Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Penerimaan CPNS Kemenkumham 2023 Yang Akan Segera di Buka

 

Syarat Penerimaan CPNS Kemenkumham 2023 Yang Akan Segera di Buka
Syarat Penerimaan CPNS Kemenkumham 2023 Yang Akan Segera di Buka

Spesialnews.com - Berikut informasi terkait Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) 2023. Seleksi bakal Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 yang terdiri dari CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) sudah beredar di berbagai media tahun ini.

Pengadaan CASN 2023 masih dalam tahap pengusulan formasi, menurut Abdullah Azwar Anas, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Seleksi tahun ini mengutamakan sejumlah formasi seperti:

1. Tenaga kesehatan

2. Tenaga Pendidik

3. Hakim

4. Jaksa

5. Tenaga teknis tertentu

6. dan orang-orang dengan keterampilan digital

Beberapa formasi prioritas ini membuka kuota bakal calon tertinggi dari tahun ke tahun. dan ini tidak diragukan lagi menjadi favorit di antara pejuang CASN.

CPNS Kemenkumham merupakan salah satu formasi yang paling banyak mengundang rasa ingin tahu setiap tahunnya.

Sesuai seleksi tahun sebelumnya, berkas tambahan seperti surat lamaran dan surat keterangan sehat kerap dibutuhkan saat melamar CPNS Kemenkumham.

Berikut berkas yang harus disiapkan sebelum pendaftaran CPNS Kemenkumham, menurut website cpns.kemekumham.go.id:

1. Kartu identitas Penduduk (e-KTP)

2. Akta Kelahiran atau Surat Keterangan Lahir

3. Pas foto ukuran 4x6

4. Swafoto (Selfie)

5. Ijazah Terakhir

6. Transkrip Nilai

7. Surat lamaran

8. Surat pernyataan

9. Surat Keterangan berbadan Sehat (Dari Puskesmas atau RS)

Ada banyak kaidah penulisan yang harus diikuti saat membuat Surat Lamaran CPNS Kemenkumham.

Menurut website cpns.kemenkumham.go.id, berikut adalah beberapa pedoman utama dalam menyusun surat lamaran:

1. Surat permohonan yang dikirim ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia di Jakarta dapat diketik dengan komputer atau ditulis tangan dengan Materai 10.000 sebelum ditandatangani dengan tinta hitam.

2. Format surat lamaran tidak diperbolehkan diubah.

3. Untuk point berkas yang dilampirkan di surat lamaran disesuaikan dengan jumlah dokumen yang diunggah pada akun sscasn BKN.

4. Pengisian alamat pada surat lamaran diisi dengan alamat domisili pelamar.

Contoh Surat Lamaran CPNS Kemenkumham dapat diunduh pada link berikut ini:

Link 1 Surat Lamaran SLTA klik https://docs.google.com/document/d/19u5maYPKuh27xwOs6GsGVCUZ6llp3-ru/edit?usp=sharing&ouid=101414548774196892734&rtpof=true&sd=true

Link 2 Surat lamaran Non SLTA klik https://docs.google.com/document/d/1xs4RYceDbiiCT5Ye1sw2FiOECfP9-Gy1/edit?usp=sharing&ouid=101414548774196892734&rtpof=true&sd=trueSurat keterangan sehat juga harus disertakan sebagai persyaratan tambahan.

Berikut beberapa faktor yang perlu diperhatikan terkait dengan surat keterangan sehat yang dapat diperoleh di website cpns.kemenkumham.go.id:

1. Surat keterangan sehat asli yang dikeluarkan oleh dokter pemerintah, rumah sakit, TNI, atau Polri yang dibuat dalam bulan dibukanya pendaftaran.

2. Surat Keterangan Sehat dapat diterbitkan dari puskesmas asalkan dokter yang mempunyai NIP/NRP yang mengesahkan.

3. Surat Keterangan Berbadan Sehat dapat diterbitkan di luar domisili apabila dokter yang memeriksa pasien dan tanda tangan surat tersebut bekerja untuk pemerintah, Rumah Sakit, TNI atau Polri (memiliki NIP atau NRP).

4. Calon pegawai rutan dan pemeriksa keimigrasian dengan kualifikasi Pendidikan SLTA (SMA/SMK/Sederajat) harus mencantumkan tinggi dan berat badannya pada surat keterangan sesuai dengan hasil pengukuran pada saat pemeriksaan.

Peraturan ini merupakan pengulangan dari tahun sebelumnya, jadi sepertinya syarat dan ketentuan tahun ini tidak akan banyak berubah.

