Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

41 Manfaat Buah Rambutan dan Efek Sampingnya

41 Manfaat Buah Rambutan dan Efek Sampingnya

Rambutan adalah buah manis yang enak untuk dimakan. Buah yang punya nama latin Niphelium Lappaceum ini dilengkapi dengan vitamin A, C, protein, karbohidrat, dan serat. Mineral yang terkandung dalam buah rambutan seperti kalsium, niacin, zat besi, potassium, fosfor, magnesium, dan zinc. Buah tropis ini terbilang praktis untuk dikonsumsi. Cukup dengan mengupas kulit luarnya saja, anda dapat makan buahnya secara langsung. cukup mudah bukan. Namun bagi anda yang ingin tau manfaat dan efek samping dari buah ini, berikut ulasannya.

Manfaat Buah Rambutan

1. Vitamin A
Selama Anda mau mengkonsumsi buah rambutan penyakit akibat kekurangan vitamin A sangat bagus buat tubuh kita. karena Kandungan mineral zat besi dalam buah rambutan berperan dalam menambah produksi sel darah merah.

2. Vitamin C
Apakah anda orang yang sering mengalami penyakit sariawan, bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan? mengkonsumsi buah rambutan maka akan memberikan kesehatan kembali. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dapat memulihkan daya tahan tubuh yang sempat melemah dan menyebabkan penyakit-penyakit tersebut.

3. Menyembuhkan Penyakit Hipertensi
Mengalami penyakit hipertensi memang berbahaya. Ketika lingkungan memicu penyakit hipertensi untuk kambuh maka akan membahayakan jantung. Agar penyakit hipertensi dapat diredam maka konsumsilah buah rambutan. Manfaat buah rambutan mampu meredakan penyakit hipertensi yang Anda derita. Sehingga menjadi obat alami yang tidak berhubungan dengan konsumsi obat-obatan dengan dosis yang tinggi.

4. Menyembuhkan Penyakit Diare
Penyakit diare tentu menandakan bahwa kondisi pencernaan Anda sedang tidak sehat. Kondisi lambung mengalami gangguan akibat bakteri yang masuk ke tubuh melalui makanan ataupun minuman. Dengan mengkonsumsi buah rambutan maka baik lambung maupun usus sebagai organ pencernaan akan selalu terlindungi.

5. Menyembuhkan Penyakit Radang
Inflamasi atau peradangan yang terjadi dalam tubuh dapat menyerang bagaian mana saja. Radang sendi, radang otot, radang tenggorokan, radang paru-paru. Jika tidak segera diobati maka akan menjadi berbahaya. Dengan mengkonsumsi buah rambutan maka di dalam buah rambutan selain mengandung beberapa kandungan luar biasa yang sudah disebutkan di atas, juga mengandung antiinflamasi.

6. Mensukseskan Program Diet
Buah diet alami dengan kandungan kalori yang tidak terlalu tinggi ada di buah rambutan. Buah merah berambut ini menjadi buah yang direkomendasikan untuk buah saat menjalankan program diet. Bukan hanya mengkonsumsi buah rambutan namun sebagai buah yang ahrus dikonsumsi saat diet. walaupun dikatakan sebagai buah pemberi sumber energi namun kalori yang ada dalam buah rambutan tidaklah setinggi kalori dalam buah alpukat.

7. Mencegah Kanker
Setiap orang tentu harus berusaha tinggal Tuhan yang akan menentukan hasilnya. Sama seperti manfaat buah rambutan sebagai pencegah kanker. Mengkonsumsi buah rambutan maka Anda berusaha untuk mencegah agar penyakit kanker tidak datang menyerang tubuh. Sebab di dalam buah rambutan terkandung manfaat sebagai antikanker.

