Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

100 Manfaat Buah Sirsak dan Efek Sampingnya


Selamat datang sob :)  Senang sobat bisa berkunjung kesini, ngomong-ngomong sobat mau cari tau manfaat buah sirsak ya.. hehe gak salah lagi deh.. disinilah tempat yang paling lengkap dari artikel-artikel yang lain. ga percaya coba disimak langsung sob. Cekidot :)

Pertama Apa sih? Kandungan Nutrisi Buah Sirsak. Simak baik-baik sob.
Sob di bagian buah, daun, bahkan pohonnya sangatlah berguna bagi kelangsungan hidup makhluk hidup lain, khususnya manusia. Berbagai kandungan yang disimpannya dapat memainkan peran sebagai alat penunjang kesehatan tubuh seperti karbohidrat, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. 

Buah ini juga menyimpan serat pangan yang merupakan substansi non-gizi, kadar seratnya mencapai 3,3 gram pada 100 gram daging buah. Beberapa mineral seperti fosfor (27 mg) dan kalsium (14 mg) juga terkandung di dalam 100 gram buah sirsak. 

Inilah manfaat dan efek samping buah sirsak yang telah kami rangkum dan kelengkapannya :

Manfaat buah sirsak

Banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari buah sirsak, berikut  beberapa manfaat atau khasiat buah sirsak diantaranya :

1. Mencegah ambeien
Penyakit ambeien biasanya terjadi pada usia lanjut dan lebih banyak terjadi pada perempuan iasanya. Banyak alternatif yang bisa kita ambil untuk mengobati penyakit ini diantaranya denga menggunakan buah sirsak. 

Cara menggunakannya : dengan menyiapkan buah sirsak yang masak, peras buah tersebut, kemudian ambil airnya dengan menyaring terlebih dahulu. Minum 2 x sehari pada pagi dan sore hari.

2. Mencegah diare pada bayi
Buah sirsak untuk mengobati diare pada bayi. 

Cara membuatnya : dengan menyiapkan buah sirsak yang masak, peras buah tersebut, kemudian ambil airnya dengan menyaring terlebih dahulu. Air hasil saringan sirsak tadi diminumkan pada bayi 2 sampai 3 sendok makan.

3. Mencegah anyang-anyangan
Anyang-anyangan merupakan kondisi yang tidak mengenakkan, biasanya terjadi pada laki-laki. Ayang-anyangan dapat diatasi dengan merebus sirsak separo masak tambah gula pasir secukupnya dengan dua gelar air, jangan lupa sirsaknya dikupas terlebih dahulu sebelum merebusnya. Setelah proses merebus selesai, saring dan minum airnya. 

4. Mencegah sakit pada kandung kemih
Sakit pada kandung kemih (vesica urinaria) dapat diatasi dengan buah sirsak. cara pengolahannya dengan buah sirsak separo masak, garam secukupnya dan gula. Dari semua bahan tadi dibuatkan kolak, kemudian dimakan seperti biasa, makan rutin selama satu minggu.

5. Mencegah penyakit liver
Dengan cara, buah sirsak dibuatkan juz dan diminum selama satu minggu berturut-turut. Selama satu minggu tersebut usahakan puasakan makan makanan yang lain terlebih dahulu. Mudah-mudahan dengan cara ini bisa cepat sembuh.

6. Serat
Buah sirsak memiliki kandungan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan metabolisme dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat dalam sirsak dapat mengontrol berat badan.

7.Karbohidrat
Dalam satu gelas sirsak mengandung karbohidrat sebanyak 38 gram sebagai sumber energi tubuh. Karbohidrat yang terkandung dalam buah tentunya lebih sehat dibandingkan yang terdapat dalam kue yang justru berakibat buruk bagi kadar gula dalam darah seseorang.

8. Kalium
Sirsak mengandung kalium yang dapat membantu otot-otot di dalam tubuh, mengatur tingkat tekanan darah, dan juga untuk perbaikan tulang.

9.Vitamin C
Sirsak memiliki kandungan vitamin C tinggi yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan inilah yang berfungsi untuk melawan berbagai macam penyakit dalam tubuh, termasuk menyembuhkan luka dan mencegah kerusakan kulit.

10. Air
Sirsak juga mengandung banyak air, bahkan dalam secangkir sirsak memiliki kandungan air sebanyak 183 gram. Maka wajar jika buah sirsak dapat mencegah terjadinya dehidrasi tubuh.

11. Fosfor dan Kalsium
Kandungan mineral lainnya yang terdapat dalam sirsak adalah fosfor dan kalsium. Dalam 100 gram buah sirsak terdapat fosfor sebanyak 27 mg dan kalsium sebanyak 14 mg. Mineral-mineral inilah yang bermanfaat untuk pembentukan tulang serta menghambat terjadinya osteoporosis.

12. Manfaat buah sirsak untuk kolesterol
Seperti kita ketahui di atas, buah sirsak mengandung banyak serat yang baik bagi tubuh. Dalam 100 gram daging buah sirsak ternyata bisa memenuhi kebutuhan serat harian tubuh sebanyak 13 %. Nah, serat ini jugalah yang berperan baik dalam penyerapan kolesterol jahat di dalam tubuh. Sehingga mempermudah kolesterol jahat keluar dari tubuh, yang artinya hanya kolesterol baiklah yang tinggal di dalam tubuh.

13. Manfaat buah sirsak untuk hipertensi
Tak hanya daun sirsak saja yang bisa mengobati darah tinggi atau hipertensi. Ternyata, buah sirsak yang rasanya lezat pun memiliki khasiat yang sama untuk mengobati hipertensi. Beberapa penelitian, telah membuktikan khasiat buah sirsak ini yang mampu mengobati penyakit hipertensi. Hal ini dikarenakan, buah sirsak mengandung zat-zat yang mampu menangkal terjadinya hipertensi. Jadi, jika Anda ingin sehat maka konsumsi buah sirsak setiap hari.

