sebagai pengobatan untuk gangguan autoimun dan mengobati infeksi saluran kemih.

Tabel Komposisi Gizi Per 100 Gram Buah Nanas
Kandungan Gizi
Nilai Gizi
Energi
Protein
Lemak
Karbohidrat
Serat Pangan
Gula
Kalsium
Besi
Magnesium
Fosfor
Kalium
Natrium
Seng
Tembaga
Mangan
Selenium
Vitamin C
Thiamin
Riboflavin
Niasin
Vitamin B6
Folat
Vitamin B12
Vitamin A
Retinol
Vitamin E
Vitamin K
48 kkal
0,54 gram
0,12 gram
12,63 gram
1,4 gram
9,26 gram
13 mg
0,28 mg
12 mg
8 mg
115 mg
1 mg
0,1 mg
0,1 mg
1,18 mg
0,1 mg
36,2 mg
0,08 mg
0,03 mg
0,49 mg
0,11 mg
15 mkg
0 mkg
56 IU
0 mkg
0,02 mg
0,7 mcg

Efek samping buah nanas

Meskipun buah nanas mempunyai banyak manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan, namun bukan berarti nanas tak mempunyai efek samping. Berikut ini beberapa efek samping buah nanas untuk kesehatan bila dikonsumsi Lebih atau dikonsumsi sebelum sarapan :

1. Menggugurkan kandungan.
Nanas muda berpotensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan. Makanya, nanas sering digunakan untuk mengatasi haid yang terlambat. Wanita hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi nanas muda.

2. Memicu rematik.
Di dalam saluran cerna, buah nanas terfermentasi menjadi alkohol. Ini bisa memicu kekambuhan rematik gout. Penderita rematik dan radang sendi dianjurkan untuk membatasi konsumsi nanas.

3. Meningkatkan gula darah
Gula darah atau glukosa akan meningkat secara drastis kalau mengkonsumsi nanas dalam jumlah yang banyak. Hati-hati, karena gula darah bisa saja mengakibatkan diabetes yang sangat berbahaya bagi keutuhan tubuh anda. Perasaan lemas, adalah salah satu ciri dari banyaknya gula darah atau kurangnya gula darah dalam tubuh.

4. Menimbulkan rasa gatal
Terkadang sehabis makan nanas segar, mulut dan lidah terasa gatal. Untuk menghindarinya sebelum dimakan, rendamlah potongan buah nanas dengan air garam.

5. Menyebabkan alergi
Makan nanas terlalu banyak Bisa juga Bisa menyebabkan alergi di mulut atau bibir kalian. Mulut akan terasa gatal-gatal apabila dipaksakan mengkonsumsi nanas Lebih. Bahkan efek yang lebih fatal yaitu wajah akan terlihat kemerahan karena kelebihan mengkonsumsi nanas.

6. Menyebabkan sakit kepala
Terlalu banyak makan nanas juga Bisa menyebabkan sakit kepala. bila mengkonsumsi terlalu banyak buah nanas dengan cara perlahan kepala kalian akan pusing. Sama seperti saat kalian mengkonsumsi buah durian dengan cara Lebih.

7. Menyebabkan penyakit encok atau rheumatik
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dijelaskan bahwa buah nanas juga Bisa menyebabkan penyakit rheumatik atau biasa disebut dengan encok. Sebab, nanas berfrementasi menjadi alkohol setelah ada didalam tubuh. Akan lebih parah lagi bila sebelumnya sudah mengidap penyakit encok ini.

8. Kelebihan vitamin C
Efek negatif lain dari mengkonsumsi buah nanas adalah mendapatkan kelebihan vitamin C. Vitamin C yang lebih dalam tubuh juga akan berefek tidak baik. Biasanya kalau kandungan vitamin C berlebihan maka tubuh akan bereaksi dengan terjadinya diare, mual, sakit perut, pusing, rasa panas di dada, juga susah tidur.

9. Berefek dengan obat tertentu
Selanjutnya, efek samping mengkonsumsi buah nanas adalah memberikan reaksi tertentu apabila dikonsumsi bersamaan atau beriringan dengan obat lainnya, seperti antibiotik, antikoagulan, antikejang, obat penenang, benzodiazepine, pengencer darah, obat insomnia, dan tricyclic antidepressant. Hasilnya, tubuh akan mendapatkan respon masalah kesehatan. Masalahnya akan berbeda pada setiap orang, tergantung kondisi tubuh masing-masing.

Namun, ada cara untuk mentralkan kondisi ini pada buah nanas, yaitu mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak.

10. Mempercepat kontraksi rahim
Nanas mempunyai kandungan alkohol yang bersifat panas yang mampu menginduksi tenaga atau mempercepat kontraksi rahim secara alami dan cepat.

11. Menyebabkan Bayi Lahir prematur
Kandungan yang ada pada nanas dapat menjadi Penyebab bayi lahir prematur jika mengkonsumsinya secara berlebihan dan setiap hari. 

12. Menyebabkan diare dan demam
Nanas dapat menyebabkan ibu hamil terserang diare dan demam yang mengakibatkan tubuh menjadi lemas dan lunglai karena kekurangan cairan.

13. Menyebabkan Bayi keracunan
Menyebabkan keracunan pada bayi karena zat asam, gas dan alkohol yang ada pada air nanas dapat meracuni bayi yang organ tubuhnya yang sangat sensitif dan mudah luka.

9. Menyebabkan Bayi mengejan
Menyebabkan bayi dalam kandungan mengejan dan kejang akibat tubuhnya kepanasan dan merasa ditekan oleh serangan zat alkohol yang ada pada nanas yang mengakibatkan ibu hamil merasa kesakitan pada rahim.

