Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Intensitas Hujan Tinggi Pemukiman Kampung Baru Aceh Singkil Terendam Banjir

 

Intensitas Hujan Tinggi Pemukiman Kampung Baru Aceh Singkil Terendam Banjir
Puluhan rumah warga Desa Kampung Baru, Kecamatan Singkil Utara terendam banjir akibat hujan yang terus mengguyur dalam satu pekan terakhir dan meluapnya Sungai Lae Ijuk.(Foto: Istimewa)

Singkil - Hujan yang terus menerus mengguyur sepekan terakhir membuat Sungai Lae Ijuk meluap. Sehingga puluhan rumah penduduk di Desa Kampung Baru, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil terendam banjir.

Menurut informasi yang dihimpun wartawan, Minggu (28/8/2022) luapan sungai meningkat kurang dari dua meter dari biasanya, sehingga kawasan pemukiman masyarakat selain terendam banjir juga menggenangi ratusan Pohon Sawit yang tumbuh disekitar itu.

Ketua Pemuda Desa Kampung Baru, Ali Sadikin kepada wartawan, mengatakan aliran sungai Lae Ijuk naik meluap pada Minggu (28/8/2022) dini hari sekitar pukul 02.30 WIB.

"Ada Sekitar 85 Kepala Keluarga (KK) yang mengalami kerugian terdampak banjir di desa kampung baru kecamatan Singkil Utara," ujarnya.

Ali menyebutkan, warga kehilangan ternak karena hanyut akibat meluapnya aliran sungai Lae Ijuk. "Kami berharap Pemda Aceh Singkil dan perusahaan PT Astra Agro Lestari agar dapat membantu warga yang terdampak banjir," ucapnya.

Luapan Sungai juga membanjiri sebahagian kawasan Lae Ijuk, Gunung Lagan, Kecamatan Gunung Meriah, sehingga masyarakat beraktivitas penuh memindahkan sebagian barang-barang dan perabotan ke tempat yang lebih tinggi.

Sementara itu Pusdalop PB BPBD Aceh Singkil dihubungi AJNN menyebutkan pihaknya sedang mengkonfirmasi kecamatan setempat, untuk proses penanganan warga yang terdampak dan pelaporan.

Baca Juga: Ini Dia Jabatan Honorer yang di Alihkan Ke Outsourcing 

Posting Komentar untuk "Intensitas Hujan Tinggi Pemukiman Kampung Baru Aceh Singkil Terendam Banjir"