14. Manfaat buah sirsak untuk asam urat
Manfaat lainnya dari buah sirsak adalah dapat mengobati asam urat. Dengan mengkonsumsi buah sirsak secara rutin, maka tubuh akan terhindar dari penyakit asam urat.

15. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan senyawa mulai dari acetogenins hingga muricapentocin yang telah disebutkan barusan berguna untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dari bahaya penyakit, selain juga bisa juga digunakan sebagai obat penyakit.

16. Pemasok Energi Bagi Tubuh
Kandungan karbohidrat pada buah sirsak mempunyai khasiat sebagai penambah energi. Di samping itu terdapatnya vitamin B1 juga menambahkan kadar energi untuk mengoptimalkan fungsi organ tubuh seperti jantung, otak, paru-paru, dan ginjal dengan cara bertindak sebagai ko-enzim untuk merubah glukosa menjadi energi.

17. Meningkatkan Konsentrasi
Keistimewaan lain dari tiamin yaitu menjaga fungsi otak dan meningkatkan memori serta konsentrasi. Adanya vitamin ini juga membantu otak terlepas dari beban (stres) dan memperkuat sistem saraf motorik dalam otak. 

18. Membantu Produksi Hemoglobin
Fungsi dari riboflavin dalam buah sirsak sangatlah penting, yaitu membantu produksi sel darah merah sehingga cukup untuk mengaliri oksigen ke seluruh jaringan dalam tubuh. Dengan begitu semua organ baik yang vital maupun tidak kinerjanya dapat berlangsung secara normal.

19. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Sulitnya menyerap gizi dan mencerna makanan dapat mengganggu sistem pencernaan manusia sehingga masalah seperti sembeli ataupun diare mudah datang. Untuk itu di perlukan vitamin B2 yang akan membantu melindungi membran mukosa usus sehingga sistem pencernaan tetap lancar dan terjaga kondisi baiknya. Dengan begitu pula secara otomatis masalah yang bersangkutan dengan pencernaan dapat terminimalisir.

20. Mengurangi Risiko Serangan Jantung
Dari hasil penelitian terungkap sebuah keistimewaan dari buah sirsak yaitu menghilangkan aterosklerosis di dalam jantung. Penyakit tersebut merupakan sebuah kondisi arteri jantung mengalami penebalan sehingga membuat darah menjadi tidak lancar dan serangan jantung mudah terjadi. Hal yang menakjubkan ini dikatakan para ahli sebagai reaksi dari vitamin C dalam buah sirsak.

21. Melawan Kanker
Sejumlah riset yang memilih vitamin C sebagai objek penelitiannya banyak membuahkan hasil kalau vitamin tersebut dapat melawan kanker dengan menghambat sel-selnya. Selain itu fungsi lain dari vitamin C adalah mengurangi efek dari kemoterapi seperti mual. Apa kaitannya dengan sirsak? Jika Anda sudah membaca dari atas tentu sudah tahu kalau dalam buah sirsak terdapat banyak kandungan vitamin C -nya.

21. Mencegah Katarak
Rutin minum buah sirsak sehari minimal dua kali dipercaya mampu mengurangi risiko pandangan menjadi kabur serta masalah kesehatan pada mata lain seperti katarak dan buram.

22. Mengurangi Risiko Diabetes
Meskipun manis, kadar gula dalam buah sirsak tidaklah tinggi sehingga mampu mengurangi risiko terhadap diabetes. Tetapi jika Anda tidak ingin terjadi apa-apa terhadap kondisi kesehatan Anda, lebih baik hindari konsumsi aneka olahan dari buah sirsak berlebihan jika kadar gula dalam darah sudah tinggi.

Khasiat Buah Sirsak Lainnya :
  1. Membentuk matriks pada tulang dan gigi.
  2. Mengendurkan kontraksi otot tegang.
  3. Mengatur keseimbangan asam dan basa dalam darah.
  4. Memacu proses metabolisme dalam tubuh.
  5. Respirasi seluller.
  6. Menciptakan sel darah merah berkat kandungan zat besi.
  7. Mengurangi kram sehabis olahraga.
  8. Meminimalisir produksi radikal bebas.

Efek samping buah sirsak

Sirsak adalah sebutan untuk pohon dan buah yang sudah sejak lama digunakan oleh para ahli pengobatan herbal sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Biji sirsak diketahui ampuh sebagai pembasmi kutu di rambut, sedangkan jus buah sirsak dipercaya ampuh untuk mengobati kusta oleh sebagian kebudayaan masyarakat. Hingga saat ini para ilmuwan masih terus mempelajari aneka khasiat dari pohon dan buah ini, khususnya mengenai khasiat sirsak bagi penyakit kanker. Namun tidak hanya itu saja yang masih diselidiki oleh para ilmuwan, beberapa penelitian juga dilakukan untuk mengetahui kemungkinan dari efek samping buah sirsak. di antaranya :

1. Dapat Menyebabkan Penyakit Parkinson.
Para pendukung sirsak mengatakan bahwa acetogenins annonaceous yang ada di dalamnya dapat membantu memerangi sel-sel kanker karena mereka mungkin "berpotensi" memiliki efek kemoterapi. Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Memorial Sloan-Kettering Cancer Center memperingatkan menentang menggunakannya. Studi ini menyatakan "alkaloid yang diekstrak dari buah sirsak dapat menyebabkan disfungsi neuronal dan degenerasi menyebabkan gejala penyakit Parkinson."