10. Asam lambung naik
Meningkatkan asam lambung pada ibu hamil sehingga dapat menyebabkan mual, mulas berkepanjangan, muntah dan nyeri pada perut.

11.  Alergi dan infeksi
Mengkonsumsi terlalu banyak nanas berpotensi menyebabkan  alergi gatal gatal pada perut ibu hamil dan mudah menimbulkan infeksi pada bagian kulit lain, hal ini akan terjadi jika kulit ibu sensitif terhadap zat yang ada pada nanas.

12. Pergerakan bayi terhenti
Mengkonsumsi nanas muda yang mengandung banyak enzim Bromelain berpotensi  memperlambat lalu menghentikan pergerakan janin dalam rahim yang bisa menjadi tanda bahwa bayi telah gugur dalam kandungan.

13. Tubuh bayi kecil
Dapat menyebabkan pertumbuhan tubuh janin tidak mengalami perubahan dan mengalami penurunan berat badan dan kecil.

14. Bayi tidak memiliki rambut
Menyebabkan rambut bayi rontok dan terhambat pertumbuhannya, sehingga ketika dilahirkan kepalanya tidak tumbuh rambut juga pada alis serta bulu bulu halus yang ada ditangan atau kakinya.

15. Ketuban pecah sebelum waktunya
Menyebabkan ketuban mengalami kebocoran atau pecah sebelum waktunya karena kantung yang menapung air ketuban tidak mampu menahan suhu panas dari kandungan alkohol yang ada pada air nanas.

16. Kesulitan melahirkan
Jika ibu hamil yang merasa kandungannya baik baik saja karena mengkonsumsi nanas, maka resiko terbesar yang harus dihadapi adalah ketika masa persalinan tiba,  ibu akan mengalami kesulitan melahirkan dan rasa nyri pada rahim yang tak tertahankan karena nanas telah melemahkan leher rahim dan membuatnya tidak kuat untuk mendorong bayi keluar.

17. Mengakibatkan Bayi cacat
Enzim bromelain pada nanas berpotensi membuat bayi lahir cacat, misalnya mempunyai kelainan jantung termasuk lemah jantung , terdapat cairan pada kepala hingga membuat ukurannya lebih besar daripada kepala orang dewasa dan lain lain.

18. Mengalami pendarahan
Enzim bromelain menyebabkan pendarahan pada ibu hamil tetapi bukan keguguran. Pendarahan yang terlalu banyak mengakibatkan ibu menjadi lemas bahkan pingsan karena Zat besi menjadi berkurang dan sel darah merahpun ikut berkurang. Biasanya pendarahan akan terjadi kembali pada hari hari berikutnya.

19. Bayi sungsang
Pada kehamilan yang memasuki bulan kesembilan janganlah mengkonsumsi nanas terlalu banyak karena hanya akan membuat pergerakan bayi tersendat sendat yang pada akhirnya tidak akan memutar kembali ketika posisi tubuhnya sungsang. Kondisi ini bisa bertahan sampai masa persalinan tiba.

20. Tubuh bayi kisut dan  kering
Hawa panas yang diakibatkan dari alkohol pada buah nanas dapat menyerap air dan minyak alami kulit bayi sehingga ketika dilahirkan tubuh bayi akan nampak kisut kisut seperti keriput dan kering seperti mengalami dehidrasi.

21. Nyeri sendi
Penderita arthritis atau nyeri sendi juga dianjurkan untuk tak makan buah berwarna kuning itu, karena bisa membuat rasa nyeri sendi makin bertambah parah.

22. Sinus memburuk
Penyakit sinus pun dapat menjadi lebih buruk apabila Anda makan buah nanas, sebab ia memicu produksi lendir di hidung dan tenggorokan.

23. Menambah buruk efek obat
Enzim bromelain yang ada dalam nanas juga bisa mempengaruhi efek beberapa jenis obat, misalnya antibiotik. Efek obat itu akan memburuk dan merusak jika Anda makan nanas sebelum atau sesudahnya.

Efek Samping Bromelain pada buah nanas

Overdosis suplemen bromelain, yang tersedia dalam bentuk tablet dan kapsul, dapat mengakibatkan berbagai efek samping, diantaranya:

1. Gangguan gastrointestinal
Ini adalah efek samping paling umum yang dialami akibat overdosis bromelain.

Efek samping meliputi mual, muntah, diare, palpitasi, gangguan pencernaan, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, nyeri otot, pusing, mengantuk, dan kelesuan.

Wanita dapat mengalami pendarahan rahim dan menstruasi berat. Itu sebab, disarankan orang dengan ulkus peptikum tidak mengonsumsi bromelain dalam bentuk apapun.

Orang dengan gangguan pencernaan juga harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan bromelain.

2. Reaksi alergi
Bromelain bisa memicu alergi kulit yang meliputi gatal-gatal, ruam kulit, dan pembengkakan kulit. Selain itu, seseorang juga dapat menderita masalah pernapasan dan tenggorokan terasa sesak.

3. Pendarahan berat
Bromelain secara teoritis mampu meningkatkan aliran darah. Jadi, orang yang menderita kelainan darah atau kelainan perdarahan dianjurkan tidak mengkonsumsi bromelain.

Bromelain juga tidak boleh diambil dua sampai tiga minggu sebelum operasi gigi dan operasi medis lain.

Hindari pemakaian bromelain saat hamil dan menyusui. Orang yang menderita penyakit hati dan penyakit ginjal juga harus menghindarinya.

