Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

42 Manfaat Buah Durian dan Efek Sampingnya



Siapa yang tidak pernah merasakan buah ini rasa buah ini memang khas dan sangat menggiurkan lidah bagi pecintanya, tapi sebenarnya adakah manfaat buah durian ini? karena banyak orang tua yang cukup takut akan buah ini untuk di konsumsi, terlebih lagi bagi penderita hipertensi. hmp ditahan dulu ya. Berikut penjelasannya.

Kandungan Gizi Buah Durian

Di dalam buah durian ini, memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Beberapa diantaranya seperti :

  1. vitamin B
  2. vitamin C
  3. karbohidrat
  4. protein
  5. lemak tak jenuh
  6. magnesium
  7. fosfor
  8. polyfenhol
  9. omega 3 dan 6
  10. antioksidan
  11. kalium
  12. thiamin

Manfaat Buah Durian


1. Mengatasi Insomnia
Untuk anda yang sering mengalami insomnia, anda dpat mengatasinya dengan memakan buah durian. Buah durian mengandung tryptophan yang berguna untuk menenangkan fikiran dan tubuh. 

2. Untuk Memperkuat Tulang dan Gigi
Buah durian mengandung vitamin B1, B2, dan Kadar kalsium yang tinggi. Senyawa-senyawa tersebut memeperkuat tulang dan gigi dan tentunya menjaga kesehatan tulang dan gigi anda.

3. Mengontrol Keseimbangan Gula Darah
Buah durian mengandung mangan yang berfungsi untuk mengontrol keseimbangan gula darah dalam tubuh sehingga kadar gula darah menjadi normal.

4. Mengobati Depresi
Durian mengandung vitamin B-6 yang mamapu memproduksi serotin yang berguna untuk menangkal depresi. Jadi, buah durian dapat menjadi obat depresi secara alami.

5. Mengatasi Anemia
Kandungan folat, tembaga, dan zat besi dalam durian dapat mengatasi penyakit kekuranagn darah dlaam tubuh (anemia). Bagi anda penderita anemia, anda dapat mengkonsumsi durian sebagai obat alami anemia.

6. Mengatasi Resiko Kanker
Buah durian mengandung banyak vitamin yang merupakan sumber antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas. Dimana diektahui radikal bebas adalah salah satu penyebab kanker.

7. Melindungi Kelembaban dan Kekencangan Kulit
Buah durian mengandung flavonoid yang mampu meregenerasi sel kulit mati sehingga kulit anda dapat terjaga kelembaban dan kekencangannya. Anda dapat menjadikan daging buah durian yang berwarna kuning dan matang sebagai bahan dasar masker wajah anda sebelum tidur. Gunakan masker durian 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan kulit wajah sehat dan terjaga kekencangannya.

8. Dapat Mencerahkan Kulit
Kulit cerah merupakan dambaan banyak wanita Indonesia. Dan buah yang dapat membantu mencerahkan kulit adalah durian. Ini karena Vitamin C dapat berfungsi untuk mencerahkan kulit. Dan dalam durian terkandung vitamin C.

9. Mengatasi Penuaan Dini
Penuaan dini disebabkan oleh 3 faktor yaitu ekstensic aging, intrinsic aging, dan hormonal aging. Buah durian mampu mencegah faktor ekstensic aging. Selain itu buah durian juga mampu mencegah dampak dari 3 faktor tersebut.

10. Mengatasi dan Menghilangkan Jerawat
Antioksidan yang terkandung dalam buah durian dapat melawan bakteri peneyebab jerawat. Bila anda rutin melakukan perawatan dengan bahan dasar buah durian makan masalah jerawat akan segera diatasi.

11. Kulit Halus
Kandungan vitamin E  pada durian berfungsi untuk menghaluskan kulit yang kasar. Dan hasilnya akan membuat kulit halus dan lembut.