3. Bisa Mengakibatkan Keracunan.
Kulit sirsak mengandung anonaine dan anoniine, yang tinggi asam hidrosianik. Ini adalah zat berwarna, yang dianggap beracun.

4. Menyebabkan Mual.
Konsumsi dalam jumlah besar buah Sirsak bisa menyebabkan sedasi, mual dan muntah

5. Bahaya keracunan.
Konsumsi daun sirsak sebagai teh herbal juga bisa menyebabkan keracunan.

6. Bisa berinteraksi dengan obat lain.
Hindari sirsak jika Anda sedang mengkonsumsi obat anti-hipertensi, vasodilator, obat depresan jantung, anti-depresan atau MAO inhibitor. Pengaruh buah sirsak dapat menambah atau mengurangi efek obat ini.

7. Membunuh Bakteri yang Berguna.
Penggunaan jangka panjang dari sirsak dapat membunuh bakteri yang berguna di dalam saluran pencernaan.

9. Menyebabkan Sembelit.
Ramuan sirsak dapat digunakan untuk mengobati disentri. Namun jika tertelan oleh mereka yang tidak mengalami disentri, dapat menyebabkan sembelit dan dehidrasi.

10. Bisa bertindak sebagai halusinogen.
Mereka yang mengkonsumsi sejumlah besar buah sirsak tidak hanya mengalami perubahan saraf, tetapi juga menderita halusinasi. 

11. Tekanan darah rendah
Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap hewan, diketahui bahwa sirsak dapa menurunkan tekanan dalam dara. Buah ini juga bisa melebarkan pembuluh darah. Jadi jika anda penderita darah rendah sebaiknya tidak mengkonsuminya secara berlebihan. Jika anda khawatir ketika mengkonsumsinya sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Jika anda menderita darah rendah dan mengkonmsumsinya berlebihan bisa menyebabkan mual dan muntah.

12. Hindari mengkonsumsi sirsak dengan COQ10
Sirsak bersifat melawan kanker. Buah ini punya kemampuan untuk mengurangi pasokan adenosin trifosfat ke sel-sel kanker sehingga sel kanker tidak dapat tumbuh. Adenosin trifosfat berfungsi memberikan energi bagi sel-sel tubuh untuk melakukan metabolisme, Koenzim Q10 berperan dalam meningkatkan adenosin trifosfat dalam tubuh. Karena alasan ini efek baik dari sirsak dapat dinetralisir oleh koenzim Q10. Jadi disarankan untuk menghindari mengkonsumsi kedua produk ini secara bersamaan.

13. Gangguan neurotoksitas
Menurut beberapa penelitian, minuman teh yang dibuat menggunakan batang dan daun sirsak dapat menyebabkan gangguan neurotoksitas.

14. Antidepresan
Jika anda sedang menjalani pengobatan untuk gangguan depresi sebaiknya anda menghindari mengkonsumsi sirsak berlebih karena dapat meniadakan efek anti depresi dari obat yang anda konsumsi dalam rangaka pengobatan depresi anda.

15. Infeksi
Mengkonsumsi sirsak secara terus menerus dapat memicu infeksi jamur dalam tubuh.

16. Gangguan sistem kardiovaskuler
Dosis besar sirsak dapat mempengaruhi sistem kardiovaskular tubuh. Buah ini dikenal mempunyai efek depresan. Jadi orang yang menderita masalah jantung disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah sirsak.

17. Gangguan rahim
Konsumsi sirsak berlebih dapat merangsang kontraksi rahim. Wanita hamil baiknya menghindari mengkonsumsinya secara terus menerus karena bisa menyebabkan keguguran pada kehamilan muda atau bayi lahir secara prematur. Jika anda ingin mengkonsumsi sirsak dalam bentuk mentah atau sebagai bahan pelengkap makanan yang lain sebaiknya berkonsultasi ke Dokter. Buah ini memang mempunyai banyak sekali manfaat tapi di waktu yang sama ia juga hadir dengan berbagai efek samping yang merugikan. Jadi bijaklah dalam mengkonsumsi buah ini.

Okey sampai disini sob, Selanjutnya kita beralih ke manfaat Daun Sirsaknya sob. yuk disimak sob :)

Manfaat Daun Sirsak

Di bawah ini kita akan mengulas tuntas secara detail, Manfaat, dan Efek Samping mengkonsumsi rebusan daun sirsak. Tapi jangan khawatir, selama tidak berlebihan apapun itu tidak akan menyebabkan hal yang fatal, gunakan secukupnya agar bereaksi secara maksimal.

Daun sirsak akan diekstraksi dan dapat digunakan untuk menangani berbagai kondisi-kondisi medis, seperti:

1. Mampu melawan arthritis
Berdasarkan hasil sebuah percobaan pada tikus, ekstrak daun sirsak diketahui mengandung zat yang mampu melawan arthritis dengan efek meringankan bengkak setelah dua minggu pemberian.

2. Meredakan demam
Ekstrak daun sirsak juga digunakan untuk meredakan demam dan kejang. Pengobatan ini sering dilakukan secara tradisional di negara-negara Afrika. Sebuah studi pun mengemukakan bahwa senyawa bioaktif dari ekstrak daun sirsak dapat digunakan sebagai obat antikejang.

3. Kaya akan zat antioksidan
Ekstrak daun sirsak juga dilaporkan kaya akan zat antioksidan. Antioksidan tersebut terdiri dari antioksidan enzim, termasuk katalase dan dismutase superoksida, serta antioksidan nonenzim (vitamin C dan vitamin E).