4. Interaksi obat
Orang yang mengonsumsi pengencer darah atau obat antikoagulan dan anti platelet seperti warfarin, aspirin, heparin, bisulfat clopidogrel, ibuprofen, naproxen, dll dapat mengalami beberapa efek samping bromelain.

Efek samping bromelain juga terlihat pada orang yang mengonsumsi obat herbal seperti ginkgo biloba dan bawang putih.

Obat kemoterapi, antibiotik, obat tekanan darah tinggi, lorazepam benzodiazepin, diazepam, dan antidepresan juga dapat berinteraksi dengan suplemen bromelain.

Catatan penting :
  • Lebih baik ibu hamil tidak mengkonsumsi buah nanas selama masa kehamilan demi menjaga kesehatan nya sekaligus janin dalam kandungan. Mengkonsumsin buah lain yang lebih aman sangat dianjurkan, Jika ingin menyantap buah nanas tunggulah sampai 10 hari setelah masa persalinan
  • Banyak kejadian ibu hamil yang menjelang persalinan tinggal beberapa jam lagi sengaja mengkonsumsi nanas agar mempercepat kontraksi rahim secara alami dan cepat, karena buah nanas mempunyai kemampuan menginduksi tenaga. Hasil persalinan mereka berhasil dengan selamat dan tanpa masalah. 

Walaupun itu banyak dialami oleh ibu yang sudah melahirkan, lebih baik konsultasikan dahulu pada dokter ahli kandungan mengingat daya tahan tubuh dan kekuatan rahim ibu hamil pada tiap orang berbeda beda.

1. SEJARAH, KLASIFIKASI dan MORFOLOGI NANAS

1. Sejarah Tanaman
Nanas berasal dari Amerika Selatan, tepatnya di Brasil. Tanaman ini telah dibudidayakan penduduk pribumi disana sejak lama. Kemudian pada abad ke-16 orang Spanyol membawa nanas ini ke Filipina dan Semenanjung Malaysia, masuk ke Indonesia pada abad ke-15, (1599).

2. Klasifikasi dan Morfologi
Dalam klasifikasi atau sistematika tumbuhan (taksonomi), nanas termasuk dalam famili bromiliaceae. Kerabat dekat spesies nanas cukup banyak, terutama nanas liar yang biasa dijadikan tanaman hias, misalnya A. braceteatus (Lindl) Schultes, A. Fritzmuelleri, A. Adapun secara lengkap, klasifikasi tanaman 
Nanas adalah  sebagai berikut :
  1. Kingdom              : Plantae (tumbuh-tumbuhan)
  2. Divisi                   : Spermatophyta (tumbuhan berbiji)
  3. Kelas                   :  Angiospermae (berbiji tertutup)
  4. Ordo                    : Farinosae (Bromeliales)
  5. Famili                  : Bromiliaceae
  6. Genus                  : Ananas
  7. Species                : Ananas comosus (L) Merr.

Tanaman nanas berbentuk semak dan hidupnya bersifat tahunan (perennial). Tanaman nanas terdiri dari akar, batang, daun, batang, bunga, buah dan tunas-tunas. Akar nanas dapat dibedakan menjadi akar tanah dan akar samping, dengan sistem perakaran yang terbatas Akar-akar melekat pada pangkal batang dan termasuk berakar serabut (monocotyledonae). Kedalaman perakaran pada media tumbuh yang baik tidak lebih dari 50 cm, sedangkan di tanah biasa jarang mencapai kedalaman 30 cm .

Batang tanaman nanas berukuran cukup panjang 20-25 cm atau lebih, tebal dengan diameter 2,0 -3,5 cm, beruas-ruas (buku-buku) pendek.  Batang sebagai tempat melekat akar, daun bunga, tunas dan buah, sehingga secara visual batang tersebut tidak nampak karena disekelilingnya tertutup oleh daun. Tangkai bunga atau buah merupakan perpanjangan batang .

Daun nanas panjang, liat dan tidak mempunyai tulang daun utama.  Pada daunnya ada yang tumbuh dari duri tajam dan ada yang tidak berduri.  Tetapi ada pula yang durinya hanya ada di ujung daun. Duri nanas tersusun rapi menuju ke satu arah menghadap ujung daun .

Daun nanas tumbuh memanjang sekitar 130-150 cm, lebar antara 3-5 cm atau lebih, permukaan daun sebelah atas halus mengkilap berwarna hijau tua atau merah tua bergaris atau coklat kemerah-merahan. Sedangkan permukaan daun bagian bawah berwarna keputih-putihan atau keperak-perakan. Jumlah daun tiap batang tanaman sangat bervariasi antara 70-80 helai yang tata letaknya seperti spiral, yaitu mengelilingi batang mulai dari bawah sampai ke atas arah kanan dan kiri .

Nanas mempunyai rangkaian bunga majemuk pada ujung batangnya. Bunga bersifat hermaprodit dan berjumlah antara 100-200, masing-masing berkedudukan di ketiak daun pelindung. Jumlah bunga membuka setiap hari, berjumlah sekitar 5-10 kuntum.  Pertumbuhan bunga dimulai dari bagian dasar menuju bagian atas memakan waktu 10-20 hari. Waktu dari menanam sampai terbentuk bunga sekitar 6-16 bulan.