8. Kesehatan Ginjal
Ginjal adalah organ yang memiliki fungsi sebagai detoksifikasi. Di dalam ginjal banyak terdapat racun-racun karena memang ginjal tempat untuk memilah toksin yang masuk di tubuh. Tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada toksin yang masih tertinggal di dalam organ ginjal. Mineral fosfor yang terdapat dalam buah rambutan itulah yang akan berfungsi menetralkan toksin atau menyempurnakan pekerjaan ginjal. Sehingga tidak akan khawatir ada toksin yang masih berada di dalam organ detoksifikasi tersebut.

9. Mengatasi Gangguan Saat Hamil
Bagi Anda yang sedang hamil dan kerap mengalami gangguan seperti rasa pusing dan juga ingin muntah, buah rambutan dapat meredakan gangguan tersebut. Bukan hal yang wajar jika saat Anda hamil sering mengalami pusing dan muntah. Buah rambutan akan mengembalikan sistem daya tahan tubuh agar selama hamil, kondisi kesehatan Anda tetap terjaga. Ibu hamil juga tidak lepas akan bahaya anemia yang ada. Anda akan mengalami bahaya jika anemia yang terjadi tidak kunjung diobati. Dianjurkan selama hamil untuk tidak ragu mengkonsumsi buah rambutan yang dapat meredakan penyakit anemia yang menyerang.

10. Dapat menguatkan sistem imun tubuh Anda.
Buah rambutan memiliki kandungan tembaga yang dipercaya bagus untuk kesehatan tubuh Anda karena, senyawa tembaga ini digunakan tubuh Anda untuk membentuk sel darah putih yang fungsinya untuk menangkal bakteri, virus, maupun kuman yang berbahaya bagi kesehatan Anda.

11. Dapat menghindari tubuh Anda dari radikal bebas.
Seperti yang kita ketahui radikal bebas memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Nah, dengan mengkonsumsi buah rambutan, maka Anda akan terhindar dari radikal bebas karena buah rambutan memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

12. Dapat meningkatkan energi.
Kandungan karbohidrat dan protein yang terdapat di dalam buah rambutan dipercaya dapat mendongkrak energi Anda ketika Anda merasa kekurangan energi karena banyaknya aktivitas yang Anda lakukan. Oleh karena itu buah rambutan dapat Anda jadikan sebagai pengkrak energi alami ketika Anda melakukan aktivitas yang banyak menguras energi.

13. Dapat mengatasi beberapa masalah kulit.
Buah rambutan dapat Anda jadikan sebagai makanan kecantikan alami jika Anda memilki masalah pada kesehatan kulit, seperti kulit kasar dan kusam. Manfaat tersebut dapat Anda dapatkan pada biji buah rambutan tersebut yang dipercaya memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan kulit Anda. Anda dapat mengunyah biji rambutan tersebut secara langsung atau mencampurkannya kedalam masakan Anda.

14. Dapat mengurangi lemak yang berlebih di dalam tubuh.
Biji rambutan juga memilki manfaat yang baik untuk diet, karena kandungannya dipercaya dapat mengurangi lemak yang berlebih, sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit berlebihnya lemak yang ada di dalam tubuh Anda.

15. Dapat digunakan untuk melakukan perawatan rambut. 
Selain buah dan biji rambutan, daun rambutan juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan rambut. Anda dapat menggunakan sari daun rambutan untuk menutrisi rambut Anda dengan cara blender beberapa helai daun rambutan yang sudah dicampur dengan sedikit air, kemudian saringlah dengan kain untuk mendapatkan sarinya.  

16. Menguatkan Tulang
Hal ini dikarenakan kandungan kalsium, fosfor, dan zat besi yang terdapat pada buah rambutan. Zat-zat tersebut dapat membantu Anda untuk memiliki tulang sehat, mencegah kemungkinan patah tulang, dan mencegah penyakit tulang lainnya.