4. Mengobati penyakit kuning
Daun sirsak juga secara tradisional digunakan untuk mengobati penyakit kuning (jaundice), termasuk mata kuning. Berdasarkan hasil sebuah studi, konsumsi ekstrak daun sirsak mengakibatkan pengurangan hiperbilirubinemia (peningkatan bilirubin pada darah) secara signifikan. Dilaporkan juga bahwa ekstrak kandungan air dari daun sirsak memiliki potensi melindungi organ hati (hepaprotektif) terutama akibat efek buruk asetaminofen dan karbon tetraklorida.

5. Menyembuhkan luka secara signifi
Ekstrak daun sirsak juga memperlihatkan khasiat penyembuhan luka secara signifikan. Selain itu, ekstrak dari daun sirsak ini menunjukkan manfaatnya dalam mengatasi kanker dan tumor. Apoptosis (proses kematian sel) berperan penting dalam menghilangkan tumor dan kanker manusia. Suatu penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etil asetat pada daun sirsak ditemukan mendorong reaksi apoptosis terhadap sel-sel kanker.

6. Untuk mengobati kanker
Manfaat daun sirsak dapat digunakan untuk menghambat sel kanker dan menyembuhkan kanker lebih cepat dan efektif.Jika dibandingkan dengan kemoterapi daun sirsak lebih aman. Selain mahal kemoterapi juga memberikan efek samping. 

Penelitian telah membuktikan bahwa sirsak memiliki bahan aktif yang 10000 kali lebih kuat dari kemoterapi dalam melawan sel-sel kanker. Dengan demikian,daun sirsak dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis kanker termasuk prostat,paru-paru dan kanker payudara.

Cara Membuatnya : ambil 10 helai daun sirsak lalu cuci hingga bersih,kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa satu cangkir,saring,dinginkan dan minum ramuan ini setiap pagi selama 3-4 minggu untuk memperbaiki kondisi.Daun sirsak merupakan satu-satunya obat kanker alami paling ampuh sampai saat ini.

7. Untuk mengobati asam urat
Selain untuk kanker,manfaat dari daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati asam urat. Bahkan banyak metode pengobatan asam urat dengan menggunakan daun sirsak.Makan daun sirsak dapat sangat membantu dalam mengobati asam urat.

Cara Membuatnya : Ambil sekitar 6-10 helai daun sirsak yang sudah tua tetapi masih tetap berwarna hijau,rebus daun sirsak dengan 2 cangkir air bersih sampai mendidih dan biarkan hingga tersisa sekitar 1 cangkir.Minum ramuan ini dua kali sehari di pagi hari dan sore hari untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

8. Untuk mengobati nyeri punggung
Sakit nyeri pada punggung sering dialami oleh banyak orang,terutama saat brolahraga.Menggunakan bahan-bahan kimia untuk nyeri punggung dapat mengakibatkan efek samping.Daun sirsak merupakan obat herbal yang efektif untuk mengobati nyeri punggung dan tanpa efek samping.

Cara Membuatnya : anda bisa merebus 20 lembar daun sirsak dalam 5 gelas air sampai tersisa 3 gelas.Minum ¾ cangkir ramuan ini sekali dalam sehari.

9. Untuk mengobati eksim dan rematik
Penyakit rematik lebih sering di derita oleh orang tua,sakit rematik ini menyebabkan rasa sakit yang hebat.Daun sirsak adalah pengobatan alami untuk sakit arthritis.

Cara Membuatnya : haluskan daun sirsak dan oleskan pada daerah tubuh yang terasa nyeri akibat arthritis dan eksim.Lakukan ini secara teratur dua kali sehari.

10. Pengobatan Diabetes
Batas kadar gula normal seseorang berkisar antara 70 mg sampai 120 mg. Nutrisi dalam daun sirsak diyakini mamu menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal.Selain itu,ekstrak daun sirsak dapat digunakan sebagai salah satu solusi untuk obat diabetes alami.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi
Kandungan gizi daun sirsak diyakini mempu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi dalam tubuh.

Cara Membuatnya : rebus 4/5 daun sirsak dalam 4 gelas air sampai tersisa satu gelas air dan minum air rebusan daun sirsak ramuan ini secara teratur sekali dalam sehari.

12. Manfaat lain dari daun sirsak
Selain manfaat yang disebutkan di atas, daun sirsak sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri, virus, parasit dan perkembangan tumor. Sifat penyembuhan mereka membuat mereka mampu digunakan sebagai obat anti kejang. Daun sirsak juga mampu mengurangi demam dan menurunkan tekanan darah tinggi.Daun sirsak bermanfaat dalam mengobati peradangan dan kaki bengkak.Mereka membantu pencernaan dan meningkatkan nafsu makan.Konsumsi daun sirsak secara teratur membantu dalam meningkatkan stamina dan pemulihan dari penyakit lebih cepat.

13. Daun sirsak untuk mengobati bisul
Bisul adalah gangguan kulit yang ditandai dengan nyeri yang sangat besar dan bahkan memiliki risiko terkena infeksi.Bisul dapat terjadi pada bagian tubuh maupun wajah,sehingga keberadaan bisul menganggu kesehaan kulit dan kecantikan.Daun sirsak adalah obat alami untuk menyembuhkan bisul.Anda dapat memilih beberapa daun sirsak muda dan menempatkannya pada tubuh yang terkena bisul.

14. Menghilangkan kutu
Di dalam daun sirsak memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan parasit yang tumbuh dikulit kepala yang dapat menyebabkan gangguan pada rambut seperti kutu dan ketombe. Cara penggunaannya cukup mudah, cukup merebus daun sirsak 10-20 menit lalu menggunakan air rebusan tersebut untuk keramas dapat membantu menghilangkan parasit termasuk kutu dan ketombe yang disebabkan oleh parasit tersebut.