Pada umumnya pada sebuah tanaman atau sebuah tangkai buah hanya tumbuh satu buah saja. Akan tetapi, karena pengaruh lingkungan dapat pula membentuk lebih dari satu buah pada satu tangkai yang disebut multiple fruit ( buah ganda). Pada ujung buah biasanya tumbuh tunas mahkota tunggal, tetapi ada pula tunas yang tumbuh lebih dari satu yang biasa disebut multiple crown (mahkota ganda).

2. JENIS DAN SYARAT TUMBUH NANAS

1.  Jenis atau Varietas Nanas
Berdasarkan habitat tanaman, terutama bentuk daun dan buah dikenal 4 jenis golongan nanas, yaitu : Cayenne (daun halus, tidak berduri, buah besar), Queen (daun pendek berduri tajam, buah lonjong mirip kerucut), Spanyol/Spanish (daun panjang kecil, berduri halus sampai kasar, buah bulat dengan mata datar) dan Abacaxi (daun panjang berduri kasar, buah silindris atau seperti piramida). Varietas kultivar nanas yang banyak ditanam di Indonesia adalah golongan Cayene dan Queen. Golongan Spanish dikembangkan di kepulauan India Barat, Puerte Rico, Mexico dan Malaysia. Golongan Abacaxi banyak ditanam di Brazilia. Dewasa ini ragam varietas/kultivar nanas yang dikategorikan unggul adalah nanas Bogor, Subang dan Palembang.

2. Syarat Tumbuh
Daerah penyebaran nanas ialah 300 LU dan 300 LS dari khatulistiwa.  Tanaman nanas memerlukan beberapa persyaratan iklim yang harus dipenuhi agar dapat tumbuh baik. Faktor iklim ini mencakup curah hujan, ketinggian, kelembapan, suhu dan cahaya matahari.

Pada umumnya tanaman nanas ini toleran terhadap kekeringan serta memiliki kisaran curah hujan yang luas sekitar 1000-1500 mm/tahun. Akan tetapi tanaman nanas tidak toleran terhadap hujan salju karena rendahnya suhu. 0C.

Nanas tumbuh pada daerah dataran rendah dengan ketinggian 100-200 m di atas permukaan laut. Di daerah dataran tinggi, tanaman ini masih dapat tumbuh sampai ketinggian 1200 m dpl.  Pertumbuhan optimum tanaman nanas antara 100-700 m dpl.

Kelembapan tanah yang berlebihan pada awal pembungaan dapat menghambat pertumbuhan buah dan menghasilkan daun yang berlebihan. Sedangkan kelembapan yang berlebihan pada saat pembungaan akan menurunkan mutu. 

Suhu yang sesuai untuk budidaya tanaman nanas adalah 29-32 0C,  tetapi juga dapat hidup di lahan bersuhu rendah sampai 10.

Tanaman nanas dapat tumbuh dengan baik dengan cahaya matahari rata-rata 33-71% dari kelangsungan maksimumnya, dengan angka tahunan rata-rata 2000 jam.

3. Kesuburan Tanah
Pada umumnya hampir semua jenis tanah yang digunakan untuk pertanian cocok untuk tanaman nanas.  Meskipun demikian, lebih cocok pada jenis tanah yang mengandung pasir, subur, gembur dan banyak mengandung bahan organik serta kandungan kapur rendah

Kesuburan tanah dapat meningkatkan produktivitas, oleh karenanya tanah yang digunakan untuk menanam nanas sebaiknya memenuhi kriteria tanah subur.  Tanah yang subur terdiri atas hawa (udara) 25%, air 25 %, mineral 45%, dan bahan organic 5 %.  Atas dasar tersebut, maka kesuburan tanah dinilai atas dasar tinggi rendahnya kadar mineral (unsur hara essensia makro dan mikro) dan mudah sukarnya mineral diserap tanaman.

Derajat keasaman yang cocok adalah dengan pH 4,5-6,5. Tanah yang banyak mengandung kapur (pH lebih dari 6,5) menyebabkan tanaman menjadi kerdil dan klorosis. Sedangkan tanah yang asam (pH 4,5 atau lebih rendah) mengakibatkan penurunan unsur Fosfor, Kalium, Belerang, Kalsium, Magnesium, dan Molibdinum dengan cepat.

3. TEKNIK BUDIDAYA NANAS

1. Teknik Perbanyakan Tanaman.
Teknik perbanyakan tanaman nanas dapat dilakukan dengan cara vegetatif dan generatif. Cara vegetatif dapat digunakan adalah tunas akar, tunas batang, tunas buah, mahkota buah, stek batang dan dengan cara kultur in vitro.  Cara kultur in vitro biasanya digunakan untuk memproduksi bibit tanaman yang seragam dalam jumlah besar. Sedangkan cara generatif dengan biji yang ditumbuhkan dengan persemaian.Kualitas bibit yang baik harus berasal dari tanaman yang pertumbuhannya normal, sehat serta bebas dari hama dan penyakit.

Cara perbanyakan bibit tanaman nanas yang akan ditulis disini adalah  dari bibit tunas batang dan dari stek.

1. 1. Bibit Tunas Batang.
Adapun cara pembibitan dari tunas batang adalah sebagai berikut :

1). Memilih tunas batang yang akan digunakan untuk pembibitan. Tanaman nanas dalam keadaan sedang berbuah atau telah dipanen. Tunas batang yang baik adalah panjang 30-35 cm.

2). Kemudian memotong daun-daun dekat pangkal pohon, untuk mengurangi penguapan dan mempermudah pengangkutan, setelah itu biarkan selama beberapa hari di tempat teduh dan bibit siap angkut ke tempat penanaman langsung segera ditanam.