17. Meningkatkan kualitas sperma
Vitamin C yang terdapat dalam rambutan, bukan hanya berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda, tetapi juga sangat penting untuk pengembangan sperma.
Kurangnya vitamin C pada pria dapat menyebabkan susah reproduksi. Kondisi tersebut dapat diobati dengan mengkonsumsi 500 mg vitamin C setiap hari selama 1 bulan.
Oleh karena itu mengkonsumsi rambutan secara teratur dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma.

18. Membunuh Parasit
Rambutan memiliki sifat terapeutik. Artinya, jika Anda mengkosumsi buah ini secara teratur, maka Anda dapat membunuh parasit pada usus.
Hal ini dapat mencegah terjangkitnya berbagai macam penyakit seperti diare, dan demam.

19. Mengatasi sariawan mulut dan bibir pecah-pecah.
Penyakit akibat kekurangan vitamin C seperti sariawan, dapat diobati secara alami dengan mengkonsumsi buah rambutan dalam porsi cukup. Demikian pula, buah ini efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan.

20. Menjaga kesehatan mata.
Kekurangan vitamin A dapat menurunkan kesehatan mata. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin yang larut dalam air ini, anda dapat mengkonsumsi buah rambutan

21. Mencegah Penyakit Kolesterol
Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi maka konsumsi buah rambutan. Buah rambutan memiliki kandungan flavonoid yang dapat memberikan kesehatan tubuh terutama terkait menurunkan jumlah kolesterol jahat.

22. Mengatasi anemia 
Buah rambut diperkaya dengan zat besi, yang dibutuhkan dalam produksi sel darah merah (eritrosit). 

23. Menguatkan imunitas tubuh 
Dalam buah rambutan Zat tembaga berperan untuk pembentukan sel-sel darah putih. Dalam tubuh kita, sel-sel ini berguna untuk melawan virus, bakteri, dan kuman merugikan kesehatan tubuh. Daya tahan tubuh akan meningkat dengan asupan vitamin C dari buah ini, dimana vitamin ini bertindak sebagai antioksidan alami. 

24. Meningkatkan fungsi ginjal
Detoksifikasi merupakan proses pembersihan racun dalam tubuh, yang dilakukan oleh ginjal. Di dalam organ tubuh ini, racun akan disaring dan dipisahkan. Sayangnya, terkadang racun tidak dapat dihilangkan secara tuntas dan masih tersisa dalam ginjal. Zat fosfor dalam buah rambutan berguna untuk menetralisir toksin, sehingga ginjal lebih ringan saat bekerja. 

25. Menurunkan tekanan darah tinggi
Hipertensi dapat berbahaya bagi jantung anda. Buah rambutan dapat menjadi obat alami untuk mengatasi hipertensi, sehingga jantung pun makin sehat. Hal ini disebabkan mineral penting yang terdapat dalam buah manis kecut ini. 

26. Mengatasi sembelit
Buah rambutan mengandung banyak serat, yang berguna untuk melancarkan sistem cerna. Dengan konsumsi dalam porsi cukup, maka masalah sembelit atau konstipasi dapat dicegah. 

27. Mencegah diare
Gangguan pencernaan seperti diare pada umumnya disebabkan oleh bakteri, yang masuk ke dalam usus lewat makanan atau minuman. Organ pencernaan termasuk lambung dan usus akan terlindungi, dengan makan buah rambutan secukupnya.

28. sumber energi
Kehilangan banyak energi akan membuat tubuh merasa lelah dan lemas. Jika anda berolahraga berat atau melakukan aktivitas berat, tidak ada salahnya untuk makan buah rambutan. Karbohidrat dan protein dalam buah ini akan diubah menjadi energi, sehingga mengembalikan stamina tubuh anda. 

29. Mengatasi peradangan dalam tubuh
Buah rambutan memiliki sifat anti inflamasi, yang mencegah terjadinya peradangan pada organ tubuh. Peradangan dapat terjadi pada organ tubuh seperti sendi, tenggorokan, otot, dan paru-paru. 