15. Pengobatan eksim
Eksim atau eczema merupakan salah satu istilah yang digunakan untuk kelainan kulit (salah satu penyakit kulit). Eksim ini hampir mencakup seluruh kelainan kulit contohnya adalah kelainan kulit basah atau kelainan kulit yang terlalu kering.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, daun sirsak bisa mengobati eksim dengan cara alami. Anda dapat menggunakan daun sirsak sebagai masker (dengan menghaluskannya terlebih dahulu) dan mengoleskannya pada daerah yang terkena dua kali sehari secara teratur. Hal ini akan membantu dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh eksim selain untuk menyembuhkannya tentunya.

16. Mencegah komedo
Daun sirsak yang telah dihaluskan jika dioleskan pada kulit dapat sangat berguna dalam mencegah terjadinya komedo dan masalah kulit lainnya juga.

17. Membasmi bakteri, virus, parasit dan mencegah tumor
Selain manfaat yang disebutkan di atas, daun sirsak sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri, virus, parasit dan perkembangan tumor. Sifat penyembuhan yang dimiliki membuat daun sirsak mampu digunakan sebagai obat anti-kejang. Mereka juga mampu mengurangi demam dan menurunkan tekanan darah tinggi. Daun sirsak membantu dalam mengobati peradangan dan kaki bengkak. Mereka membantu pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. Konsumsi daun sirsak secara teratur membantu dalam meningkatkan stamina dan memfasilitasi pemulihan yang cepat dari berbagai penyakit. 

Efek samping daun sirsak

Adapun efek samping dari daun sirsak ini sebagai berikut :

1. Gangguan Asam Lambung
Lambung memiliki fungsi sebagai salah satu saluran pencernaan dalam tubuh. Dalam bagian lambung menghasilkan asam yang berfungsi untuk membantu pencernaan. Namun kandungan senyawa dalam dari daun sirsak ternyata justru bisa membuat asam lambung naik hingga ke kerongkongan. Otot yang berbentuk cincin berada di bagian kerongkongan untuk mencegah makanan yang masuk ke lambung kembali naik. Namun ketika asam lambung naik maka semua makanan akan kembali ke bagian kerongkongan kemudian membuat kondisi asam yang berlebihan. 

2. Dehidrasi
Dehidrasi merupakan salah satu efek yang paling sering terjadi pada orang yang minum teh atau rebusan daun sirsak. Kondisi ini disebabkan karena tubuh menerima senyawa dalam daun sirsak yang mengeluarkan semua racun dalam tubuh lewat keringat dan air kencing. Keseimbangan cairan dalam tubuh akan mengalami gangguan sehingga tubuh Anda memerlukan cairan yang lebih banyak. Namun cairan yang masuk dan keluar tidak seimbang sehingga menyebabkan tubuh kekurangan air berlebihan. Jika tidak diatasi dengan banyak minum air putih maka tubuh bisa mengalami kekurangan cairan sehingga lemah dan Anda bisa pingsan. Jangan sampai terjadi sob.

3. Sembelit
Sembelit atau sulit buang air besar yang bisa menjadi penyebab wasir biasanya disebabkan karena tubuh kekurangan bahan makanan yang mengandung serat. Namun bagi orang yang melakukan pengobatan dengan air daun sirsak maka ini kondisi efek samping akan segera terasa setelah terapi. Hal ini disebabkan karena senyawa dalam daun sirsak banyak mempengaruhi lendir pada usus sehingga usus tidak bisa menyerap sari makanan dengan baik. Karena itulah sangat disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat saat terapi dengan air daun sirsak. 

4. Tubuh Tidak Nyaman
Efek lain yang paling sering terjadi adalah adanya panas tubuh yang berlebihan. Kondisi ini disebabkan karena senyawa dalam daun sirsak banyak merubah proses metabolisme tubuh. Tubuh sebenarnya memiliki sistem yang sudah sesuai dengan fungsi organ. Namun ketika ada senyawa tertentu yang masuk ke dalam saluran pencernaan kemudian diserap oleh tubuh maka ada gangguan hormon dan enzim. Gejala masalah metabolisme ini ditunjukkan dengan tanda tubuh mengelurkan keringat berlebihan, perut terasa panas, lemah, tidak nafsu makan dan gelisah.

5. Sakit Otot dan Sendi
Entah ada hubungan antara senyawa daun sirsak atau tidak tapi banyak pengguna air rebusan daun sirsak yang merasakan efek berupa sakit para otot dan persendian. Kondisi ini paling sering dirasakan oleh orang dewasa dan lanjut usia yang sebelumnya sudah memiliki keluhan otot dan nyeri sendi. Jadi senyawa dalam daun sirsak kemungkinan bisa memperparah penyakit tertentu seperti asam urat. Selain itu juga bisa memperparah bahaya rematik tulang pada penderita rematik. Namun ternyata semua efek ini akan hilang jika tubuh juga tidak menerima air rebusan daun sirsak.

6. Gangguan Fungsi Ginjal
Banyak orang yang telah mencoba mengkonsumsi air rebusan daun sirsak namun mereka mengatakan jika ada beberapa efek yang berhubungan dengan ginjal. Kondisi ini lebih banyak berhubungan dengan fungsi ginjal yang bekerja sangat keras ketika ada banyak air rebusan daun sirsak yang masuk ke dalam tubuh. Ginjal akan menyaring semua cairan yang masuk ke dalam tubuh termasuk bahan kimia dari obat dan berbagai senyawa dari bahan asing. Gangguan fungsi ginjal ini lebih banyak disebabkan karena ginjal terus menyaring semua zat asing dari air rebusan daun sirsak. Jadi minum rebusan daun sirsak bisa menjadi salah satu faktor penyebab gagal ginjal.