1.2. Bibit Nanas dari Stek.
Adapun cara pembibitan dari stek adalah sebagai berikut :

1). Memotong batang nanas yang sudah dipanen buahnya sepanjang 2,5 cm.
2). Membelah potongan  menjadi 4 bagian yang mengandung mata tunas
3). Potongan-potongan tersebut disemaikan dalam media pasir bersih
4). Setelah 3,5 bulan, bibit akan mencapai ketinggian 25-35 cm. maka bibit bisa langsung ditanam di kebun

2. Pembibitan Tanaman.
Adapun tahap-tahap pembibitan tanaman nanas adalah sebagai berikut :

1). Persemaian Tanaman.
Persemaian untuk nanas memerlukan perlakuan khusus. Langkah dalam menyiapkan media semai dalam bak persemaian berupa tepung (misalnya Rootone) pada permukaan belahan batang untuk mempercepat pertumbuhan akar. Belahan batang pada bak persemaian disemaikan sedalam 1,5 – 2,5 cm dan jarak tanam 5-10 cm. Kondisi media persemaian dijaga agar tetap lembab dan sirkulasi udara baik, dengan menutup bak persemaian dengan lembar plastic tembus cahaya (bening).
Stek batang nanas dibiarkan bertunas dan berakar. Tempat persemaian baru yang medianya disuburkan dengan pupuk kandang disiapkan. Campuran media berupa tanah halus, pasir dan pupuk kandang halus (1:1:1) atau pasir dengan pupuk kandang halus (1:1). Langkah terakhir adalah memindahtanamkan bibit nanas dari persemaian perkecambahan ke persemaian pembesaran bibit.

2). Pemeliharaan Bibit
Pemeliharaan pembibitan/persemaian penyiraman dilakukan secara berkala dijaga agar kondisi media tanam selalu lembab dan tidak kering supaya bibit tidak mati. Pemupukan dilakukan dengan pemberian pupuk kandang dengan perbandingan kadar yang sudah ditentukan. Penjarangan dan pemberian pestisida dapat dilakukan jika diperlukan.

3). Pemindahan Bibit
Pemindahan bibit dapat dilakukan jika ukuran tinggi bibit mencapai 25-30 cm atau berumur 3-5 bulan

3. Penanaman Tanaman.

1).  Pengolahan Media Tanam

a) Persiapan
Penanaman nanas dapat dilakukan pada lahan tegalan atau ladang. Waktu persiapan dan pembukaan lahan yang paling baik adalah disaat waktu musim kemarau, dengan membuang pepohonan yang tidak diperlukan. Pengolahan tanah dapat dilakukan pada awal musim hujan. Derajat keasaman tanah perlu diperhatikan karena tanaman nanas dapat tumbuh dengan baik pada pH sekitar 5,5. Jumlah bibit yang diperlukan untuk suatu lahan tergantung dari jenis nanas, tingkat kesuburan tanah dan ekologi pertumbuhannya.

b) Pembukaan Lahan
Untuk membuka suatu lahan, perlu dilakukan: membuang dan membersihkan pohon-pohon atau batu-batuan dari sekitar lahan kebun ke tempat penampungan limbah pertanian. Mengolah tanah dengan dicangkul/dibajak dengan traktor sedalam 30-40 cm hingga gembur, karena, bisa berakibat fatal pada produksi tanaman. Biarkan tanah menjadi kering minimal selama 15 hari agar tanah benar-benar matang dan siap ditanami.

c) Pembentukan Bedengan
Pembentukan bedengan dapat dilakukan bersamaan dengan pengolahan tanah untuk kedua kalinya yang sesuai dengan sistem tanam yang dipakai. Sistem petakan cukup dengan cara meratakan tanah, kemudian di sekililingnya dibuat saluran pemasukan dan pembuangan air. Sistem bedengan dilakukan dengan cara membuat bedengan-bedengan selebar 80-120 cm, jarak antar bedengan 90-150 cm atau variasi lain sesuai dengan sistem tanam. Tinggi petakan atau bedengan adalah antara 30-40 cm.

d) Pengapuran
Derajat kemasaman tanah yang sesuai untuk tanaman nanas adalah 4,5-6,5. Pengapuran tanah dilakukan dengan Calcit atau Dolomit atau Zeagro atau bahan kapur lainnya dengan cara ditaburkan merata dan dicampurkan dengan lapisan tanah atas terutama tanah-tanah yang bereaksi asam (pH dibawah 4,5). Dosis kapur disesuaikan dengan pH tanah, namun umumnya berkisar antara 2-4 ton/ha. Bila tidak turun hujan, setelah pengapuran segera dilakukan pengairan tanah agar kapur cepat melarut.

e) Pemupukan
Dalam penanaman nanas dilakukan pemberian pupuk kandang dengan dosis 20 ton per hektar. Cara pemberian: dicampurkan merata dengan lapisan tanah atas atau dimasukkan per lubang tanam. Juga digunakan pupuk anorganik NPK dan urea. Nitrogen (N) sangat diperlukan untuk pertumbuhan tanaman, fosfor diperlukan selama beberapa bulan pada awal pertumbuhan sedangkan Kalium diperlukan untuk perkembangan buah, khususnya nanas. Pupuk urea penggunaannya dikombinasikan dengan perangsang pembungaan.