12. Menghilangkan Noda Hitam
Noda hitam pada wajah akan teratasi dengan perawatan dengan menggunakan buah durian. Cara penggunaan buah durian untuk perawatan wajah adalah dengan mencampurkan buah durian yang kuning dan matang yang sudah dipisah dari bijinya dengan 2 sendok madu. Jadikan campuran tersebut sebagai masker wajah.

13. Mengandung Kalori dan Lemak
Dalam buah durian mengandung sekitar 357 kalori, yang terdapat di dalam 1 cangkir porsi buahnya. Buah durian juga mengandung lemak namun dalam jumlah yangsedikit lemak , yaitu sekitar 13 gram per porsi untuk 33 persen dari kalori. Batasi asupan lemak sekitar% dari kalori harian, jika menonsumsi buah durian.

14. Mengandung Karbohidrat
Terdapat sekitar 130 gram karbohidrat di dalam satu cangkir durian, dan ini mencukupi sekitar setengah jumlah kalori yang disarankan per hari. Saat mengkonsumsi durian, hati-hati untuk rencana makan, dengan memonitor konsumsi karbohidrat. Terlalu banyak mengkonsumsi  makanan berkarbohidrat, dapat meningkatkan risiko penambahan berat badan. Sertakan juga dalam menu makan sekitar 25-38 gram serat untuk membantu mencegah sembelit, diare dan masalah perncernaan lainnya.

15. Mengandung Protein
Satu cangkir durian mengundang protein sebanyak  3,6 gram atau mencukupi kebutuhan harian protein sekitar 6,4 persen menjadi 7,8 persen. Pada sebuah studi yang diterbitkan dalam edisi Mei 2010 dari “American Journal of Gastroenterology” menunjukkan bahwa protein dari daging dan ikan dapat menyebabkan peningkatan risiko sindrom iritasi usus besar, sehingga mendapatkan protein dari buah-buahan, sayuran dan sumber-sumber lain mungkin akan lebih baik untuk menekan resiko ini.

16. Mengandung Vitamin dan Mineral
Setiap 1 cangkir durian mengandung 80 persen vitamin C yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari. Vitamin C juga berfungsi dalam pembentukan kolagen pada kulit dan meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, durian juga mencukupi asupan vitamin B-6 yang dibutuhkan dalam tubuh setiap hari.

17. Mengandung Zat besi dan tembaga
Tembaga dan zat besi dibutuhkan dalam pembentukan sel-sel darah merah yang sehat. Durian juga mengandung mangan yang membantu dengan tulang dan kesehatan kulit. Tidak hanya itu, sekitar 25 persen dari asupan riboflavin dan tembaga yang direkomendasikan, ada di dalam 1 porsi buah durian.

18. Mengandung Kalium
Durian memiliki banyak kandungan kalium yang sangat membantu untuk kesehatan.Kalium adalah elektrolit penting yang membantu mengontrol tekanan darah yang juga banyak terdapat pada manfaat pisang. Zat ini berfungsi untuk menjaga kadar natrium dan membantu mengatur detak jantung.

19. Mengandung TrIptopan
Triptopan dikenal sebagai obat tidur alami yang salah satunya didapat buah durian. Triptopan bekerja dengan mengatur metabolisme menjadi berbagai neurotransmitter, dan dapat membantu dalam induksi tidur, bahkan menjadi pengobatan untuk epilepsi.

20. Mengandung Tiamin
Jika tubuh membutuhkan lebih banyak tiamin, buah durian bisa menjadi sumber tiamin alami seperti yang juga ada pada manfaat kacang hijau. Buah durian mengandung sekitar 30% tiamin dari asupan harian yang direkomendasikan. Zat tiamin inilah yang berfungsi menjaga metabolisme karbohidrat dalam tubuh, untuk berubah menjadi energi dan membantu dalam hal-hal seperti otot dan kesehatan saraf.

21. Mengandung Folat
Dalam buah durian zat asam tolat  banyak didapat pada buah durian, satu porsi buah durian berisi setidaknya 20% kebutuhan harian kandungan ini. Asam folat dapat membantu tubuh mencegah penyakit jantung, perkembangan janin, bahkan membantu fungsi otak berjalan dengan benar.