7. Gangguan Fungsi Hati
Konsumsi air rebusan daun sirsak yang berlebihan juga bisa menyebabkan gangguan fungsi hati. Hal ini dipengaruhi dari fungsi hati untuk menyaring dan menangkal semua racun dan bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh. Bagaimanapun konsumsi air rebusan daun sirsak yang berlebihan akan membuat hati bekerja sangat keras sehingga fungsinya menjadi tidak maksimal lagi. Jika sudah terjadi gangguan fungsi hati maka bisa menyebabkan komplikasi penyakit lain.

8. Memperburuk Komplikasi Penyakit
Mengkonsumsi air rebusan daun sirsak yang berlebihan juga bisa menyebabkan gangguan metabolisme tubuh. Hal ini bisa mempengaruhi berbagai enzim dan hormon yang seharusnya bekerja dengan baik. Penderita yang sudah mendapatkan gangguan komplikasi seperti diabetes, asam urat, kolesterol, stroke dan jantung berpotensi untuk mengalami komplikasi yang lebih parah. Dalam 
kondisi ini metabolisme banyak berpengaruh.

Cara Mengatasi Efek Samping Daun Sirsak

Daun sirsak memang banyak digunakan untuk perawatan kanker dan beberapa penyakit lain. Namun efek samping yang muncul setelah minum air rebusan daun sirsak juga membuat rasa takut. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi efek samping.
  1. Gunakan daun sirsak yang masih segar atau setelah dipetik dari pohon sirsak.
  2. Jika Anda menggunakan daun sirsak yang sudah diolah menjadi teh celup maka pilih yang baru saja diproduksi atau masih jauh dari tanggal kadaluarsa.
  3. Campurkan air rebusan daun sirsak dengan bahan lain seperti madu dan gula (sedikit saja) agar rasanya tidak terlalu kental.
  4. Jangan mengkonsumsi air rebusan daun sirsak setelah minum obat kimia karena bisa menyebabkan reaksi keracunan untuk tubuh.
  5. Hingga saat ini memang belum ada uji klinis yang menyelidiki tentang manfaat daun sirsak untuk perawatan beberapa penyakit seperti kanker, eksim, asam urat, kolesterol dan penyakit lain, sehingga jika ada efek samping yang langsung terasa sebaiknya hentikan perawatan.
  6. Selama minum air rebusan daun sirsak, maka Anda juga harus minum banyak air putih untuk membuat ginjal bekerja lebih baik dan menghindari tubuh dari efek dehidrasi.
  7. Lebih baik jika selama melakukan perawatan dengan air rebusan daun sirsak juga mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung serat tinggi untuk mencegah sembelit.
Perlu diingat sob.. Bahwa efek yang dirasakan dari daun sirsak bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Bahkan ada juga yang tidak merasakan efeknya dan bisa sembuh. Jadi setiap orang bisa menerima dampak yang berbeda, namun juga harus tetap waspada untuk menghindari penyakit menjadi lebih buruk

Adapun Manfaat Daun Sirsak Sebagai Obat di Antaranya

Sob.. manfaat daun sirsak juga banyak digunakan sebagai obat, zat yang terdapat pada intisari daun sirsak sangat efektif dalam memerangi dan menjadi bahan obat. Berikut adalah daftar khasiat yang diberikan sirsak dalam efeknya sebagai obat. yuk simak lagi sob.
  1. Antitumor: dapat menghambat pertumbuhan tumor
  2. Antiparasit: dapat menghambat perkembangan parasit
  3. Antibakteri : dapat menghambat pertumbuhan bakteri
  4. Antivirus: dapat menghambat perkembangan virus
  5. Antikanker: dapat menghambat perkembangan kanker
  6. Antimalaria: dapat mencegah malaria
  7. Antileishmania: Antileishmania
  8. Antispasmodic: Zat yang dapat merelaksasikan otot polos
  9. Antikonfulsan: antikonvulsan
  10. Astrigen: Zat yang kerut / menciutkan selaput lendir
  11. Antimutagenik: Zat yang menghambat mutasi gen
  12. Analgesik: Zat yang dapat mengurangi rasa sakit / nyeri
  13. Anti-inflamasi: Zat yang menekan peradangan
  14. Diuretik: The emetik dari aurine
  15. Obat penurun panas: Zat yang dapat menurunkan panas demam badan
  16. Hipotensi: Zat yang menurunkan tekanan darah
  17. Hipoglikemik: Zat yang menurunkan kadar gula darah
  18. Nervin: Untuk memperkuat saraf / saraf tonik
  19. Kardiodepresan: Menekan aktivitas jantung
  20. Galactogogue: Zat yang dapat meningkatkan produksi ASI
  21. Obat penenang: Zat yang menenangkan
  22. Penenang: Zat yang menenangkan
  23. Stomakik: Zat yang memperkuat perut dan meningkatkan nafsu makan
  24. Vasodilator: Zat yang melebarkan pembuluh darah
  25. Vermifuge: Zat yang dapat membunuh cacing usus

Jika sirsak mempunyai kualitas tanaman yang sangat bagus, namun perlu diketahui bahwa manfaat daun sirsak ini harus kita maknai dengan akal sehat, Namun saat penyakit sobat belum kunjung sembuh sobat jangan ragu segera berkunjung kedokter terdekat.