4. Teknik Penanaman

a) Penentuan Pola Tanam
Pola tanam merupakan pengaturan tata letak tanaman dan urutan jenis tanaman dengan waktu tertentu, dalam kurun waktu setahun. Dalam teknik penanaman nanas ada beberapa sistem tanam, yaitu: sistem baris tunggal atau persegi dengan jarak tanam 150 x 150 cm baik dalam maupun antar barisan; 90 x 30 cm jarak dalam barisan 30 cm, dan jarak antar barisan adalah 90 cm. Sistem baris rangkap dua dengan jarak tanam 60 x 60 cm, dan jarak antar barisan sebelah kiri dan kanan dari 2 barisan adalah 150 cm dan jarak tanam 45 x 30 cm, dan jarak antar barisan tanaman sebelah kiri dan kanan dari 2 barisan tanaman adalah 90 cm. Sistem baris rangkap tiga dengan jarak tanam 30 x 30 cm membentuk segitiga sama sisi dengan jarak antar barisan sebelah kiri/ kanan dari 3 barisan tanaman: 90 cm dan jarak tanam 40 x 30 cm dengan jarak antar barisan sebelah kiri/kanan dari 3 barisan adalah 90 cm serta sisitem baris rangkap empat dengan jarak 30 x 30 cm dan jarak antar barisan sebelah kiri/kanan dari 4 barisan tanaman 90 cm.

b) Pembuatan Lubang Tanam
Pembuatan lubang tanam pada jarak tanam yang dipilih sesuai dengan system tanam. Ukuran lubang tanam: 30 x 30 x 30 cm. Untuk membuat lubang tanam digunakan pacul, tugal atau alat lain.

c) Cara Penanaman
Penanaman yang baik dilakukan pada awal musim hujan. Langkah-langkah yang dilakukan: (1) membuat lubang tanam sesuai dengan jarak dan sistem tanam yang dipilih; (2) mengambil bibit nanas sehat dan baik dan menanam bibit pada lubang tanam yang tersedia masing-masing satu bibit per lubang tanam; (3) tanah ditekan/dipadatkan di sekitar pangkal batang bibit nanas agar tidak mudah roboh dan akar tanaman dapat kontak langsung dengan air tanah; (4) dilakukan penyiraman hingga tanah lembab dan basah; (5) penanaman bibit nanas jangan terlalu dalam, 3-5 cm bagian pangkal batang tertimbun tanah agar bibit mudah busuk.

5.  Pemeliharaan Tanaman

a) Penjarangan dan Penyulaman
Penjarangan nanas tidak dilakukan karena tanaman nanas spesifik dan tidak berbentuk pohon. Kegiatan penyulaman nanas diperlukan, sebab ceding-ceding bibit nanas tidak tumbuh karena kesalahan teknis penanaman atau faktor bibit.

b) Penyiangan
Penyiangan diperlukan untuk membersihkan kebun nanas dari rumput liar dan gulma pesaing tanaman nanas dalam hal kebutuhan air, unsur hara dan sinar matahari. Rumput liar sering menjadi sarang dari dan penyakit. Waktu penyiangan tergantung dari pertumbuhan rumput liar di kebun, namun untuk menghemat biaya penyiangan dilakukan bersamaan dengan kegiatan pemupukan. Cara penyiangan  dilakukan  dengan mencabut  rumput dengan tangan/kored/cangkul. Tanah di sekitar bedengan digemburkan dan ditimbunkan pada pangkal batang nanas sehingga membentuk guludan.

c) Pembubunan
Pembubunan diperlukan dalam penanaman nanas, dilakukan pada tepi bedengan yang seringkali longsor ketika diairi. Pembubunan sebaiknya mengambil tanah dari selokan atau parit di sekeliling bedengan, agar bedengan menjadi lebih tinggi dan parit menjadi lebih dalam, sehingga drainase menjadi normal kembali. Pembubunan berfungsi untuk memperbaiki struktur tanah dan akar yang keluar di permukaan tanah tertutup kembali sehingga tanaman nanas berdiri kuat.

d) Pemupukan
Pemupukan dilakukan setelah tanaman berumur 2-3 bulan dengan pupuk buatan. Pemupukan susulan berikutnya diulang tiap 3-4 bulan sekali sampai tanaman berbunga dan berbuah. Jenis dan dosis pupuk yang digunakan adalah:

a) Pupuk NPK tablet (Pamafert)

Bentuk pupuk berupa tablet, berat 4 gram setiap tablet. Dosis anjuran satu tablet tiap tanaman

b) Pupuk tunggal berupa campuran ZA, TSP, atau SP-36 dan KCl
1. Dosis anjuran 1: ZA 100 kg + TSP atau SP-36 60 kg + KCl 50 kg per
hektar. Pupuk susulan diulang setiap 4 bulan sekali dengan dosis yang
sama.

2. Dosis anjuran 2: mulai umur 3 bulan setelah tanam dipupuk dengan
ZA 125 kg atau urea 62,5 kg + TSP atau SP-36 75 kg/ha. Pada umur 6

Bulan dipupuk kandang 10 ton/ha.

Cara pemberian pupuk dibenamkan/dimasukkan ke dalam parit sedalam 10-15 cm diantara barisan tanaman nanas, kemudian tutup dengan tanah. Cara lain: disemprotkan pada daun terutama pupuk Nitrogen dengan dosis 40 gram Urea per liter atau ± 900 liter larutan urea per hektar.

e) Pengairan dan Penyiraman
Sekalipun tanaman nanas tahan terhadap iklim kering, namun untuk pertumbuhan tanaman yang optimal diperlukan air yan cukup. Pengairan /penyiraman dilakukan 1-2 kali dalam seminggu atau tergantung keadaan cuaca. Tanaman nanas dewasa masih perlu pengairan untuk merangsang pembungaan dan pembuahan secara optimal. Pengairan dilakukan 2 minggu sekali. Tanah yang terlalu kering dapat menyebabkan pertumbuhan nanas kerdil dan buahnya kecil-kecil. Waktu pengairan yang paling baik adalah sore dan pagi hari dengan menggunakan mesin penyemprot atau embrat.