Efek Samping Buah Durian

1. Dapat Menyebabkan Kolesterol Tinggi
Bahaya dan efek samping buah durian yang pertama adalah menyebabkan kolesterol tinggi. Durian mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Bagi orang yang sebelumnya memiliki riwayat kolesterol sebaiknya jangan mengkonsumsi durian secara berlebihan. Memakan durian secara berlebihan bisa memancing kadar kolesterol naik. Jika ingin memakan durian, makanlah paling banyak satu buah saja. Jika kolesterol tinggi akan memancing semuanya menjadi tinggi seperti asam urat tinggi. Dengan kolesterol dan asam urat tinggi bisa memancing terjadinya komplikasi. Komplikasi inilah yang sangat fatal bagi kesehatan seseorang.

2. Dapat Menyebabkan Diabetes
Orang yang memiliki riwayat keluarga diabetes atau kencing manis tidak boleh memakan buah durian lebih dari dua buah. Kandungan glukosa yang tinggi dalam durian bisa memacu naiknya kadar gula darah, sehingga resiko terkena diabetes semakin besar.
Penderita diabetes tidak boleh memakan durian lebih dari lima biji. Kandungan glukosa di dalam durian bisa menaikkan kadar gula darah penderita diabetes lebih cepat dibandingkan dengan glukosa di dalam gula pasir.
Akan sangat berbahaya ketika penderita diabetes mengkonsumsi durian berlebih, selain menaikkan gula darah juga bisa menyebabkan kematian akibat gula darah tinggi.
Sebaiknya jika anda sudah merasakan gula darah anda tinggi, sebaiknya segera menghindari durian atau hanya makan sedikit saja.

3. Dapat Menyebabkan Kematian Janin
Janin yang ada di dalam kandungan tidak mampu menahan panas yang berlebihan. Jika wanita hamil memakan durian, efeknya di perut akan panas. Panas berlebih akan memicu kematian janin. Rasa panas tersebut akibat kandungan alkohol yang tinggi. Kadar alkohol tinggi juga ditemukan pada buah nangka, buah nanas dan tape.  Buat ibu hamil sebaiknya meminimalisir konsumsi semua buah tersebut.

4. Dapat Menyebabkan Penyakit Jantung
Penyakit jantung bisa disebabkan oleh konsumsi durian secara berlebihan. Kasus orang meninggal dikarenakan sudah ada riwayat sakit jantung di dalam dirinya.  Penyakit jantung yang diderita akan diperburuk dengan konsumsi durian yang berlebihan. Penyebab seseorang terkena sakit jantung dan berakibat kematian adalah degup jantung cenderung cepat. Alkohol dan kandungan kolesterol yang tinggi pada buah durian membuat detak jantung penderita jantung terpacu lebih cepat lagi.

5. Dapat Menyebabkan Kematian Pada Penderita Hipertensi
Orang yang terkena hipertensi biasanya memiliki komplikasi dengan penyakit jantung. Kandungan alkohol yang ada di dalam buah durian mampu menaikkan tekanan darah penderita hipertensi. Tekanan darah naik akan memicu detak  jantung lebih cepat dan terserang penyakit jantung secara mendadak. Tensi darah seseorang yang sering berada di atas tekanan 200 akan membuat dirinya rentan terkena penyakit jantung. Jika tekanan darah dan jantung menyerang secara bersamaan, efek kematian bisa terjadi padanya.
Penderita hipertensi jangan terlalu banyak mengkonsumsi durian jika tidak ingin terkena komplikasi. Durian adalah makanan penyebab darah tinggi cepat naik hingga mematikan.

6. Dapat Menyebabkan Kematian Jika Dicampurkan Dengan Minuman Beralkohol
Kandungan alkohol yang ada di dalam durian akan menimbulkan kematian jika bertemu dengan alkohol dalam minuman keras. Alkohol yang bertemu dengan alkohol akan menghasilkan sulfur atau belerang. Sulfur yang masuk ke dalam tubuh seseorang akan menurunkan metabolisme dan sistem imun seseorang, bahkan jika jumlah sulfur yang masuk ke dalam tubuh sangat banyak akan menyebabkan kematian. Sulfur merupakan salah satu zat yang tidak boleh sampai masuk ke dalam tubuh manusia karena menyebabkan kematian.