Cara Atau Tips Memanfaatkan Daun Sirsak

Jika anda menggunakan daun sirsak untuk berbagai keperluan kesehatan ada baiknya mengikuti beberapa tips yang kami rangkum berikut ini.
  1. Bersihkan daun. Jangan lupa bersihkan daun dengan air mengalir karena akan banyak terdapat kuman, dan bakteri di daun sirsak, termasuk juga buahnya.
  2. Jangan konsumsi terlalu berlebihan, pastikan anda mengikuti anjuran yang diberikan agar tidak menggurangi khasiat dari daun tersebut.Karena manfaat kesehatan memang sangat banyak maka setiap orang berusaha untuk mencari berbagai alternatif obat alami yang manjur dan terbukti. 
  3. Konsultasikan ke ahli herbal terkait. Pastikan anda melakukan konsultasi dengan ahli herbal terkait untuk mendapatkan informasi real mengenai manfaat daun tanaman sirsak, cara penggunaan, dan kandungan gizinya. Silahkan dicoba sob supaya lebih baik.

Fakta Menarik Mengenai Sirsak

Sirsak bisa kita katakan sebagai tumbuhan super, mengapa ? hal ini dikarenakan telah banyak penelitian yang dilakukan dan menemukan bahwa hampir seluruh bagian dari sirsak mulai dari kulit, daun, akar, dan tentu saja buahnya dapat dijadikan sebagai herbal tradisional yang ampuh untuk tubuh manusia, kesehatan, atau pun bagian luar. Manfaat daun sirsak untuk kesehatan sangat banyak sekali dan manfaat yang paling fenomenal adalah untuk mengobati kanker. Namun bukti empiris dari dunia medis masih belum pernah mengkonfirmasi hal tersebut. 

Oke itulah efek samping dari daun sirsak beserta tips atau pengertian yang lainnya diatas. Silahkan simak kandungan dari yang lainnya di bawah sob, Cekidot :)

4. Manfaat yang Lain Dari Tumbuhan Sirsak

1. Manfaat Bijih sirsak 
Satu buah sirsak mengandung pada 20-200 biji yang saling berdekatan. Senyawa bioaktif yang ada pada biji sirsak yaitu senyawa alkaloid yang terbagi dalam annonaine serta acetogenins. Di Indonesia senyawa bioaktif ini biasa digunakan sebagai pestisida nabati. 

Bijih sirsak oleh sebagian masyarakat awam digunakan sebagai anticacing (vermifuges) dan untuk membunuh kecoa. Bangsa Brazil menggunakan minyak biji sirsak untuk keperluan kosmetika. Minyak berfungsi sebagai astringent atau toner perbersih permukaan kulit yang kotor. Suku Amazon menggunakan minyak biji sirsak sebagai obat masuk angin. 

2. Manfaat Akar sirsak. 
Akar sirsak mengandung senyawa aktif annonain, tannin serta alkaloid. Sebagai bahan yang digunakan untuk obat, akar pohon sirsak biasanya dikonsumsi berbentuk teh. Akar ini digunakan sebagai obat penenang, antikejang, antidiabetes, serta menurunkan tekanan darah. Masyarakat amazon memanfaatkan akar pohon sirsak sebagi penangkal racun, pembasmi kutu, serta antidiabetes. Penggunaan yang lain yaitu sebagai toksin pada kesibukan penangkapan ikan, atau sebagai racun yang bisa membunuh larva nyamuk serta nyamuk vector malaria. 

3. Manfaat Kulit Batang Pohon sirsak 
Kulit batang pohon sirsak mengandung senyawa tannin, fitosterol, caoksalat, murisine, serta alkaloid. Kulit batang biasa dikonsumsi setelah di rebus dengan air. Air rebusannya digunakan untuk penyembuhan penyakit asma, batuk, penenang serta hipertensi. Bangsa Haiti yakini air rebusan kulit batang pohon sirsak bisa memperbaiki sistem kerja jantung. 

Masyrakat Peru biasa menggunakannya sebagai obat penyakit kencing manis. Suku Amazon menggunakan kulit batang sirsak sebagai obat untukmenyembuhkan penyakit diabetes serta sebagi obat anti kejang. Masyarakat dari sebagian negara menggunakannya untuk menghangatkan badan, menobati flu, serta sebagai antiparasit. 

4. Manfaat Bunga Sirsak 
Bunga sirsak memiliki 3 daun kelopak berwarna kuning kehijauan yang berupa segitga dengan panjang antara2-4 cm. Panjang tangkai bunga sekitar 2, 5 cm. Bunga sirsak nampak di sekitar bawah pangkal daun, ranting serta ujung cabang. Tanaman sirsak termasuk tanaman tunggal atau berumah satu. Tanaman yang memiliki bunga jantan serta betina. Bunga sirsak biasa digunakan oleh beberapa masyarakat Brazil untuk penyembuhan penyakit saluran pernapasan (bronchitis) dan batuk.

Sejarah dan Penyebaran Daun Sirsak

Proses penyebaran sirsak ke seluruh penjuru dunia memakan waktu cukup lama. Awalnya.. Sirsak tumbuh subur di wilayah tropis di benua merika, tepatnya Amerika Tengah dan Latin. Sirsak bisa dengan mudah ditemukan dikedua wilayah seperti Peru,Argentina,Hutan Amazon, dan kepulauan karibia.

Di tempat asalnya,sirsak telah menjadi tanaman pengobatan yang diandalkan masyarakat setempat. Orang indian misalnya,telah berabad-abad menggunakan tanaman ini untuk mengobati penyakit jantung,Asma,reumatik, dan penyakit hati.karena khasiatnya,sirsak menjadi salah satu tanaman obat yang diperkenalkan ke dunia lama setelah Christoper Columbus menemukan benua Amerika pada tahun 1492 kemudian setelah itu,orang spanyol membawanya ke Filiphina dan daerah tropis di sekitarnya.