4. HAMA DAN PENYAKIT

1. Hama
a).  Penggerek buah (Thecla basilides Geyer)

Ciri:

Kupu-kupu berwarna coklat dan kupu-kupu betina meletakkan telurnya pada permukaan buah, kemudian menetas menjadi larva; bentuk larva pada bagian tubuh atas cembung, bagian bawah datar dan tubuh tertutup bulu-bulu halus pendek.

Gejala:

Menyerang buah dengan cara menggerek/melubangi daging buah; buah nanas yang diserang hama ini berlubang dan mengeluarkan getah, kemudian membusuk karena diikuti serangan cendawan atau bakteri.

Pengendalian:

(1) Non kimiawi dengan menjaga kebersihan kebun serta membuang bagian tanaman yang terserang hama;

(2) Kimiawi dengan menyemprot insektisida yang mangkus dan sangkil, seperti Basudin 60 EC atau Thiodan 35 EC pada konsentrasi yang dianjurkan.

b).  Kumbang (Carpophilus hemipterus L.)

Ciri:

Berupa kumbang kecil, berwarma coklat/hitam; larva berwarna putih kekuningan, berambut tipis, bentuk langsing berkaki 6.

Gejala:

Menyerang tanaman nanas yang gluka sehingga bergetah dan busuk oleh mikroorganisme lain (cendawan dan bakteri).

Pengendalian:

Dilakukan dengan menjaga kebersihan kebun dan pemberian insektisida.

3) Lalat buah (Atherigona sp.)

Ciri:

Lalat berukuran kecil, meletakkan telur pada bekas luka bagian buah, kemudian menjadi larva berwarna putih.

Gejala:

merusak/ memakan daging buah hingga menyebabkan busuk lunak.
Pengendalian:

(1) non kimiawi dengan menjaga kebersihan kebun, membuang buah yang terserang lalat buah;

(2) kimiawi dengan cara disemprot insektisida yang mangkus dan sangkil, seperti Thiodan 35 EC atau Basudin EC pada konsentrasi yang dianjurkan.

4) Thrips (Holopothrips ananasi Da Costa Lima)

Ciri:

Tubuh thrips berukuran sangat kecil panjang sekitar 1,5 mm, berwarna coklat, dan bermata besar.

Gejala:

menyerang tanaman dengan cara menghisap cairan sel daun sehingga menimbulkan bintik-bintik berwarna perak; pada tingkat serangan yang berat menyebabkan pertumbuhan tanaman muda terhambat.

Pengendalian:

(1) secara non kimiawi dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan kebun dan mengurangi ragam tanaman inang;

(2) secara kimiawi dilakukan dengan penyemprotan insektisida: Mitac 200 EC atau Dicarol 25 SP pada konsentrasi yang dianjurkan.

5) Sisik (Diaspis bromeliae Kerne)

Ciri:
Serangga berukuran kecil diameter ± 2,5 mm, bulat dan datar, berwarna putih kekuningan/keabu-abuan, bergerombol menutupi buah dan daun, sehingga menyebabkan ukuran buah kecil dan pertumbuhan tanaman terhambat.

Pengendalian:

Dapat disemprot dengan insektisida Decis 2,5 EC atau Curacron 500 EC pada konsentrasi yang dianjurkan.

6) Ulat buah (Tmolus echinon L)

Ciri:

Serangga muda/dewasa berupa kupu-kupu berwarna coklat serta larva/ulat tertutup rambut halus dan kepalanya kecil.

Gejala:

menyerang buah nanas dengan cara menggerek dan membuat lubang yang menyebabkan buah berlubang, bergetah dan sebagian buah memotong bagian tanaman yang terserang berat.

Pengendalian :

dilakukan dengan mengumpulkan/membunuh ulat secara mekanis, serta disemprot insektisida: Buldok 25 EC atau Thiodan 35 EC pada konsentrasi yang dianjurkan

7) Hama lain:

rayap, tikus, nematoda, bintil akar dan kutu tepung jeruk juga kadang- kadang menyerang tanaman nanas.

2. Penyakit

1).  Busuk hati dan busuk akar

Penyebab:
Cendawan Phytophthora parasitica Waterh dan P. cinnamomi Rands. Penyakit busuk hati disebut hearth rot, sedangkan busuk akar dinamakan root rot. Penyebaran penyakit dibantu bermacam-macam tanaman inang, air yang mengalir, alat-alat pertanian, curah hujan tinggi, tanah yang mengandung bahan organik dan kelembaban tanah tinggi antara 25-35 derajat C.

Gejala:

Pada daun terjadi perubahan warna menjadi hijau belang-belang kuning dan ujungnya nekrotis; daun-daun muda mudah dicabut bagian pangkalnya membusuk dengan bau busuk berwarna coklat, dan akhirnya tanaman mati; pembusukan pada system perakaran.

Pengendalian:

(1) non kimiawi dilakukan dengan cara perbaikan drainase tanah, mengurangi kelembapan sekitar kebun, dan memotong/mencabut tanaman yang sakit;

(2) kimiawi dengan pencelupan bibit dalam larutan fungisida sebelum tanam, seperti Dithane M-45 atau Benlate.