Diambil langsung dari website Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN), berikut prasyarat dasar dan persyaratan dokumen bagi calon calon yang ingin mendaftar seleksi CASN 2023:

Persyaratan Umum

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun.

3. Tidak pernah mendapat hukuman penjara dua tahun atau lebih.

4. Tidak pernah dipecat sebagai PNS/Prajurit TNI atau Polri dengan hormat, atas keinginan sendiri atau dengan tidak hormat.

5. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta.

6. Tidak sebagai tentara TNI, polisi, PNS atau CPNS.

7. Tidak aktif berpolitik atau menjadi anggota atau pengurus partai politik.

8. Memiliki kualifikasi pendidikan yang memenuhi kriteria jabatan.

9. Dalam keadaan sehat jasmani dan rohani sebagai persyaratan yang akan dilamar.

10. Siap ditempatkan di mana saja di wilayah Republik Indonesia atau di luar negeri yang disetujui oleh organisasi pemerintah.

Prasyarat untuk Dokumen

1. Nomor Induk Kependudukan (KTP).

2. Tahun dan nomor ijazah pendidikan terakhir.

3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari catatan akademik terbaru.

4. Pasfoto digital berwarna dengan ukuran file maksimum 30 kb dan dimensi 200 x 150 piksel dalam format JPG.

5. Fotokopi digital ijazah dan transkip nilai ukuran maksimal 500 kilobyte.

6. Secara konsisten memeriksa surat elektronik (email) Anda untuk menerima informasi khusus.

7. judul dan abstrak tugas akhir, tesis atau disertasi.

8. Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah yang dikeluarkan oleh Dikti-Depdiknas atau dokumen yang menunjukkan telah dilakukannya permohonan penyetaraan Ijazah, harus dilampirkan oleh pelamar bagi lulusan dari luar negeri.

Jadi begitulah ikhtisar dan beberapa detail tentang pendaftaran CASN 2023 dan juga Penjelasan singkat mengenai surat lamaran dan surat keterangan sehat CPNS Kemenkumham 2023.

Lulus Dari Kuliah Langsung Jadi PNS

Bagi para siswa lulusan SMA sederajat atau yang berminat kuliah di Kemenkumham yang lulus langsung jadi PNS berikut sedikit ulasannya.

Sekolah Kedinasan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) adalah institusi pendidikan yang didirikan oleh Kemenkumham untuk memberikan pendidikan dan pelatihan kepada calon-calon pegawai negeri sipil (PNS) di bidang hukum dan hak asasi manusia. Sekolah Kedinasan Kemenkumham menawarkan program pendidikan dan pelatihan untuk berbagai jenjang pendidikan, mulai dari Diploma III (D3) hingga program pasca sarjana (S2).

Salah satu keuntungan yang ditawarkan oleh Sekolah Kedinasan Kemenkumham adalah kuliah gratis. Selain itu, setelah menyelesaikan pendidikan di Sekolah Kedinasan Kemenkumham, lulusan memiliki kesempatan besar untuk langsung menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kemenkumham, yang merupakan salah satu kementerian dengan jenjang karir yang cukup menjanjikan bagi lulusannya.

Namun, untuk dapat masuk ke Sekolah Kedinasan Kemenkumham, calon mahasiswa harus memenuhi beberapa persyaratan. Persyaratan tersebut antara lain memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan program studi yang ditawarkan, memiliki tinggi badan minimal, dan lulus seleksi masuk yang terdiri dari tes tertulis, tes psikologi, dan tes kesehatan. Selain itu, calon mahasiswa juga harus siap untuk menjalani program pendidikan dan pelatihan yang intensif selama kurang lebih dua tahun.

Meski memang tidak mudah untuk masuk ke Sekolah Kedinasan Kemenkumham, namun keuntungan yang ditawarkan cukup menarik untuk dipertimbangkan. Selain kuliah gratis dan kesempatan untuk langsung menjadi CPNS, lulusan Sekolah Kedinasan Kemenkumham juga memiliki kompetensi yang cukup baik di bidang hukum dan hak asasi manusia. Jika Anda tertarik untuk mengikuti program pendidikan dan pelatihan di Sekolah Kedinasan Kemenkumham, pastikan untuk memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan dan berusaha sebaik mungkin selama proses seleksi masuk.

Demikian Informasi ini kami sampaikan untuk anda mudah mudahan bisa menjadi pedoman untuk dikemudian hari.

Baca Juga: Syarat dan Daftar KIP Kuliah dari Kemendikbud dan Kemenag 2023

Baca Juga: Penerimaan Pegawai Kantor POS 2023






Posting Komentar untuk "Syarat Penerimaan CPNS Kemenkumham 2023 Yang Akan Segera di Buka"