30. Dapat Mengembalikan Metabolisme Tinggi
Didalam buah naga mengandung vitamin B yang berarti jalur metabolisme didalam tubuh mendapat dorongan yang membantu meninggikan metabolisme energi, yaitu konversi karbohidrat jadi energi yang dapat digunakan tubuh karena kandungan vitamin B didalam tubuh dapat meningkatkan energi. 

31. Dapat Meningkatkan Kesuburan
Kesuburan yang kurang terjadi akibat kebiasaan yang buruk oleh karena itu kandungan Vitamin C didalam buah rambutan ini cukup tinggi maka dari itu dengan mengkonsumsi buah ini akan meningkatkan kesuburan anda kembali.

32. Mengobati Demam
Bila demam melanda anda maka buah naga ini sangat bagus untuk dikonsumsi karena kandungan dari buah ini memiliki bukti anekdotal seperti pengobatan dalam pengobatan tiongkok bahwa buah ini dapat menyembuhkan demam yang melanda.

33. Bagus Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan
Kandungan protein yang ada dibuah rambutan ini dapat menjadikan pertumbuhan dan perkembangan tubuh jadi lebih baik.

34. Menghilangkan Pencernaan AIDS
Kandungan didalam buah naga memiliki serat rendah tapi tetap berpengaruh kepada pencernaan, oleh karna itu buah ini mampu membantu menstimulasi gerakan peristaltik dan mengobati sembelit. 

35. Membantu melancarkan sirkulasi dan peredaran darah
Dalam buah rambutan fungsi ini sangat baik untuk mencegah hipertensi dan juga secara tidak langsung mencegah penggumpalan darah sehingga oksigen
bisa diedarkan secara normal keseluruh tubuh.

36.Antipretik
yang dapat menurunkan demam atau panas pada tubuh anda.

37.Anti­Inflamasi
yang dapat mencegah peradangan atau pembengkakan pada tubuh anda

38. Meningkatkan daya pikir dan kecerdasan otak

39. Meregenerasi sel saraf dan otot yang rusak

Efek samping


1. Disarankan menghindari buah rambutan yang terlalu matang bagi ibu hamil
Dalam buah rambutan yang terlalu matang mengandung senyawa alkohol yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan ibu dan janin.
sebaiknya ibu hamil juga mengonsumsi buah-buahan lain yang kaya akan vitamin dan kandungan gizi yang baik bagi tubuh dan kesehatan kandungannya.

2. Penyakit diabetes
Rambutan yang terlalu matang juga memiliki kadar gula yang berlebih sehingga dapat menimbulkan penyakit diabetes.

Tips Mengkonsumsi buah rambutan

1. Cuci dengan teliti terlebih dahulu
Terkadang sebelum kita mengoyak kulit buah rambutan terdapat hama yang bisa membuat mulut anda kurang sedap.

2. Hati-hati dengan biji rambutan
Makan buah rambutan harus sangat hati-hati karena bisa saja buah rambutan yang terasa licin di mulut akan membuat anda tersedak dan katanya bisa berakhir meninggal dunia kehabisan nafas. Untuk itu, sebaiknya jangan berikan buah rambutan utuh kepada anak-anak agar tidak tersedak buah rambutan maupun biji rambutan. Berikan anak-anak kita buah rambutan yang daging dan biji sudah terpisah.

Itulah tadi beberapa manfaat dari buah rambutan dan efek sampingnya mudah-mudah bisa bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih

3 komentar untuk "41 Manfaat Buah Rambutan dan Efek Sampingnya"

  1. terimakasih atas infonya, jangan lupa kunjungi balik webaite kami http://bit.ly/2KQ1J6n

    BalasHapus
  2. coba di cek lagi bos disini bahas buah rambutan kok ada muncul buah naga???
    jangan lupa kunjungi blog saya
    https://wongniaso.blogspot.com/

    BalasHapus