2) Busuk pangkal

Penyebab:

cendawan Thielaviopsis paradoxa (de Seyn) Hohn atau Ceratocystis paradoxa (Dade) C. Moreu. Penyakit ini sering disebut base rot. Penyebaran penyakit dibantu tanaman inangnya, adanya luka-luka mekanis pada tanaman, angin, hujan dan tanah. Gejala:
pada bagian pangkal batang, daun, buah dan bibit menampakkan gejala busuk lunak berwarna coklat atau hitam, berbau khas, atau bercak-bercak putih kekuning-kuningan.

Pengendalian:

(1) non kimiawi dengan melakukan penyimpanan bibit sementara sebelum tanamn agar luka cepat sembuh, menanam bibit pada cuaca kering, dan menghindari luka-luka mekanis;

(2) kimiawi dengan perendaman bibit dalam larutan fungisida Benlate.

3) Penyakit Lain

Penyakit adalah busuk bercak gabus pada buah disebabkan oleh cendawan Pinicillium funiculosum Thom, busuk bibit oleh cendawan Pythium sp., layu dan bercak kuning oleh virus yang belum diketahui secara pasti jenisnya.

Pengendalian:

Harus dilakukan secara terpadu, meliputi penggunaan bibit yang
sehat, perbaikan kultur teknik budidaya secara intensif, pemotongan/pencabutan
dan pemusnahan tanaman yang sakit.

3. Gulma
Penurunan produksi nanas dapat disebabkan oleh banyak dan dominannya gulma karena pemberian mulsa yang kurang baik sehingga pertumbuhan rumput subur.

5. PANEN DAN PASCA PANEN NANAS

1. Panen

1). Ciri dan Umur Panen
Panen buah nanas dilakukan setelah nanas berumur 12-24 bulan, tergantung dari jenis bibit yang digunakan. Bibit yang berasal dari mahkota bunga berbuah pada umur 24 bulan, hingga panen buah setelah berumur 24 bulan. Tanaman yang berasal dari tunas batang dipanen setelah umur 18 bulan, sedangkan tunas akar setelah berumur 12 bulan. Ciri-ciri buah nanas yang siap dipanen:

a) Mahkota buah terbuka.
b) Tangkai ubah mengkerut.
c) Mata buah lebih mendatar, besar dan bentuknya bulat.
d) Warna bagian dasar buah kuning.
e) Timbul aroma nanas yang harum dan khas.

2). Cara Panen
Tata cara panen buah nanas: memilih buah nanas yang menunjukkan tanda-tanda siap panen. Pangkal tangkai buah dipotong secara mendatar/miring dengan pisau tajam dan steril. Pemanenan dilakukan secara hati-hati agar tidak rusak dan memar.

3). Periode Panen
Tanaman nanas dipanen setelah berumur 12-24 bulan. Pemanenan buah nanas dilakukan bertahap sampai tiga kali. Panen pertama sekitar 25%, kedua 50%, dan ketiga 25% dari jumlah yang ada. Tanaman yang sudah berumur 4-5 tahun perlu diremajakan karena pertumbuhannya lambat dan buahnya kecil. Cara peremajaan adalah membongkar seluruh tanaman nanas untuk diganti dengan bibit yang baru. Penyiapan lahan sampai penanaman dilakukan seperti cara bercocok tanam pada lahan yang baru.

4). Prakiraan Produksi
Potensi produksi per hektar pada tanaman nanas yang dibudidayakan intensif dapat mencapai 38-75 ton/hektar. Pada umumnya rata-rata 20 ton/hektar, tergantung jenis
nanas dan sistem tanam.

2. Pascapanen

Buah nanas termasuk komoditi buah yang mudah rusak, susut dan cepat busuk. Oleh karena itu, setelah panen memerlukan penanganan pascapanen yang memadai.

1. Pengumpulan
Setelah panen dilakukan pengumpulan buah ditempat penampungan hasil atau gudang sortasi.

2. Penyortiran dan Penggolongan
Kegiatan sortasi dimulai dengan memisahkan buah yang rusak, memar, busuk, atau mentah secara tersendiri dari buah yang bagus dan normal. Klasifikasi buah berdasarkan bentuk dan ukuran yang seragam, jenis maupun tingkat kematangannya.

3. Penyimpanan
Penyimpanan dilakukan jika harga turun, sehingga untuk menunggu harga naik maka dilakukan penyimpanan. Buah nanas biasanya disimpan dalam peti kemas dalam ruangan dingin yang suhunya sekitar 5 derajat C.

4. Pengemasan dan Pengangkutan
Kegiatan pengemasan dimulai dengan mengeluarkan buah nanas dari lemari pemeraman, lalu dipilih (sortasi) berdasarkan tingkat kerusakannya agar seragam. Kemudian buah nanas dibungkus dengan kertas pembungkus lalu dikemas dalam keranjang bambu atau peti kayu atau dos karton bergelombang. Ukuran wadah pengemasan 60 x 30 x 30 cm yang diberi lubang ventilasi. Proses pengangkutan dimulai dengan memasukkan peti kemas secara teratur pada alat pengangkutan, buah nanas diangkut dan dipasarkan ke tempat pemasaran.

Demikianlah pengertian buah nanas yang dapat kami sampaikan untuk anda secara lengkap dan kalaupun tidak memenuhi kelengkapan kami mohon atas pengertian anda, Mudah-mudahan ini bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

3 komentar untuk "115 Manfaat Buah Nanas dan Efek Sampingnya Lengkap"

  1. ingin mendapat kejutan setiap hari nya,,, mari gabung di ionqq'net| ada kejutan menarik loh di bulan september ini
    jangan sampai terlambat ya|line : ionqq

    BalasHapus