7. Dapat Menyebabkan Masalah Pencernaan Hingga Kematian
Konsumsi durian tidak boleh dibarengi dengan minuman seperti kopi dan alkohol. Kopi merupakan minuman pemicu tekanan darah tinggi. Terlalu sering mencampur durian dan kopi akan membuat seseorang terkena penyakit komplikasi. Durian juga tidak boleh dicampurkan dengan soda sebab jika itu sering dilakukan akan membuat seseorang terkena gangguan pencernaan. Masalah pencernaan dalam jangka panjang akan membuat usus dan lambung terluka bahkan berlubang. Usus dan lambung yang berlubang bisa mengakibatkan kematian.

8. Dapat Menyebabkan Penyakit Ginjal Hingga Kematian
Di dalam durian terdapat zat ethanol, methanol dan juga ethyl metacrylate serta senyawa berupa sulfur atau belerang. Bahaya etanol dan metanol juga sudah sangat memprihatinkan bagi kesehatan. Untuk penderita ginjal, semua zat tersebut sangatlah tidak baik untuk ginjal dikarenakan ginjal yang sudah sakit tidak dapat menguraikan semua zat tersebut. Akibatnya kinerja ginjal terbebani dan kinerja ginjal menurun dari 40 persen menjadi 35 persen. Zat tersebut juga menyebabkan seseorang terkena penyakit ginjal. Jika ginjal sudah tidak banyak berfungsi diharuskan transplantasi ginjal. Jika tidak, transfusi darah yang dilakukan hanya untuk pemperpanjang usianya bukan menyembuhkannya.

9. Dapat Menyebabkan Penyempitan Pembuluh Darah
Senyawa berupa alkohol dalam durian bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah di dalam otak. Pembuluh darah menyempit membuat oksigen tidak dapat tersalurkan ke otak secara maksimal, akibatnya stroke menyerang.  Jika sudah memasuki stroke berat, angka kesembuhannya semakin kecil. Penyempitan pembuluh darah ini bukan hanya akibat efek samping buah durian, bahaya formalin dan bahaya boraks juga dapat berakibat hal serupa.

Tips Mengkonsumsi Buah Durian

Untuk menghindari efek samping dari buah durian adalah sebagai berikut :
  • Sesudah mengkonsumsi buah durian minum air putih sebanyak-banyaknya sehabis mengkonsumsi durian, jangan meminum air yang berwarna.
  • Manfaatkan rongga pada kulit durian yang terkelupas. Isi rongga yang ada menggunakan air. Diamkan beberapa saat, lalu minum airnya. Cara ini bermanfaat untuk menghilangkan bau durian pada mulut dan juga bisa mengontrol tekanan darah seseorang. Jika cara ini tidak dilakukan, banyak yang mengeluh pusing sehabis makan durian meski porsinya sedikit.
  • Konsumsi manggis sehabis mengkonsumsi durian. Kandungan vitamin pada manggis dapat menetralisir efek dari durian.
  • Tidak mengkonsumsi secara berlebihan.
  • Netlarisir dengan menggunakan sayuran
  • Jangan konsumsi daging berlemak tinggi setelah makan durian.

Semoga manfaat dari berbagai buah durian ini bisa bermanfaat buat kita semua, Bagi yang masih bisa makan buah ini silahkan dipuas puasin dulu tapi yang belum bisa jangan lupa jaga kesehatan anda. Terima kasih.

2 komentar untuk "42 Manfaat Buah Durian dan Efek Sampingnya"

  1. Artikelnya bagus. Terima kasih atas penjelasannya

    BalasHapus

  2. Terimakasih atas informasinya, semoga sukses selalu dan Silahkan Kunjungi website kami ^^
    Obat Herbal Lockjaw

    BalasHapus