Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Daftar Bansos Yang Cair 2023 Anda Kebagian Yang Mana?

 

6 daftar bansos yang cair 2023 anda kebagian yang mana
6 daftar bansos yang cair 2023 anda kebagian yang mana

Spesialnews.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali mengalokasikan dana perlindungan sosial pada tahun ini untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang rentan terhadap kondisi perekonomian dan kurang mampu. Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2023, anggaran perlindungan sosial mencapai Rp 476 triliun. Bantuan tersebut akan disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) dan kementerian lainnya, agar masyarakat dapat memperoleh manfaat maksimal.

Bantuan sosial (bansos) yang akan diberikan pada tahun 2023 adalah sebagai berikut:

1. Program Keluarga Harapan (PKH)

Bantuan sosial PKH akan disalurkan melalui Kemensos, dengan target 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Data penerima program bansos ini diambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos, yang selalu diperbarui. Ada beberapa faktor yang membuat penerima PKH tahun sebelumnya tidak lagi menerima bantuan, seperti meninggal dunia, tidak ditemukan, sudah termasuk keluarga sejahtera, dan sebab lainnya.

2. Program Kartu Sembako atau BPNT

Program Kartu Sembako atau Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) pada tahun 2023 akan menargetkan 18,8 juta KPM. Bantuan sembako sebesar Rp 200.000 per penerima. Pencairannya dapat dilakukan melalui Pos Indonesia secara tunai atau kartu KKS lewat bank penyalur.

3. PBI Jaminan Kesehatan

Program Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Nasional (PBI JK) yang disalurkan langsung ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) menargetkan 96,8 juta penerima. Penerima yang terdaftar dalam program PBI JK tidak perlu membayar iuran BPJS Kesehatan. Penerima PBI JK diambil dari basis data DTKS yang dikelola oleh Kemensos, dan mereka akan mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan kelas 3.

4. Program Indonesia Pintar (PIP)

Bantuan sosial PIP yang disalurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud) pada tahun ini menargetkan 17,9 juta siswa. Bantuan ini diberikan kepada siswa dari jenjang pendidikan sekolah dasar (SD) hingga SMA/sederajat. Besaran bantuan masih sama dengan tahun sebelumnya, yaitu:

  • SD sebesar Rp 450.000
  • SMP/sederajat Rp 750.000
  • SMA/sederajat Rp 1.000.000

PIP untuk SD dan SMP disalurkan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI), sedangkan untuk SMA/sederajat disalurkan melalui Bank Negara Indonesia (BNI).

5. Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah: Bantuan Pendidikan untuk Mahasiswa Berprestasi

Program KIP Kuliah merupakan program yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk membantu 908,9 ribu mahasiswa berprestasi di seluruh Indonesia. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan bantuan biaya pendidikan atau Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan biaya hidup bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah. Diharapkan dengan adanya program ini, mahasiswa yang membutuhkan dapat menyelesaikan pendidikan tingginya tanpa khawatir tentang biaya.

6. PIP Kementerian Agama (Kemenag): Meningkatkan Akses Pendidikan untuk Siswa dan Mahasiswa

Program Indonesia Pintar (PIP) adalah program yang disalurkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) untuk membantu 2,2 juta siswa dan 67,8 ribu mahasiswa di seluruh Indonesia. PIP memberikan bantuan biaya pendidikan dan membantu siswa serta mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka. Dengan program PIP, Kemenag berharap dapat meningkatkan akses pendidikan bagi siswa dan mahasiswa di Indonesia.

Selain program KIP Kuliah dan PIP Kemenag, pemerintah juga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 311,8 triliun untuk program perlindungan sosial melalui lembaga non-kementerian/lembaga (K/L). Bantuan perlindungan sosial ini akan diberikan dalam bentuk program pengelolaan subsidi untuk penyaluran subsidi listrik, subsidi LPG tabung 3 kg, penyaluran subsidi bunga KUR, serta melalui program pengelolaan belanja lainnya untuk pelaksanaan Program Kartu Prakerja dan alokasi cadangan bencana.

Dengan adanya program-program bansos ini, diharapkan mampu membantu masyarakat yang membutuhkan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup dan memperoleh akses pendidikan yang lebih baik. Jumlah penerima manfaat dari program bansos tersebut juga telah diumumkan, sehingga masyarakat dapat mengetahui dan memanfaatkan program tersebut dengan baik.

Baca Juga: Bantuan Orang Tua Asuh 2023
Baca Juga: Lowongan Kerja Bappenas 2023

Posting Komentar untuk "6 Daftar Bansos Yang Cair 2023 Anda Kebagian Yang Mana?"