Sirsak masuk ke Indonesia diperkirakan pada abad ke XIX.Nama sirsak berasal dari bahasa belanda, zuurzak. zuur artinya asam dan zak berarti kantong. Jadi secara harfiah sirsak memiliki arti buah yang berasa asam. Bisa jadi ini didasari kombinasi rasa buahnya yang manis dan asam. Mengingat indonesia adalah kawasan Tropis,membuat sirsak bisa tumbuh dengan baik di negeri ini. Di ketinggian sekitar 1.000 meter diatas permukaan laut.

Selain itu,sirsak juga termasuk tanaman yang tidak terlalu ribet.Tak perduli di tanah yang kaya unsur hara maupun yang kurang unsur haranya,sirsak masih bisa hidup.Sirsak juga tidak terlalu membutuhkan banyak air. Di tanah yang agak kering sekalipun,asalkan memiliki persediaan air,tanaman ini masih bisa tumbuh dan berbuah.sekali lagi,dengan iklim tropisnya yang mendukung,beberapa daerah  di Indonesia berpotensi menjadi daerah penghasil komoditas sirsak yang baik.Tinggal kemauan dan usaha masyarakat setempat untuk mengembangkannya.

Tercataat beberapa daerah yang menjadi “Lumbung” sirsak di Indonesia.Di Jawa Barat,tanaman ini dapat dengan mudah ditemui di Raja Mandala dan Bandung Selatan.Adapun di Jawa Tengah,sentra penghasil sirsak berada di karanganyar dan rembang.Sedangkan di Jawa Timur,Kebun sirsak banyak terdapat di Malang Selatan

Ketenaran sirsak ternyata tidak hanya di Indonesia saja.Di Negara tetangga misalnya,Malaysia dan Filiphina,sirsak termasuk buah favorit bagi masyarakat dikedua Negara tersebut.adapun dengan sentra pemasok kebutuhan sirsak di Malaysia adalah johor,kedah dan Kelantan.Di ketiga tempat ini sirsak bisa dengan mudah ditemui.Sementara di Australia,hampir diseluruh wilayahnya,tanaman buah ini bisa tumbuh.Sirsak Australia memiliki kesamaan dengan sirsak yang ada di Indonesia,selain itu,sirsak Australia juga memiliki rasa yang cukup manis.Sedangkan di Filiphina,kebutuhan sirsak 
sebagian besar berasal dari Luzon. Luzon adalah pulau terbesar di Filiphina sekaligus penopang kegiatan ekonomi dan politik Negara itu.Di pulau ini juga,kota terbesar sekaligus ibu kota Filiphina yaitu Manila berada.

Sejarah Penemuan Khasiat Daun Sirsak

Penemuan khasiat daun sirsak sebagai antikanker itu berawal dari penelitian di Universitas Purdue, Amerika Serikat, yang berhasil membuktikan buah sirsak efektif membunuh sel-sel kanker.

Para ilmuwan dari Amerika Utara mempelajari pohon legendaris yang memiliki kemampuan penyembuhan ini. Melalui puluhan tes in vitro, para ilmuwan menemukan kemampuan daun Sirsak untuk membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis kanker yang berbeda, termasuk usus besar, payudara, prostat, paru-paru, dan kanker pancreas (Susanto, 2011).

Penelitian laboratorium menunjukkan hal itu terjadi 10.000 kali lebih kuat dalam membunuh sel kanker usus besar daripada adriamycin, obat kemoterapi yang umum digunakan. Daun Sirsak (Graviola), tidak seperti kemoterapi, dapat membunuh sel kanker tanpa merusak sel sehat (Susanto,2011).

Secara ilmiah, kemampuan daun sirsak ini sebagai obat penyembuh kanker sebenarnya sudah berhasil di analisa oleh para ahli farmasi di Amerika pada medio tahun 1976. Hal ini didukung oleh sebuah tulisan yang tercantum dalam sebuah memo internal di National Cancer Institute pada tahun 1976, "sebuah pohon dengan kekuatan penyembuhan akan diketahui oleh publik Amerika sekitar tahun 2000, setelah jutaan nyawa sudah hilang karena kanker dan  efek penolong terbesar, kemoterapi" (Susanto,2011).

Di Asia, penelitian serupa dilakukan di Korea Selatan. Suatu studi yang dipublikasikan dalam the Journal of Natural Products menyatakan, studi yang dilakukan di Catholic University di Korea Selatan menyebutkan bahwa salah satu unsur kimia bernama annonaceous acetogenin yang terkandung di dalam graviola, mampu memilih, membedakan, dan membunuh sel kanker yang berkembang di usus besar (Yulianti,2011).

Beberapa bagian dan pohon ini, seperti kulit kayu, akar, daun, daging buah, dan bijinya, selama berabad-abad dijadikan obat oleh suku bangsa itu. Graviola atau sirsak diyakini masyarakat Amazon sebagai obat sakit jantung, asma, gangguan fungsi lever (hati), dan rematik. END.

Oke sob itu lah tadi ulasan mengenai kandungan dan manfaat tumbuhan sirsak yang tidak disangka-sangka sebelumnya. Untuk sobat Yang tak ingin report dalam menyajikan daun sirsak sebagai konsumsi kesahatan tubuh, saat ini daun sirsak telah banyak diolah Secara modern dan dipasarkan diseluruh dunia, Tapi sobat juga harus tau sumber keasliannya dari mana.
Namun bagi sobat yang menginginkan dan merasakan kealamiannya cukup Dengan menumbuk daun tersebut dan disedu dengan air seperti menyedu teh.

Terima kasih atas perhatiannya sob, jangan pernah bosan untuk berkunjung tunggu update terbaru dari kami selanjutnya. satu kata buat sobat semoga sobat clalu sehat dan sukses dalam pekerjaan buat sobat. Amin. Sekali lagi terima kasih.

4 komentar untuk "100 Manfaat Buah Sirsak dan Efek Sampingnya"